Brilio.net - Perut buncit tak selalu dialami orang yang obesitas atau berat badan berlebih. Orang-orang yang memiliki berat badan idealpun bisa mengalami perut buncit. Tak dipungkiri lagi, memiliki perut buncit sangat mengganggu penampilan. Baik cewek maupun cowok, pastinya berusaha sebaik mungkin agar terhindar dari perut buncit. Namun, sebaik apapun yang dilakukan terkadang masalah perut buncit tetap menghantui. Hal ini sungguh menyebalkan bukan?

Kenapa sih perut bisa buncit? Bagian perut memang sangat mudah untuk melar. Hal ini dikarenakan perut merupaka komponen tubuh yang mempunyai elastisitas tinggi dan paling gampang berlemak.

Penyebab dari perut buncit itu sendiri sangat banyak, misalnya saja jarangnya olahraga, suka ngemil, makan sebelum tidur, kerap mengonsumsi minuman berakohol dan lainnya. Jika ini sudah menjadi suatu kebiasaan dalam pola hidup, maka perut buncit sangat sulit untuk dihindari.

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan perut buncit. Seiring dengan itu, mulailah melakukan beberapa hal yang bisa mengatasi perut buncitmu.

Untuk mengurangi perut buncit, kamu bisa melakukan olahraga kecil dan sangat mudah kamu terapkan sehari-hari. Kamu tidak perlu menemui dokter hanya untuk mengecilkan perut. cukup lakukan beberapa hal ini saja sudah cukup membantu mu. Apa saja? berikut dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (12/11) cara ampun atasi perut buncit.

1. Olahraga.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: cornwallsportspartnership.co.uk

Beberapa kegiatan latihan fisik bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum beraktivitas. Misalnya seperti sit up dan aquat. Memang tak bisa langsung kecil dalam waktu sekali coba. Kamu harus rutin melakukannya. Jika rutin ini akan sangat membantu, karena sit up dapat mengecilkan perut dengan baik karena berpengaruh langsung pada otot perut. Sedangkan squat walaupun lebih dikenal untuk mengecilkan paha, namun ternyata, squat bisa membatu mengecilkan perut juga.

2. Banyak minum air putih.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: nrttv.com

Tubuh sangat membutuhkan cairan. Jika kamu mengonsumsi air puti secara teratur, akan menjadi solusi terbaik untuk mengecilkan perut. Ada baiknya, kamu minum sehari 8 gelas. Hal ini bertujuan untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun tersebut akan dilepaskan melalui urin. Manfaat lain adalah, dengan kamu banyak minum, hal ini akan membantu kamu untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan atau ngemil.

3. Tidur yang cukup.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: medicaldaily.com

Orang yang suka begadang, sangat bersar berpotensi perut buncit. Hal ini dikarenakan, jika kamu begadang, kamu pasti merasakan lapar di tengah malam. Selain itu, jam tidur yang tidak teratur atau kekurangan tidur akan merangsang produksi hormon ghrelin, yaitu hormin rasa lapar. Kalau sudah begini, kamu pasti tidak akan sanggup untuk menahannya dan memilih untuk makan. Mulai serakarang, untuk mengatasi perut buncitmu, ada baiknya tidurlah 6-8 jam sehari.

4. Lari.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: uglyfinish.com

Membiasakan diri untuk lari pagi, akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kamu hanya perlum melakukannya sekitar 30 menit setiap paginya. Tak perlu jauh, kamu cukup keliling komplek tempat tinggalmu saja. Jika kamu punya peliharaan seperti anjing, kamu bisa mnegajaknya, karena dengan begitu kamu akan merasa lebih senang melakukan kegiatan tersebut. Tahukah kamu, berlari sekitar 30 menit akan membakar 250 kalori dalam tubuh. Cukup membantu bukan jika kamu ingin mengecilkan perut?

5. Berenang.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: pumpandpoolpeople.com.au

Berenang memang dikenal untuk membentuk tubuh agar terlihat lebih indah. Tak hanya ingin langsing, orang yang ingin terlihat tinggipun biasanya memilih renang untuk membantu perkembangan tubuhnya. Berenang memang sangat membantu dalam membakar kalori, karena saat kamu menggerakkan tangan dan kaki saat berenang, hal itu sangat membutuhkan tenaga. Kamu bisa mulai sekarang untuk berenang, jika tidak bisa setiap hari, mungkin kamu bisa memilih seminggu dua kali atau seminggu sekali, saat kamu libur.

6. Lombat tali.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: bukalapak.com

Ini solusi untuk kamu yang malas untuk keluar rumah. Kamu bisa lakukan olahraga lompat tali untuk membantu mengecilkan perut buncitmu. Lompat tali sangat efektif untuk membakat lemak, selain itu juga bisa meningkatkan kondisi fisil dan melatih konsentrasi. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat jika melakukan olahraga ini.

7. Bersepeda.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: britishcycling.org.uk

Dalam seminggu, mungkin kamu bisa memilih cara ini untuk sekedar bersepeda santai bersama teman atau keluarga. Cara ini juga dianggap sangat efektif untuk mengurangi perut buncit. Memang tidak bisa instan, kamu harus melakukannya secara rutin. Bersepeda kurang lebih 30 menit, dapat membakar 300 kalori. Sangat lumayan bukan? Silahkan kamu atur jadwal untuk bersepeda. Pastikan kamu rutin dengan jadwal tersebut, agar perut buncit mu bisa cepat teratasi.

8. Jalan kaki.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: livingstreets.org.uk

Selain cara di atas, cara yang sangat mudah, namun tak semua orang mau melakukannya. Kamu bisa memilih jalan kaki untuk sekedar membeli sesuatu di minimarket atau sekedar berjalan-jalan di sekitar kompleks tempat tinggalmu. Kurangi untuk menggunakan kendaraan.

9. Ball Crunch.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: tostpost.com

Ini merupakan salah satu olahraga yang cukup menyenangkan dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Ball Crunch merupakan jenis olahraga yang menggunakan bola besar sebagai tumpuan utamanya. Caranya, dengan melakukan gerakan sit up di atas bola besar tersebut. Jika kamu rajin melakukannya, maka perut buncitmu bisa teratasi.

10. Naik turun tangga.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: healthproblog.com

Olahraga sederhana ini bisa kamu jumpai di mana saja yang memilik tangga. Jika kamu memiliki rumah dua lantai, maka kamu bisa memanfaatkan tangga tersebut untuk olahraga. Seperti naik turun tangga, selama 15 menit saja dalam sehari. Namun kamu bisa melakukannya secara rutin.

11. Sikap lilin.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: phenterminebuyingportal.com

Olahraga satu ini sudah cukup sering dilakukan oleh beberapa orang untuk mengecilkan perutnya. Pertama baringkan tubuhmu di lantai, Angkat kaki ke atas, lalu tahan dengan kedua tangan untuk beberapa saat. kemudian kamu ulangi lagi gerakan yang sama. Kamu bisa melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips di atas adalah berupa olahraga rutin yang bisa kamu lakukan. Namun tak hanya itu saja, selain olahraga, kamu juga harus mengatur pola makan dan memilih makanan-makanan sehat untuk membantu mengurangi perut buncit.

12. Memasak makanan sendiri.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: doctoroz.com

Jika kamu tak terbiasa memasak, mulai sekarang coba untuk melakukannya. Dengan memasak sendiri, kamu bisa memilih makanan-makanan sehat. Jika ingin mengecilkan perut maka metode yang harus dilakukan adalah dengan diet berat atau crash diet. Hal ini tidak begitu menyusahkan jika kamu bisa melakukannya dengan baik. Kamu bisa melakukannya secara perlahan dengan memilah makanan-makanan mana yang sehat dan mana yang tidak. Itu sebabnya kamu lebih baik masak sendiri. Untuk mengecilkan perut, artinya kamu harus menyingkirkan lemak-lemak yang menumpuk di perut, caranya dengan mengikuti diet secara sehat dan seimbang.

13. Ubah kebiasaan makan.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: myupdatestudio.com

Jika biasanya kamu makan dalam porsi yang banyka, maka kali ini kamu harus mulai mengurangi porsi makanmu. Diketahui, jika seseorang makan dalam porsi banyak dalam satu waktu bisa menyebabkan gagalnya lemak menjadi sebuah energi yang akhirnya menumpuk dalam tubuh. Jika berlangsung terlalu lama dan tak diatasi, bisa mengganggu kesehatan, yang menimbulkan beberapa penyakit. Kamu bisa makan sesering mungkin, namun tidak perlu banyak-banyak. Lebih baik makan dengan porsi sedikit tapi sering, dari pada porsi banyak sehari sekali.

14. Mengonsumsi infused water dari nanas.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: foodsforbetterhealth.com

Tubuh memang sangat membutuhkan cairan. Namun jika kamu bosan dengan minum air putih saja, sesekali kamu bisa membuat infused water dengan memilih buah-buhaan segar yang kemudian dicampur daun mint. Ini sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Bagimana caranya? Potong buah nanas, masukkan kedalam air, lalu tambahkan daun mint, diamkan semalam di dalam kulkas, lalu minum dalam keadaan dingin. Kamu bisa mencobanya, sangat membantu untuk meratakan perut.

15. Smoothie Blueberry dan wortel.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: tipsinfo-hidupsehat.blogspot.com

Selain enak, ini bisa berguna untuk mengatasi perut buncitmu. Jika kamu mengonsumsi ini dalam satu hari, akan memberikan kesegaran serta bekal yang cukup dari kandungan antioksidan. Namun usai meminumnya, kamu coba dengan berolahraga ringan seperti yoga, akan membuat tubuhmu lebih ringan.

Cara membuatnya cukup mudah:
- Sediakan satu gelas susu rendah lemak dan1 gelas yoghurt
- Blender dengan campuran 1/2 gelas blueberry
- Tamabah 1 sendok whole oats dan 1 sendok madu
- kemudian blender semuanya hingga halus.

16. Minum lemon.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: kosovapress.com

Lemon dipercaya untuk membantu detoksidikasi perncernaan dan membantu fungsu kerja liver. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mengecilkan perut, karena saat pencernaan dan kerja livermu berjalan sempurna, maka proses pengecilan perut juga akan berjalan.

17. Alpukat.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: popsugar.com.au

Alpukat memang mengandung lemak, namun kandungan lemak pada alpukat, dapat membantu kamu untuk kenyang dalam jangaka waktu yang cukup lama. Dengan begitu, kamu tidak akan punya keinginan untuk ngemil dan makan terlalu banyak. Alpukat juga dipercaya mampu membantu menghantamkan kolestrol berlebih pada tubuh karena kandungan beta-sitosterol di dalamnya.

18. Bayam.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: juicingcollection.com

Bayam juga sangat memabantu untuk proses pengecilan tubuh, karena bayam mengandung antioksidan yang tinggi. Jika kamu tidak menyukai bayam, ada cara ampuh untuk mengtasinya, yaitu dengan memcampur bayam dan apel. Kamu bisa jadikan itu sebagai minuman. Rasa bayam akan tersamarkan karena rasa creamy dari smoothie dan apel. Bagaimana? kamu mau mencoba cara ini? benar-benar sangat membantu.

19. Green tea dan jahe.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: polza-ne-vred.ru

Green tea sangat terkenal dengan kemampuannya mengurangi resiko kanker, nah green tea juga dikenal dapat menyerap lemak dari makanan yang kita konsumsi lho. Kamu bisa gunakan ini untuk mentasi perut buncitmu. Kamu akan merasakan bagaimana minuman ini bisa menyerap lemak dengan baik.

Cara membuatnya cukup mudah:
- Rebus air bersamaan dengan cahe selama 5 menit hingga mendidih
- kemudian celupkan green tea
- Jika kamu menginginkan minuman manis, kamu bisa tambahkan sedikit madu
- kemudian kamu bisa meminumnya. Lebih baik diminum saat hangat.

20. Konsumsi yogurt dan kacang-kacangan.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: healthline.com

Kedua makanan tersebut sangat membantu dalam mengecilkan atau meratakan perut, agar terlihat lebih indah. Yogurt sendiri mengandung bakteri baik untuk memperlancar pencernaan. Kacang-kacangan mengandung tinggi serat, sehingga membantu untuk mengatasi perut dari penumpukan lemak. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang wajar.

21. Buncis.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: deliciouslyorganic.net

Sayur memang dikenal sebagai makanan sehat yang wajib dikonsumsi. Secara alami sayur-sayuran dapat menghentikan penambahan lemak pada perut. Salah satu yang sangat baik adalah buncis, karena mengandung antioksidan sehingga mampu menurunkan volume lemak pada tubuh.

22. Semangka.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: today.com

Sama halnya dengan sayur-sayuran, buah juga memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan tubuh. Ada baiknya kamu mengonsumsi secara imbang keduanya. Salah satu buah yang cukup ampuh mengatasi kebuncitan adalah semangka. Hal ini dikarenakan semangka memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik untuk mengatasi perut buncitmu. Semangka merupakan buah yang sangat mudah dijumpai. Oleh karenanya, kamu akan dengan mudah menemukannya.

23. Seledri.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: draxe.com

Seledri mengandung vitamin C dan dipercaya mampu mengurangi kebuncitan. Sayuran hijau ini bisa kamu campurkan dengan jus. Hal ini selain perut buncit menghilang, berat badanmu juga akan turun dan badan lebih sehat. Seledri juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu dapat mengurangi risiko kanker ovarium.

24. Mentimun.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: mrswages.com

Mentimun mengandung mineral, serat dan vitamin. Mentimun juga memiliki 96 persen air dan hanya 45 kalori. Ini sangat membantu kamu dalam mengecilkan perut. Jika kamu mengonsumsi mentimun setiap harinya, akan memperlancar pencernaan dan membersihkan tubuh dari racun.

25. Tomat.

25 Cara mengecilkan perut yang nggak ribet dan terbukti ampuh istimewa

foto: organicfacts.ne

Tomat mengandung 33 kalori dan menyimpan 9-oxo-ODA yang mampu mengurangi lipid dalam perut. Hal ini akan mampu mengendalikan lemak dalam perut. Kamu bisa mengonsumsi tomat dalam bantuk jus.

26. Plank.

plank © 2022 brilio.net

foto: verywellfit.com

Plank sendiri merupakan salah satu gerakan dalam olahraga yang fokus mengecilkan perut jika rutin dilakukan setiap hari. Dilansir dari bebodywise.com mengatakan jika gerakan 'plank' membakar lemak perut karena melibatkan banyak otot sekaligus, meningkatkan laju metabolisme dan memberi manfaat pada kekuatan otot perut.

27. Rajin melakukan yoga.

yoga © 2022 brilio.net

foto: health.com

Olahraga Yoga juga salah satu jenis olahraga yang bisa jadi pilihan untuk mengecilkan perut buncit. Jika kamu lakukan dengan rutin, ada banyak gerakan yoga yang fokus mengencangkan dan mengecilkan otot perut.

28. Pepaya.

pepaya © 2022 brilio.net

foto: boldsky.com

Pepaya sendiri mengandung papain, enzim lain yang memecah protein di saluran pencernaan Anda.Selain itu berdasarkan artikel dari boldsky.com bahwa pepaya sendiri kaya akan vitamin C dan vitamin A. Selain itu pepaya juga rendah kalori, namun tinggi serat kallium dan asam folat sehingga menjadikan buah yang bagus dikonsumsi untuk mengecilkan perut.

 

mgg/reza