Brilio.net - Menangis adalah respons alami manusia saat meluapkan emosi, termasuk kesedihan, kegembiraan, dan frustrasi. Hampir setiap orang pasti pernah merasakan kesedihan maupun kebahagiaan yang mendalam di dalam hidup. Menangis termasuk salah satu bagian dalam kehidupan.

Banyak orang menangis saat mereka sedang mengalami masalah, seperti putus cinta, kehilangan uang, gagal dalam sekolah. Ada juga yang disebabkan karena terlalu bahagia, seperti lulus ujian dengan nilai tinggi, anak perantau yang akhirnya bertemu dengan orang tua, dan masih banyak lagi lainnya.

Menangis merupakan hak setiap orang, tak memandang jenis kelamin, mau wanita atau pria. Menangis memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari webmd, Jumat (19/7) beberapa psikolog mengatakan kalau menangis dapat membuat tubuh lebih aktif dan menjadikan tubuh menjadi semakin sehat.

Namun sayangnya masih banyak orang yang malu untuk mengeluarkan air matanya. Karena menangis bisa membuat mata menjadi bengkak. Alhasil setelah menangis, orang jadi malu untuk keluar rumah karena malu dengan mata bengkak.

Nah buat kamu yang habis menangis seharian dan memiliki mata bengkak, tak perlu risau, karena ada cara alami yang dapat menghilangkan bengkak di mata secara cepat. Berikut beberapa rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (19/7).

Loading...

1. Kompres dengan air dingin.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Kompres mata dengan air dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan. Cukup ambil waslap bersih dan basahi dengan air dingin. Duduklah di tempat tidur atau di kursi yang nyaman. Oleskan lap basah dingin langsung ke kulit di sekitar mata selama beberapa menit, tekan lembut.

2. Tempelkan irisan timun.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Irisan mentimun juga dapat membantu menenangkan mata bengkak dan mengurangi pembengkakan. Tetapi gunakan mentimun dingin. Bisa kamu letakkan mentimun di dalam lemari es terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah itu cuci mentimun, lalu potong menjadi dua irisan dengan ketebalan sekitar 1/4 inci. Kemudian letakkan irisan mentimun pada kelopak mata hingga rasa dingin hilang.

3. Tempelkan kantong teh.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Kafein yang terdapat pada teh baik untuk kesehatan dan kecantikan. Teh hitam mengandung kafein, terbukti bahwa kafein teh hitam dapat menembus kulit, mengurangi bengkak, dan meningkatkan sirkulasi darah. Untuk mencoba metode ini, basahi dua kantong teh, dinginkan selama 20 menit, lalu letakkan di mata selama 15 hingga 30 menit.

4. Minum air yang banyak.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Saat mata kelelahan setelah mengeluarkan air mata, maka hal itu berdampak juga pada tubuh. Ambil segelas air dan terus minum. Air meresap ke seluruh tubuh saat hidrasi termasuk pada bagian mata. Para ahli menganjurkan minum air putih minimal 8 gelas perhari untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Air mawar.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Air mawar memiliki sifat mengencangkan kulit, sehingga dapat mengurangi bengkak mata secara cepat dan alami. Caranya cukup mudah, rendam kapas bersih di dalam rendaman air mawar, lalu letakkan kapas tersebut di atas mata selama 5 menit. Setelah itu bilas bersih mata dengan air dingin.

6. Susu.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Kamu bisa mengompres mata bengkak dengan susu. Caranya mudah, siapkan susu tawar alami secukupnya. Celupkan dua bola kapas bersih ke dalam susu tersebut. Letakkan bola kapas langsung ke kelopak mata yang bengkak. Susu tak hanya bisa mengurangi bengkak, tapi juga memiliki manfaat untuk mengurangi lingkaran hitam di mata.

7. Menggunakan sendok makan.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Cara ini sudah cukup lazim dan dikenal banyak orang. Pilih sepasang sendok makan yang terbuat dari logam. Masukkan sendok terlebih dahulu ke dalam lemari es agar lebih dingin. Lalu tempelkan sendok dingin langsung ke mata yang bengkak. Beri sedikit tekanan ke dalam secara berlahan. Lakukan cara ini sampai sendok sudah tak lagi terasa dingin.

8. Air garam.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Air garam dipercaya mempu mengurangi bengkak di mata secara cepat. Garam dapat menyerap cairan di sekitar mata yang menyebabkan bengkak. Caranya, campur garam ukuran setengah sendok teh ke dalam secangkir air hangat. Aduk sampai larut. Kemudian rendam bola kapas di air asin itu, lalu letakkan di kelopak mata bengkak selama lima menit.

9. Telur.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Telur putih bisa menghilangkan bengkak di mata akibat menangis. Pisahkan putih telur dari kuningnya, kemudian letakkan di gelas. Aduk beberapa saat putih telur, dan tambahkan beberapa tetes minyak hazel. Aplikasikan campuran kuning telur ke bagian mata bengkak. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

10. Lidah buaya.

cara menghilangkan mata bengkak pixabay

foto: pixabay

Lidah buaya kaya akan manfaat, terutama untuk kecantikan. Gel yang ada di lidah buaya memiliki kandungan yang baik untuk kulit, termasuk untuk mata. Oleskan langsung gel lidah buaya di sekitar mata bengkak, sambil dipijat secara perlahan. Biarkan kering terlebih dahulu sebelum dibilas dengan air bersih.