Brilio.net - Warung kopi mulai menjamur di berbagai sudut kota. Bukan lagi identik sebagai minuman orang tua, kopi juga menjadi minuman favorit bagi anak muda. Sebagai teman nongkrong, kopi hadir dengan berbagai varian yang menambah cita rasanya. Mulai dari espresso, latte, cappucinno, dan masih banyak lagi.

Setelah meminum kopi, orang jadi betah untuk begadang semalaman. Hal itu wajar terjadi karena kopi memang mengandung kafein. Sebagai salah satu zat yang mengandung stimulan, kafein memang bisa menyebabkan sesorang jadi lebih bertenaga dan menghilangkan rasa kantuk.

Kandungan kafein dalam kopi sebenarnya beragam. Semua tergantung jenis kopi dan cara menyeduhnya. Efek dari kafein juga akan berbeda pada masing-masing orang. Namun jika kamu ingin cepat tidur setelah minum kopi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.Apa saja?

Brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (22/11), berikut cara agar cepat tidur setelah minum kopi.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Ciptakan suasana yang tenang.

Cara agar cepat tidur setelah minum kopi © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Jika ingin cepat tidur, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menciptakan suasana yang tenang. Caranya matikan gadget, TV, atau benda-benda lain yang bersuara.

Pilihlah kamar tidur yang jauh dari kebisingan. Sebab, kamu memerlukan ketenangan agar bisa cepat mengantuk dan tidur.

2. Dengarkan musik yang menenangkan.

Cara agar cepat tidur setelah minum kopi © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak suka tidur dengan suasana sepi, kamu boleh mendengarkan musik sebelum tidur. Namun jangan mendengarkan musik yang memiliki intro cepat atau lagu yang kamu suka. Hal itu justru akan membuatmu semakin tidak bisa tidur.

Sebaiknya pilihlah musik-musik yang menenangkan, misalnya instrumen dengan suara hujan, angin, ombak, dan lainnya. Dengarkan saat kamu berbaring dan atur timer selama 10 menit saja hingga kamu tertidur.

3. Lakukan gerakan ringan atau perenggangan.

Cara agar cepat tidur setelah minum kopi © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Salah satu cara untuk menetralkan efek kafein dari kopi adalah dengan olahraga. Namun karena kamu ingin segera tidur, cukup lakukan gerakan ringan seperti melompat lompat atau melakukan perenggangan. Tidak perlu lama, cukup lakukan selama 5 menit saja.

4. Relaksasi dan latih pernapasan.

Selanjutnya kamu bisa melakukan relaksasi dan melatih pernapasan. Caranya, duduklah di kursi atau kasur denga posisi menyandar ke belakang. Lalu tarik nafas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut. Berhenti sejenak dan ulangi lagi setidaknya tiga kali.

5. Minum susu hangat.

Cara agar cepat tidur setelah minum kopi © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Minum susu hangat juga akan mengurangi efek dari kafein. Selain itu, susu hangat juga mengandung triptofan yang akan memicu hormon untuk menghadirkan rasa kantuk.

Jadi minumlah segelas susu hangat sebelum tidur. Duduklah sebentar sebelum membaringkan tubuh.

6. Gunakan penutup mata untuk tidur.

Cara agar cepat tidur setelah minum kopi © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Penutup mata berfungsi agar mata cepat terlelap. Dengan demikian kamu akan lebih cepat memejamkan mata dan tidur. Ada beberapa jenis penutup mata, mulai dari yang terbuat dari kain biasa hingga penutup mata yang menggunakan gel.

Jika kamu memakai penutup mata yang mengandung gel, kamu akan mendapatkan sensasi yang lebih rileks dan bisa mengurangi mata bengkak lho.

7. Matikan lampu kamar.

Cara agar cepat tidur setelah minum kopi © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Terakhir, matikan lah lampu kamar agar bisa cepat tidur. Sebab, tidur dengan keadaan gelap akan membuat mata cepat terlelap dan bangun dengan lebih segar. Selain itu, tidur dengan keadaan gelap juga akan membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin. Hormon melatonin ini lah yang membuat kekebalan tubuh seseorang jadi meningkat.

mgg/ Deta Jauda

(brl/vin)