Brilio.net - Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Bahkan untuk mendapatkannya, banyak orang yang rela melakukan diet ketat dan olahraga mati-matian. Kenyataanya, usaha diet dan olahraga tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan gaya hidup yang seimbang. Bahkan kebiasaan sebelum tidur pun sangat berpengaruh untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Pada malam hari tubuh akan membakar setidaknya 300 hingga 400 kalori. Ini setara dengan energi yang dikeluarkan saat berlari atau jogging selama satu jam.

Menurut para ahli, tidur dengan waktu yang cukup memang dapat menurunkan berat badan. Selain itu, ada beberapa kebiasaan-kebiasaan pada malam hari yang juga dapat berpengaruh pada penurunan berat badan saat tidur.

Berikut ini tujuh kebiasaan sebelum tidur yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan, dikutip brightside.me, Rabu (18/9).

1. Minum teh herbal.

Loading...

tidur bantu diet istimewa

foto: brightside.me

Teh herbal dapat membuat badan menjadi lebih sehat. Salah satunya teh yang dapat kamu coba adalah teh kayu manis. Beberapa penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Penelitian lain juga menemukan bahwa kayu manis dapat menurunkan kolestrol. Selain teh kayu manis, teh peppermint juga membantu mengurangi nafsu makan.

2. Lakukan latihan fisik.

tidur bantu diet istimewa

foto: brightside.me

Melakukan latihan fisik dapat menghilangkan stres dan menaikan metabolisme pada tubuh sebelum tidur. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada jurnal progres in cardiovascular Disesase, kombinasi latihan kardio dan resistensi dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Penelitian lain juga menemukan bahwa berolahraga malam hari tidak akan menggangu siklus tidur.

3. Makan makanan berprotein.

tidur bantu diet istimewa

foto: brightside.me

Penelitian yang dilakukan Departemen of Human Movemment Science, Nutrim school for Nutrition, Belanda, membuktikan mengonsumsi makanan berprotein sebelum tidur dapat menjadi sumber nutrisi yang efektif. Sehingga meningkatkan keseimbangan protein pada tubuh selama tidur. Tidak ada salahnya mengonsumsi beberapa makanan sebelum tidur, selama dilakukan dengan cara yang benar.

4. Sembunyikan gadget malam hari.

tidur bantu diet istimewa

foto: brightside.me

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, orang yang terpapar sinar gadget rata-rata akan membutuhkan waktu 10 menit lebih lama untuk tidur, sehingga akan bangun dengan kondisi lelah karena kurang tidur. Cobalah untuk menghindari gadget 2 jam sebelum tidur. ganti gadget kamu dengan buku, sehingga kamu mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

5. Tidur dan bangun di waktu yang tepat.

tidur bantu diet istimewa

foto: brightside.me

Jadwal tidur yang tidak teratur sering kali dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang berlebihan. Dengan mengatur jam tidur yang sama setiap harinya dapat menurunkan berat tubuh kamu. Menurut penelitian yang dilakukan oleh profesor Bruce Baily, mereka yang memiliki pola tidur yang baik akan memiliki berat lebih sehat. Riset menunjukan tidur kurang dari 6,5 jam atau lebih dari 8,5 jam dapat membuat tubuh memproduksi lemak yang lebih tinggi.

6. Minum jus anggur.

tidur bantu diet istimewa

foto: brightside.me

Menurut penelitian, buah beri, salah satunya anggur, ternyata dapat membantu untuk membakar kalori berkat zat khusus yang disebut resveratrol. Saat kamu tidur, resveratrol mengubah lemak putih menjadi lemak krem sehingga membuat tubuh tetap hangat. Jadi, minum segelas jus anggur sebelum tidur akan membantu kamu untuk membuang lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Sebaiknya gunakan jus anggur segar untuk menghindari asupan gula yang berlebihan.

7. Tidur dengan suhu dingin.

tidur bantu diet istimewa

foto: brightside.me

Para ahli merekomendasikan untuk menjaga suhu kamar sekitar 18 derajat Clcius. Penelitian telah menunjukan, bahwa lingkungan yang dingin mengaktifkan sel-sel lemak yang bertanggung jawab atas termoregulasi. Ketika kamu tidur dengan suhu ruangan yang dingin, tubuh kamu secara tidak langsung membakar lebih banyak energi untuk mempertahankan tubuh tetap hangat.

reporter: mgg/gusti ridani