Brilio.net - Indonesia dikenal sebagai ladangnya tanaman herbal. Berbagai jenis tumbuhan obat bisa ditemukan dengan mudah, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Bahkan, kamu pun bisa menanam sendiri di halaman rumah. Dengan cara perawatan yang mudah, kamu bisa memiliki stok obat alami untuk berbagai masalah kesehatan.

Salah satu tanaman obat yang terkenal dengan khasiatnya adalah daun kunyit. Ya, mungkin selama ini kamu kerap memanfaatkan kunyit sebagai sumber penyedap makanan ataupun pewarna alami. Namun, jangan buru-buru membuang daun kunyit ya. Pasalnya ada banyak kebaikan yang bisa diperoleh tubuh di dalamnya.

Dilansir brilio.net dari Health Benefit pada Rabu (2/6), daun kunyit memiliki kandungan senyawa bioaktif seperti flavonoid, tanin, dan fenolik. Kandungan tersebut mampu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit lho.

Nah ada apa saja sih khasiat daun kunyit untuk kesehatan? Simak yuk penjelasannya dalam ulasan brilio.net dari Health Benefit dan food.ndtv pada Rabu (2/6) berikut ini.

1. Menambah kekebalan tubuh.

Manfaat daun kunyit untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Daun kunyit juga kerap dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain meningkatkan kelezatan, daun kunyit juga sekaligus memberikan peran dalam menambah kekebalan tubuh.

Pasalnya, daun kunyit memiliki kandungan antimikroba yang memiliki peran penting untuk menghalau berbagai radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

2. Mengatasi peradangan.

Manfaat daun kunyit untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Peradangan menjadi kondisi yang kerap dialami banyak orang. Biasanya, peradangan timbul setelah adanya cedera, luka bakar ataupun terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh tertentu. Jangan sepelekan ketika kamu mengalami peradangan. Selain membuat tubuh nggak nyaman, peradangan juga dapat berujung pada penyakit kronis seperti gangguan pada jantung dan kanker.

Salah satu cara untuk mengatasi peradangan bisa menggunakan daun kunyit. Sebab daun kunyit memiliki efek antiinflamasi yang berfungsi efektif meredakan peradangan.

Memanfaatkan daun kunyit bisa juga dengan mengonsumsi ekstrak daunnya secara teratur. Cara ini berdampak untuk melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit kronis.

3. Menyehatkan organ pencernaan.

Manfaat daun kunyit untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Daun kunyit dapat meningkatkan pencernaan dan mengurangi masalah gas dan kembung. Kandungan curcumin dijelaskan dapat memicu produksi empedu, yang merupakan salah satu komponen utama pencernaan. Sehingga, dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Menjaga kesehatan kulit wajah.

Manfaat daun kunyit untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Selanjutnya kamu bisa memanfaatkan daun kunyit untuk menjaga kulit wajah. Nggak hanya para wanita, kaum adam pun bisa merasakan manfaat baiknya. Caranya mudah, kamu hanya perlu menggunakannya sebagai masker. Pertama-tama kamu bisa haluskan daun kunyit menjadi pasta, lalu oleskan pada kulit.

Ramuan ini akan membantumu untuk menjaga kulit agar tetap lembut, halus, dan bercahaya. Bintik hitam pada kulit wajah juga bisa teratasi dengan kandungan yang terdapat di dalam daun kunyit.

5. Memiliki sifat antiseptik.

Manfaat daun kunyit untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Di dalam kunyit terdapat komponen yang mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang mampu meningkatkan penyembuhan. Kamu bisa mengambil beberapa lembar daun kunyit, haluskan, dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi pasta. Oleskan ramuan ini pada luka bakar ringan secara perlahan.

6. Mencegah radikal bebas.

Manfaat daun kunyit untuk kesehatan tubuh © freepik.com

foto: freepik.com

Daun kunyit adalah salah satu tanaman yang bisa disebut kaya akan manfaat. Bahkan dalam daun ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas bisa didapatkan dari udara yang tercemar polusi. Jika dibiarkan begitu saja, hal tersebut dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan tubuh, mulai dari hipertensi hingga penyakit jantung.

Untuk menangkal radikal bebas, kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan pola hidup yang lebih baik. Selain daun kunyit, ada pula beberapa sumber makanan yang bisa mencegah radikal bebas pada tubuh. Beberapa buah mengandung vitamin C tinggi, seperti lemon, jeruk, dan kiwi bisa menjadi pilihannya. Makanan yang mengandung vitamin E tinggi seperti ikan salmon serta telur yang juga kaya akan omega 3 dan baik untuk menangkal radikal bebas.