Brilio.net - H. Mohammad Hatta adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga Wakil Presiden Indonesia pertama. Bapak Koperasi ini lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 dan meninggal dunia pada 14 Maret 1980 di Jakarta.

Kiprahnya di bidang politik dimulai saat ia terpilih menjadi bendahara Jong Sumatranen Bond wilayah Padang tahun 1916. Sampai pada tahun 1921 Bung Hatta menetap di Rotterdam, Belanda dan bergabung dengan sebuah perkumpulan pelajar tanah air yang ada di Belanda, Indische Vereeniging yang kemudian menjadi organisasi pergerakan kemerdekaan dengan nama Perhimpunan Indonesia (PI).

Pada 18 November 1945, Bung Hatta menikahi seorang perempuan bernama Rahmi di sebuah villa di Megamendung, Bogor. Dari pernikahan tersebut pasangan ini dikaruniai tiga orang anak.

Nah, bagaimana sih kisah cinta Bung Hatta hingga bisa menikah dengan Rachmi. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber tentang kisah cinta Bung Hatta.

Sepanjang hidupnya, Hatta memang hanya memiliki satu orang istri, Rahmi yang akrab disapa Yuke. Usia Hatta dan Yuke yang terpaut 24 tahun, kata Abah Alwi, tidak membuat hubungan keduanya kaku. Saat dinikahi Hatta, Yuke baru berusia 19 tahun.

Loading...

1. Berjanji tak menikah sebelum Indonesia Merdeka.

v © 2017 brilio.net-foto: Cas Oorthuys/Fotoleren

Suasana keprihatinan terhadap bangsa ini, membuat Hatta tak tega meninggalkan perjuangan sejenak pun hanya untuk menikah. Sehingga ia berjanji tidak akan menikah sebelum Indonesia. Dan sumpah itu akhirnya diwujudkan, yakni menikah setelah Indonesia merdeka dan dia menjadi Wakil Presiden.

2. Bung Karno melamar Yuke untuk Bung Hatta.

v © 2017 brilio.net-foto: facebook.com/NTDpage-

Rachmi, istri Bung Hatta dikenal dengan nama Yuke. Sukarno, yang waktu itu menjabat Presiden sekaligus teman Bung Hatta mendatangi rumah orangtua Yuke. Ditemani R. Soeharto, Bung Karno datang untuk melamar Yuke untuk Bung Hatta. Abdul Rachim, ayah dari Yuke pun menyetujui lamaran itu setelah berbicara langsung dengan Yuke.

3. Usia mereka terpaut 24 tahun.

v © 2017 brilio.net

Bung Hatta menikah saat berusia 43 tahun pada 18 November 1945. Sementara Rachmi berusia 19 tahun. Sehingga usia mereka selisih 24 tahun. Namun demikian kisah cinta mereka tidak pernah menemui kendala hingga keduanya dipisahkan oleh maut.

4. Mas kawin berupa buku berjudul Alam Pikir Yunani.

v © 2017 brilio.net

Pernikahan Bung Hatta dan Rachmi adalah pernikahan yang sangat sederhana. Keduanya hanya difoto saat berdiri berdua seusai akad nikah. Pada momen spesial itu, Hatta memberikan Rachmi mas kawin yang luar biasa, yaitu buku hasil karyanya sendiri. Buku tersebut berjudul Alam Pikiran Yunani.

Buku tersebut ditulis dalam masa-masa terberat Hatta, dan Hatta ingin menghadiahkannya pada wanita yang kelak akan menjadi sahabat hidupnya hingga akhir hayatnya.

5. Dijodohkan dengan perempuan lain.

v © 2017 brilio.net

Hatta pernah dijodohkan dengan Nelly, putri dari Mak Eteb Ayub, pengusaha Minang yang sudah seperti ayah angkat bagi Hatta. Kedekatan Hatta dengan Mak Eteb Ayub memang istimewa. Ayub mendukung kehidupan Hatta saat bersekolah di Batavia hingga Rotterdam, Belanda. Namun perjodohan itu gagal karena Bung Hatta bersikukuh untuk tidak menikah sebelum Indonesia merdeka.