Brilio.net - Calon Presiden Prabowo Subianto kembali menjadi sorotan. Melalui pidatonya di hadapan ribuan jamaah Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Jalan Ronggowarsito, Kota Solo, pada Minggu (23/12) kemarin, Prabowo salah menyebut lokasi Haiti berada di Benua Afrika.

Dalam pidatonya ia menyebutkan bahwa Indonesia masih setingkat dengan negara miskin di Benua Afrika seperti Rwanda, Haiti, dan pulau kecil lainnya.

"Kita (Indonesia) setingkat dengan negara miskin di Benua Afrika, ada Rwanda, Haiti dan pulau-pulau kecil Kribati, yang kita tidak tahu letaknya di mana," ujar Prabowo.

Mengetahui pernyataan Prabowo tersebut, banyak warganet melayangkan protes lantaran faktanya Haiti berada di Benua Amerika dan bukannya di Benua Afrika.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Republik Haiti sendiri merupakan sebuah negara di Karibia yang meliputi bagian barat pulau Hispanola dan beberapa pulau kecil lainnya di Laut Karibia. Haiti juga merupakan negara kedua yang berhasil merdeka di Benua Amerika setelah Amerika Serikat. Gempa hebat yang memporak-porandakan Haiti pada tahun 2009 cukup memengaruhi ekonomi negara mereka. Namun, negara ini masih menjadi salah satu produsen gula terpenting di dunia.

Video itu pun viral di Twitter, dan banyak warganet yang melayangkan kritikan kepada Prabowo. Mereka menyayangkan adanya kesalahan dalam menyebutkan Haiti sebagai negara yang berada di Benua Afrika.

"Kabarnya sekarang semua penduduk Haiti sedang mendayung negara mereka menuju Benua Afrika," tulis @ariekriting.

"Orang ini ko bisa sih jadi capres. baru tahu Haiti itu di afrika," tulis @saiful_ mujani.

"Haiti letaknya di Amerika Utara dan Kepulauan Kiribati ada di samudra Pasifik," terang @rubykholisah.

Beberapa warganet menyangkan sikap Prabowo dalam pidatonya seperti menjelekkan Indonesia.

"Menghafal pelajaran geografi memang tidak mudah, lebih mudah mencela negeri sendiri sepertinya...disinilah saya merasa sedih," tulis @8bungabening8

(brl/pep)