Brilio.net - Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang cukup populer di kalangan masyarakat. Minyak ini dikenal memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Minyak zaitun diperoleh dari hasil penggilingan zaitun.

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi dan senyawa yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa kandungan tersebut di antaranya vitamin E, K, lemak phenolic dan zat besi. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.

Dilansir dari berbagai sumber, dalam 100 mililiter minyak zaitun terkandung total 884 kalori dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski banyak mengandung lemak, tapi lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan asam oleat.

Tak hanya untuk kesehatan, minyak zaitun juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Banyak orang menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan kulit mereka, terutama area wajah. Minyak zaitun dianggap sebagai bahan alami yang cukup efektif.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, berikut 25 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (29/6).

1. Menurunkan berat badan.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mengonsumsi makanan yang dicampur minyak zaitun atau meminumnya secara langsung, akan sangat efektif menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya minyak zaitun, memiliki efek dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk memasak suatu makanan.

2. Menyehatkan jantung.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Jantung merupakan organ vital yang harus dijaga dengan baik. Mengingat tugasnya memompa aliran darah ke seluruh tubuh, maka kamu harus benar-benar menjaga kesehatan jantungmu.

Mengonsumsi makanan yang telah dicampurkan minyak zaitun, seperti salad sayuran, dapat dengan efektif membantu menjaga kesehatan jantung.

Minyak zaitun bekerja sangat baik dalam menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, dan menjaga dinding pembuluh darah, dan akhirnya jantung dapat memompa darah dengan lancar.

3. Mengatasi batu ginjal.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun bisa membantu mengatasi batu ginjal, dan meringankan rasa sakit ketika batu ginjal dikeluarkan. Namun ini juga harus diimbangi dengan banyak mengonsumsi air putih.

Minyak zaitun akan melapisi batu ginjal yang mengalir di uretra, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan ketika buang air kecil.

4. Mengurangi risiko alzheimer.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat minyak zaitun lainnya yaitu dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer. Alzheimer merupakan kondisi neurodegeneratif yang paling umum di dunia. Salah satu fitur utamanya adalah penumpukan plak beta-amyloid di dalam sel-sel otak. Sebuah penelitian terhadap tikus menunjukkan bahwa suatu zat dalam minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak tersebut.

Selain itu, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa makanan mediterania yang kaya akan minyak zaitun bermanfaat bagi fungsi otak. Konsumsi secara rutin makanan yang dicampurkan minyak zaitun akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otakmu.

5. Menjaga kesehatan tulang.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Mengonsumsi lebih dari 18 gram (20 ml) minyak zaitun per hari, dapat membuat tulang lebih padat. Cara ini terbilang cukup efektif jika kamu rutin mengonsumsinya. Asupan lemak tak jenuh ini juga dapat mengatasi risiko patah tulang dan menghambat osteoporosis.

6. Mengatasi sembelit.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: mtalvernia.sg

Minyak zaitun juga bekerja efektif dalam mengatasi sembelit. Kamu cukup minum 1 sendok teh (4 ml) setiap hari selama empat minggu untuk membuat tinja melunak.

Minyak zaitun ini memiliki khasiat sama dengan minyak mineral pelunak tinja pada umumnya. Maka dari itu minyak zaitun bisa mengatasi sembelit secara alami.

7. Mengurangi risiko depresi.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun dapat melindungi sistem saraf dan dapat berguna untuk mengobati depresi dan kecemasan. Orang yang kerap mengonsumsi lemak trans, yakni merupakan lemak tidak sehat, dapat meningkatkan depresi. Sementara mereka yang mengonsumsi lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, akan menjadi lebih sehat.

8. Menurunkan kadar kolesterol.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. Manfaat serupa juga bisa didapatkan dari minyak kanola dan minyak kelapa murni.

9. Mencegah pertumbuhan sel kanker.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Pola makan sehat dengan rutin menggunakan minyak zaitun saat mengolah atau sebagai campuran makanan, dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

10. Mengontrol tekanan darah.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50–60 ml atau setara kurang lebih 4 sendok makan per hari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

11. Mengatasi jerawat.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun dipercaya dapat menyembuhkan jerawat karena di dalamnya terkandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E adalah vitamin yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, sifat anti-inflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Kandungan antibakteri minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat, lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang selama 10 menit, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci muka dengan air hangat dan lap dengan handuk kering, setelah itu, lakukanlah pijatan sekali lagi sampai pori-pori kulit terasa lebih terbuka. Lakukanlah ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

12. Atasi kulit kering.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan yang tinggi, maka minyak zaitun akan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion, lho. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, kamu akan memiliki kulit dengan kelembapan yang pas dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas. Karena manfaat antioksidan yang berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

Cara memakainya sama seperti kamu saat pakai body lotion saja, hal ini bisa kamu lakukan sering-sering, minyak zaitun yang alami malah dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit ketimbang body lotion.

13. Memutihkan wajah.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, salah satunya adalah berguna untuk memutihkan wajah. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas. Minyak zaitun pun akan membantu menghilangkan sel kulit mati di wajahmu biar wajah tampak lebih bersih dan bersinar.

Jika sudah menggunakan minyak zaitun, kamu tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal ataupun melakukan suntik wajah agar wajah berubah menjadi lebih putih, cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

14. Menghaluskan wajah.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kegunaan minyak zaitun untuk kecantikan selanjutnya adalah bermanfaat untuk menghaluskan wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya dan menggunakannya sebagai masker. Enzim papain terdapat pada pepaya dapat meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E nya yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan membantu menutrisi, melembabkan dan menghaluskan kulit wajah kamu.

Nah, untuk mendapatkan hasilnya gunakan minyak zaitun sebagai campuran masker pepaya. Caranya, tumbuk pepaya hingga halus, lalu campurkan sedikit minyak zaitun jangan sampai terlalu cair, diaduk-aduk, lalu pakai saja masker pepaya dan zaitun ini. Pakai sehari sekali akan membuat wajahmu semakin halus.

15. Mengencangkan kulit.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput pada usia dini. Minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan tinggi yang disebut polifenol, zat ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Sebab itulah penggunaan minyak zaitun merupakan cara mengencangkan kulit wajah yang efektif.

Cara mengencangkan kulit dengan minyak zaitun ini membutuhkan madu sebagai campurannya. Campurkan minyak zaitun dan madu lalu dijadikan masker, setelah mengering, lakukan pijatan sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

16. Mengecilkan pori-pori di wajah.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Pori-pori wajah yang besar kerap kali mengganggu kecantikan alami, karena pori-pori yang besar akan menimbulkan banyak minyak dan komedo yang hinggap di dalam pori-pori. Minyak zaitun ternyata bisa bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak karena pori-pori yang besar, lho. Caranya adalah mengoleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah kamu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

17. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: thehealthsite.com

Bulu mata yang panjang dan tebal kerap diidam-idamkan kaum hawa. Kandungan vitamin E yang berguna bagi kesehatan kulit dan rambut ini akan memicu tumbuhnya bulu mata. Pertumbuhan dan kesuburan bulu mata otomatis akan meningkat setelah penggunaan minyak zaitun ini.

Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskannya di sekitar bulu mata dengan hati-hati, jangan sampai mengenai mata

18. Menebalkan alis.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun mengandung nutrisi, yaitu vitamin E. Vitamin E akan memelihara kesehatan rambut dan menyuburkan rambut. Dengan gabungan ini, maka kamu akan memiliki alis yang lebat dan alami. Perlu kamu perhatikan bahwa kamu harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar murni dan alami atau belum tercampur dengan bahan-bahan kimia.

Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun ini ke alis kamu sambil dipijat perlahan agar minyak zaitun menyentuh akar rambut alis kamu. Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukannya setiap hari menjelang tidur, biarkan saja semalaman, lalu cuci di esok paginya.

19. Menjaga kesehatan rambut.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun cara memperindah rambut dengan penggunaan obat kimia tentu akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi ialah patah-patah, mudah rontok, kering, dan bercabang.

Dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut kamu. Selain itu juga akan membuat rambut kamu semakin tebal dan bersinar secara alami. Bagi kamu yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

20. Melembapkan dan mencerahkan bibir.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Ketika bibir menghitam, tentunya kamu akan merasa kurang percaya diri, kan? Setiap orang pasti ingin memiliki bibir merah merona yang sehat dan segar. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Ada kandungan vitamin E dan vitamin K pada minyak zaitun yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Caranya cukup olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari.

21. Membersihkan sisa kotoran telinga.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kotoran telinga memang kerap mengganggu kenyamanan dan kurang mempercantik diri. Kalau kamu memiliki banyak kotoran telinga yang menumpuk, maka gunakan minyak zaitun untuk membersihkannya. Minyak zaitun akan mengangkat kotoran telinga yang mengerak sehingga mudah keluar. Selama 3-4 malam berturut-turut, teteskan sedikit minyak zaitun di telinga sebelum tidur.

22. Menghilangkan kutil di wajah.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kutil adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Sayangnya, ketika digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah sakit. Untuk menghilangkan kutil, kamu bisa menggunakan minyak zaitun, lho.

Caranya oleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukanlah sehari 3 kali, yakni pada pagi hari, siang, dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

23. Mengatasi mata panda.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Mata panda biasanya terjadi ketika saat begadang atau kurang tidur. Mata panda adalah kondisi menghitamnya area kelopak mata. Hal tersebut memang terkesan sangat mengganggu penampilan. Tapi untuk menghilangkan kondisi mata panda, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Caranya oleskan minyak zaitun perlahan lahan pada bagian kelopak mata. Hati-hati ketika mengoleskannya, jangan sampai mengenai mata. Lakukan rutin agar maksimal hasilnya.

24. Menghilangkan stretch mark.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan ataupun alami kenaikan berat tubuh. Kamu bisa mengatasi stretch mark dengan pijatan yang memakai minyak zaitun. Gabungan pijatan lembut serta minyak zaitun bisa tingkatkan aliran darah hingga menolong pergantian sel baru.

25. Mengobati gatal-gatal.

25 Manfaat minyak zaitun © berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti yang telah diketahui, minyak zaitun bersifat anti inflamasi yang berperan aktif untuk mengobati gatal-gatal pada kulit. Selain itu, minyak zaitun dipercaya mampu menyembuhkan luka. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada area kulit yang bermasalah.

26. Mengendalikan kadar gula darah.

 Mengendalikan kadar gula darah. © 2022 brilio.net

foto: Pixabay/stevepb

Sebuah riset menunjukkan bahwa orang yang menjalani pola makan sehat secara rutin, termasuk dengan mengonsumsi minyak zaitun, memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol. Hal ini menjadikan minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya diabetes.

27. Melindungi kesehatan mulut.

Manfaat minyak zaitun © 2022 brilio.net

foto: Pixabay/Claudio_scott

Minyak zaitun mengandung sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri. Efek ini menjadikan minyak zaitun bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, berkumur dengan minyak zaitun secara rutin juga dapat mencegah atau mengatasi bau mulut.

28. Dapat menurunkan demam.

Manfaat minyak zaitun © 2022 brilio.net

foto: Pixabay/Victoria_watercolor

Minyak zaitun mengandung nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan baik dikonsumsi oleh anak-anak serta ibu hamil atau ibu menyusui. Sehingga, minyak zaitun dapat digunakan sebagai penurun demam bila dicampur dengan minyak esensial.

29. Memerangi pankreatititis akut.

Manfaat minyak zaitun © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berpotensi untuk mengurangi risiko pankreatitis akut. Studi terbitan Antioxidants (2020) melihat bahwa minyak zaitun mengandung senyawa fenolik bernama hidroksitirosol. Senyawa ini bisa mengurangi senyawa di tubuh yang memicu peradangan,

Selain itu, hidroksitirosol juga bisa melindungi pankreas dari paparan radikal bebas yang bisa meningkatkan risiko pankreatitis.

30. Membersihkan lambung.

Manfaat minyak zaitun © 2022 brilio.net

foto: Pixabay/HansMartinPaul

Tidak hanya mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis, manfaat minyak zaitun ini bisa didapat karena adanya sifat antibakteri.

Riset yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Microbiology (2022) menemukan bahwa hidroksitirosol dan oleuropein membantu melawan bakteri bernama Helicobacter pylori. Bakteri ini merupakan penyebab munculnya tukak lambung.

Meski begitu, riset ini baru dilakukan pada sel di laboratorium, bukan pada pasien tukak lambung yang mengonsumsi minyak zaitun. Jadi, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

31. Turunkan risiko osteoporosis.

Manfaat minyak zaitun © 2022 brilio.net

foto: Pixabay/Taokinesis

Manfaat minyak zaitun ternyata mampu memperkuat tulang. Mengapa demikian?

Mirip dengan minyak ikan, minyak zaitun kaya akan omega-3 yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Kandungan hidroksitirosol dan oleuropein juga menjaga struktur mineral penyusun tulang sehingga lebih tebal dan kuat. Tulang yang kuat tentu menurunkan risiko osteoporosis.


MAGANG: RICKA MILLA SUATIN