Brilio.net - Salah satu jenis tanaman herbal yang populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah sambiloto. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai penyakit adalah daunnya.

Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Asia dan India. Tanaman bertangkai pendek ini dikenal akan rasanya yang pahit. Hal itu dikarenakan sambiloto mengandung zat pahit yang terdapat di daun dan batangnya.

Daun sambiloto memiliki kandungan orthosiphon glukosa, minyak atsiri, saponin, polifenol, flavonoid, saponin, garam kalium dan myonositol. Senyawa-senyawa tersebut terbukti mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman herbal ini bahkan sudah digunakan sejak lama sebagai obat tradisional. Biasanya sambiloto ini diolah sebagai bahan jamu.

Khasiat yang ditawarkan daun sambiloto, salah satunya dapat mencegah penyakit jantung. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, brilio.net telah merangkum 10 manfaat daun sambiloto yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (10/6) sebagai berikut.

1. Meredakan sakit perut.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

Loading...

foto: freepik.com

Daun sambiloto dikenal sebagai alternatif obat untuk sakit perut. Sebuah studi dalam jurnal Toxicology Reports juga menunjukkan bahwa tanaman ini dapat memberikan perlindungan dari sakit maag. Diperkirakan bahwa antioksidan yang terkandung dalam daun sambiloto berkontribusi pada efek lambung.

2. Antidiabetes.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya adalah membantu mencegah diabetes. Dikutip dari penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmacology tahun 2012 menyimpulkan bahwa senyawa andrographolide aktif yang terdapat dalam A paniculata mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik. Efek ini mampu mencegah diabetes.

Penelitian tersebut dilakukan pada tikus yang diberi asupan lemak dan gula tinggi membuktikan bahwa A paniculata dapat menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol LDL.

3. Menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan zat pada bagian batang dan daun sambiloto memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Berkat kandungan tersebut, sambiloto kerap dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Untuk memaksimalkan manfaat sambiloto tersebut, bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng.

4. Menurunkan demam.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun sambiloto mengandung flavonoid yang memiliki efek antioksidan kuat, dan dapat membantu mengobati berbagai masalah kesehatan seperti demam tinggi. Dilansir dari laman pulse.ng, secara khusus daun sambiloto secara historis digunakan dalam pengobatan tradisional untuk pengobatan infeksi bakteri demam tifoid.

5. Membantu cegah penyakit jantung.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Chinese Medical Journal tahun 1994 telah membuktikan bahwa ekstrak sambiloto dapat memperlambat pembentukan gumpalan darah dan mencegah penyempitan sel pembuluh darah. Sehingga, peredaran darah menjadi lancar dan tidak menimbulkan penyakit jantung. Sambiloto juga diyakini berkhasiat untuk melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Mengobati penyakit hati.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sambiloto juga terkenal dalam pengobatan penyakit hati. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, aktivitas andrographolide dapat menghasilkan diterpen laktone yang menghambat aktivitas karbon tetraklorida (sebagai pemicu penyakit hati).

7. Meredakan insomnia.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Insomnia menyebabkan penderitanya sulit tidur. Gangguan ini membuat tubuh tidak nyaman bahkan melemahkan. Dilansir dari laman pulse.ng, daun sambiloto diyakini mampu membantu mengatasi insomnia.

Minum larutan daun sambiloto saat malam hari sebelum tidur, memberi efek ketenangan dan relaksasi yang membantu tidur.

8. Meningkatkan kesuburan.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Banyak yang belum tahu, bahwa manfaat lain daun sambiloto adalah meningkatkan kesuburan, khususnya bagi pria. Sebuah studi di International Journal of Reproductive Biomedicine telah menunjukkan bahwa tanaman sambiloto memiliki efek positif pada kualitas sperma.

Secara keseluruhan, kadar vitamin dan mineral yang tinggi dalam daun sambiloto bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga, bermanfaat bagi pasangan yang sedang menjalankan program kehamilan.

9. Memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun sambiloto mengandung mineral antioksidan yang berperan penting dalam tubuh, termasuk pemeliharaan tulang dan gigi. Dikutip dari laman pulse.ng mineral antioksidan tersebut merupakan vitamin C yang menyehatkan tulang dan gigi. Selain itu, juga mengandung vitamin K yang membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah melemahnya jaringan tulang, atau dikenal sebagai osteoporosis.

10. Mencegah pembengkakan.

Manfaat daun sambiloto © berbagai sumber

foto: freepik.com

Terakhir, daun sambiloto bermanfaat untuk mencegah pembengkakan. Melansir dari laman Institut Pertanian Bogor (IPB) online, mengoleskan perasan daun sambiloto yang diberi sedikit air pada area kulit yang terkena sengatan lebah atau ulat bulu, bisa mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.