Brilio.net - Pernahkah kamu merasakan sakit kepala sebalah atau migrain? Tentunya sangat menyiksa bukan. Migrain adalah nyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Penyakit  ini lebih sering diidap wanita dibandingkan pria. Menurut hasil penelitian WHO, dari total populasi manusia berusia 18-65 tahun yang melaporkan pernah mengalami sakit kepala, sekitar 30 persen merupakan sakit kepala migrain. Hal ini membuktikan bahwa migrain adalah kondisi sakit kepala yang paling sering terjadi kepada manusia.

Penyakit migrain bisa saja datang disaat-saat tertentu yang tidak kamu duga sebelumnya. Meskipun terlihat sepele, namun penyakit migrain ternyata tidak bisa dipandang sepele, lho. Selain akan menghambat aktivitas keseharian kamu, migrain juga bisa menjadi keadaan yang serius ketika tidak segera diatasi. Beberapa orang mengaku ketika terjadi migrain, rasanya seperti tersiksa karena nyeri sebelah kepala yang membuat tubuh merasa lemas. Parahnya lagi, migrain pun disebut menjadi salah satu gejala awal stroke.

Karakteristik migrain di atas mirip dengan sejumlah kondisi medis lainnya yang mungkin lebih serius. Jadi, kalau kamu belakangan ini sering merasakan migrain, sebaiknya segera cek ke dokter untuk cari tahu penyebab sebenarnya dan pengobatannya yang lebih sesuai. Berobat ke dokter juga membantu mencegah kondisimu makin bertambah parah. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk menghindari dari serangan migrain. Salah satunya adalah pola hidup sehat, olahraga teratur, jam tidur yang cukup dan menghindari makanan tertentu yang dapat memicu migrain.

Nah, untuk menghindari diri kita dari migrain, seperti yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa makanan tertentu yang dapat memicu terjadinya migrain, lho. Kini brilio.net sudah merangkum 10 makanan yang dapat memicu migrain yang dilansir dari health.com, Rabu (21/11).

1. Buah jeruk

Loading...

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: health.com

Salah satu jenis buah ini masih diperdebatkan oleh beberapa peneliti. Mereka telah menemukan hubungan antara migrain dan jeruk, sementara yang lain tidak. Sangat memungkinkan jika buah jeruk dapat memicu migrain jika dilihat dari beberapa pengakuan penderitanya. Buah jeruk seperti jeruk, grapefruit, lemon dan semua mengandung antihistamin dan tyramine, yang keduanya penyebab migrain pada beberapa masyarakat.

2. Alkohol

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: standart.co.uk

Alkohol terutama anggur merah dapat menjadi penyebab migrain karena mengandung fenol, yang merupakan fitokimia yang ditemukan dalam anggur merah. Selain itu, bahan kimia lain yang ditemukan dalam bir, wiski, dan anggur tingkat pelepasan atau serotonin yang dapat memicu migrain. Menurut sebuah peninjauan oleh para peneliti di Brasil, para penderita migrain mengatakan bahwa alkohol dapat memainkan peran dalam serangan mereka sekitar 30% kali atau lebih.

3. Kopi

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: health.com

Kopi dapat menyebabkan migrain karena adanya kandungan kafein didalamnya. Maka bisa dikatakan juga jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan migrain. Kafein yang ada dalam kopi bisa menyebabkan sakit kepala beberapa jam setelah kamu meminumnya. Kafein akan memicu sakit migrain ketika dikonsumsi di waktu yang tidak tepat. Karena efek merangsang dari kafein ini sendiri, maka tidak mengherankan bahwa kafein telah diketahui sebab dan memicu migrain.

4. Keju

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: independent.co.uk

Keju sering disebut makanan yang dapat menyebabkan migrain, terutama jika keju yang sudah berusia. Maka pilihan yang terbaik adalah untuk menjauh dari keju tua, karena lebih mungkin menyebabkan migrain atau sakit kepala karena tyramine yang terbentuk di dalam protein keju yang rusak dari waktu ke waktu. Tingginya kadar tiramin yang terkandung dalam keju dapat masuk ke dalam darah dan tingginya kadar zat kimia di dalam otak inilah yang dapat memicu terjadinya berbagai perubahan di dalam otak dan menyebabkan nyeri kepala.

5. Daging olahan

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: Liputan6.com

Daging olahan merupakan salah satu jenis makanan yang dikenal mengandung pengawet. Makanan yang diketahui menyebabkan migrain ini diperkirakan bahwa nitrat dan nitrit yang digunakan sebagai pengawet dapat memicu melebarkan pembuluh darah seseorang dan menyebabkan migrain atau sakit kepala.

6. MSG

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: irishtime.com

Monosodium glutamat atau kerap disingkat MSG adalah penguat rasa makanan yang banyak ditemui di Asia. Zat ini berupa kristal halus mirip garam yang bisa membuat hidangan terasa lebih gurih dan sedap. MSG sendiri terbuat dari campuran sodium dan asam glutamat. MSG disebut dapat memicu migrain karena asam glutamat yang diyakini bisa membuat pembuluh darah kamu menyempit lalu melebar. Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah inilah yang membuat kepala kamu terasa nyeri dan mengakibatkan migrain.

7. Aspartame

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: health.com

Pemanis buatan seperti aspartame bisa menjadi penyebab migrain. Pemanis tersebut dapat menurunkan kadar serotonin dalam tubuh seseorang, yang kemudian dapat memicu pelepasan neuropeptida dan memicu reaksi berantai yang memicu migrain. Pemanis buatan ini biasanya terkandung dalam soda dan snack manis di supermarket.

8. Kacang dan biji-bijian

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: health.com

Camilan gurih yang satu ini ternyata bisa menyebabkan migrain setelah 12 jam kamu mengonsumsinya. Meskipun kamu hanya memakan kacang sebanyak satu genggaman tangan, ternyata tetap bisa menyebabkan migrain. Kandungan tanin pada kacang ini merupakan salah satu pemicu migrain. Kebanyakan semua jenis kacang dan biji-bijian memang mengandung tanin, maka dari itu jangan terlalu banyak mengonsumsi kacang agar tidak terjadi serangan migrain.

9. Cokelat

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: brilio.net

Sebuah studi dari Brasil pada tahun 2012 menyebutkan bahwa cokelat ternyata mengandung zat yang bisa menyebabkan seseorang mengalami migrain. Coklat mengandung asam amino yang dikenal sebagai tyramine. Namun tak jarang, wanita malah makan coklat selama migrain karena stres atau masalah hormonal.

10. Ice Cream

Kesehatan Badan © 2018 brilio.net

foto: bebrainfit.com

Biasanya jika suasana hati sedang buruk, ice cream bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperbaiki perasaan kembali. Rasa manis dan tekstur lembut dari ice cream akan meningkatkan mood dan vibes kamu tentunya. Namun siapa sangka, ketika kamu sedang makan ice cream, kamu justru bisa merasakan sakit kepala yang amat sangat terasa. Hal ini terjadi ketika kamu terlalu cepat makan ice cream, sehingga dinginnya ice cream akan membuat saraf kamu sakit yang terasa sampai otak yang mana malah membuat sakit kepala atau migrain.

mgg/renno