Brilio.net - Menjaga kesehatan merupakan hal yang perlu dilakukan setiap orang, baik muda maupun tua. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengonsumsi racikan obat tradisional.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi campuran kunyit dan madu. Menurut beberapa sumber kesehatan, rutin mengonsumsi campuran tersebut bisa mencegah dan menyembuhkan beberapa infeksi virus dan bakteri. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat tetap sehat.

Kunyit dan madu juga memiliki khasiat penyembuhan. Keduanya bisa menghasilkan campuran yang memiliki kandungan antibakteri, antikanker, bahkan antiinflamasi.

Dilansir dari Boldsky untuk membuat campuran ini, bahan yang kamu perlukan di antaranya satu sendok kunyit bubuk, sedikit lada hitam, satu sendok teh kulit lemon parut, 2 sendok makan cuka sari apel, 100 gram madu dan satu sendok makan kunyit.

Pertama, masukkan lada hitam, bubuk kunyit dan cuka sari apel dalam mangkuk. Lalu, tambahkan madu dan kulit lemon ke dalamnya.

Loading...

Aduk seluruh campuran dengan baik dan pindahkan ke dalam toples kaca. Taruh toples di dalam lemari es.

Kira-kira apa saja manfaat dari campuran kunyit dan madu? Berikut ulasan brilio.net dilansir dari berbagai sumber, Senin (19/19).

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Campuran kunyit dan madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan dalam kunyit bertindak sebagai modulator imun yang akan membantu mengatur fungsi sel kekebalan tubuh melawan kanker.

Tidak hanya itu, zat lipopolysaccharide dalam kunyit terkenal juga akan sifat antibakteri dan antivirus.

2. Mencegah kanker.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sifat antiperadangan dan antioksidan yang dimiliki kunyit dan madu dapat berperan penting untuk mencegah kanker.

Tapi, jangan mengonsumsinya berlebihan. Tidak semua tubuh bisa menerima kunyit dan madu, sebagian orang mengalami alergi ketika mengonsumsinya. Jika mengalami hal ini berhenti untuk mengonsumsi dan konsultasikan pada dokter.

3. Menyehatkan paru-paru.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Rutin mengonsumsi campuran madu dan jahe akan sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Kunyit juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk asma, fibrosis paru, hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

4. Mengatasi flu.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kunyit dan madu juga bisa untuk mengatasi flu. Jika kamu sedang mengalami flu, cobalah untuk mengonsumsi campuran ini sebanyak satu sendok makan setiap satu jam sekali selama dua hari. Kemudian di hari ketiga, konsumsi campuran ini hanya tiga kali sehari.

5. Menurunkan kolesterol.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Campuran madu dan kunyit bekerja sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. Seperti yang diketahui, tingginya kadar kolesterol merupakan faktor utama terjadinya penyakit jantung dan stroke.

6. Menjaga daya ingat.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Mengonsumsi campuran madu dan kunyit akan sangat membantu meningkatkan daya ingat. Sebab, madu mengandung polifenol yang signifikan membantu meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan daya ingat.

Sementara, kunyit mengandung antioksidan yang bisa mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

7. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan antioksidan pada kunyit bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan kulit yang kerap terpapar radikal bebas. Seperti yang diketahui radikal bebas berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering dan keriput.

8. Meredakan batuk.

Manfaat mengonsumsi campuran kunyit & madu © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jika kamu sedang batuk, cukup mengobatinya secara alami, yakni dengan mengonsumsi campuran madu dan kunyit. Konsumsi secukupnya campuran tersebut, lalu lakukan istirahat cukup agar ramuan bekerja dengan baik.

Manfaat teh kunyit untuk kesehatan dan cara mudah membuatnya

Selain segar, biasanya minuman yang memiliki rasa nikmat juga jadi incaran. Rasa nikmat ini juga tergantung dari selera masing-masing orang. Nggak melulu rasa manis yang jadi idola, karena rasa pahit hingga asam pada minuman juga kerap jadi incaran banyak orang.

Salah satu minuman yang perlu dicoba adalah teh kunyit. Teh kunyit jadi minuman sehat yang banyak manfaat. Perpaduan bahan alami ini akan menjadi solusi yang tepat untuk menghalau berbagai jenis penyakit.

1. Meredakan permasalahan sendi.

Sendi yang bermasalah jadi salah satu kendala yang dapat mengganggu kegiatanmu. Apalagi dalam beraktivitas, sendi yang sehat menjadi salah satu kunci kelancaran dalam berkegiatan. Maka, merawat kesehatan sendi agar tidak mudah nyeri.

2. Mempertahankan remisi kolitis ulserativa.

Ulcerative colitis (UC) adalah kondisi kronis yang menyebabkan bisul di ujung bawah saluran pencernaan. Kunyit bisa jadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center menemukan bahwa pasien UC memiliki tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah jika mengonsumsi kunyit.

Teh kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Kandungan ini bermanfaat untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita artritis. Dampaknya rasa nyeri pun akan berkurang.

Penelitian lain juga menemukan bahwa senyawa aktif dalam kunyit, yaitu kurkumin, efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien penderita osteoartritis.

3. Membantu mengatasi uveitis.

Uveitis merupakan peradangan pada iris. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit sebenarnya sama efektifnya dengan pengobatan kortikosteroid, namun justru tanpa efek samping.

4. Menurunkan kolesterol.

Sebuah studi tahun 2008 menyebutkan bahwa dosis rendah dari kurkumin dikaitkan dengan penurunan LDL dan kadar kolesterol total. Sehingga, kunyit disebut sebagai salah satu bahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kadar yang tepat dalam menggunakannya.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Bukan rahasia lagi kalau kunyit adalah bahan alami yang dapat membuat tubuh menjadi semakin sehat. Bahkan, masyarakat Indonesia juga terbiasa mengonsumsinya sebagai jamu karena kunyit mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Kamu bisa mengolah kunyit dalam berbagai kreasi menu untuk mendapatkan manfaatnya. Agar imun tubuhmu semakin kuat, kamu juga bisa menambahkan sumber makanan atau minuman alami lainnya agar semakin lengkap.