Brilio.net - Jika sudah punya polis asuransi jiwa berarti sepakat bahwa memang perlu sedia payung sebelum hujan. Ini sangat penting karena memproteksi keluarga dalam jangka panjang, menjaga tata kelola keuangan, dan menciptakan jaring pengaman dari risiko tidak terduga, seperti meninggal dunia atau kecelakaan yang mengakibatkan cacat tetap.

Jika sudah diasuransikan maka jika terjadi risiko kehidupan ada Uang Pertanggungan (UP) untuk Ahli Waris yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kelangsungan hidup mereka.

Pada Hari Asuransi Nasional 2023 ini, Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto berbagi tips yang dapat jadi panduan jika ingin membeli asuransi jiwa.

Tentukan jumlah Uang Pertanggungan (UP) yang dibutuhkan.

UP adalah sejumlah uang yang akan diberikan pihak asuransi kepada Tertanggung atau Ahli Waris (jika Tertanggung meninggal dunia). Jangan asal memilih asuransi jiwa tanpa mempertimbangkan besaran UP yang nantinya bermanfaat bagi keluarga.

Jika ingin mendapat UP maksimal dengan premi minimal dapat mempertimbangkan asuransi tradisional Namun, jika ingin berasuransi sekaligus berinvestasi bisa mempertimbangkan asuransi unit link. Hasil investasinya bersifat berfluktuasi tergantung kondisi pasar. Jika kondisi bagus bisa menikmati hasil investasi yang lebih tinggi dari tabungan biasa, tetapi UP pada asuransi unit link tergolong rendah atau lebih kecil dari asuransi jiwa tradisional.

“Saat mendiskusikan UP dengan agen asuransi, sampaikan informasi jumlah pendapatan, jumlah anggota keluarga yang ditanggung dan diskusikan juga perkiraan nafkah minimal yang akan dibutuhkan keluarga per bulan dalam kurun waktu tertentu dan biaya yang dibutuhkan sampai anggota keluarga atau anak bisa mandiri,” sebut Yan.

Besaran premi sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Premi adalah jaminan bahwa polis tetap berlaku hingga nantinya jika terjadi risiko yang dapat ditanggung sesuai ketentuan polis maka UP dapat cair. Jika disiplin melakukan perencanaan keuangan akan lebih mudah bagi untuk memutuskan besaran premi karena sudah menghitung dan memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar cicilan, menabung, dana darurat, dan kebutuhan masa depan.

Siapa yang menjadi tertanggung.

Tertanggung adalah orang yang mendapatkan jaminan kerugian dari perusahaan penyedia asuransi jiwa ketika terjadi risiko. Idealnya yang menjadi tertanggung adalah yang memiliki nilai ekonomi atau pencari nafkah utama.

Alasan Sequis selalu menyuarakan pentingnya asuransi jiwa © 2023 brilio.net

foto : Istimewa

Memilih manfaat yang tepat.

Ada berbagai produk asuransi jiwa yang menawarkan manfaat yang beragam. Biasanya produk asuransi jiwa dapat ditambahkan dengan asuransi pelengkap (rider). Pilihlah asuransi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa depan serta kesanggupan membayar premi.

Saat ditawarkan asuransi, kamu dapat menanyakan secara detail apa saja manfaat yang disediakan termasuk manfaat bila terjadi kecelakaan, yakni apakah ada penggantian biaya medis jika terjadi kecelakaan.

Klaim yang mudah

Klaim adalah tujuan kenapa kita memiliki polis. Untuk itu, nasabah wajib membayar premi sesuai waktu yang ditentukan agar bisa mendapatkan perlindungan asuransi berupa UP. Tanyakan pada agen asuransi perihal cara mengajukan klaim, di mana bisa mengakses formulir pengajuan klaim, dan apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim.

“Setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan dalam pengajuan klaim. Umumnya, ada sejumlah dokumen yang harus disiapkan oleh ahli waris, seperti dokumen identitas dan surat pengantar dari lembaga formal, misalnya dari rumah sakit, pengadilan, dan atau kepolisian, formulir pengajuan klaim, form surat kuasa dari ahli waris, serta Surat Keterangan Ahli Waris”, sebut Yan

Layanan service center

Service center perusahaan asuransi haruslah mudah dihubungi dan petugas dapat memberikan informasi dengan cepat dan serta akurat saat nasabah mencari tahu informasi polis asuransinya atau saat mengajukan klaim.

Tanyakan pada agen asuransi mengenai daftar kontak dan alamat service center untuk memastikan lokasinya dapat dijangkau saat menyampaikan dokumen klaim. Jika perusahaan asuransi tersebut sudah memiliki aplikasi sendiri, tanyakan layanan apa yang disediakan dalam aplikasi tersebut.

Memiliki izin dari OJK

Jangan lupa untuk mencari tahu apakah perusahaan asuransi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar tidak ada risiko kecurangan yang terjadi.

“Asuransi jiwa adalah sekoci keuangan keluarga untuk mengamankan aset karena risiko meninggal dunia pada pencari nafkah bisa berdampak berkepanjangan pada perekonomian dan sosial anggota keluarga. Memiliki asuransi jiwa juga akan membantu kita mendapat ketenangan dan lebih optimis mencapai cita-cita sebab sudah menyiapkan warisan bagi keluarga,“ tutup Yan

Sequis memiliki beragam produk asuransi jiwa yang cocok untuk berbagai kebutuhan, beberapa diantaranya SequislinQ Path Protector dan Sequis Super Protector Insurance. Informasi kedua produk ini bisa ditemukan di sequis.co.id Jika ingin mendapatkan penjelasan tentang perencanaan keuangan hingga bagaimana produk asuransi jiwa dari Sequis dapat melindungi keluarga, bisa dengan klik fitur “Find Agent” yang ada di sequis.co.id.

Literasi keuangan ini merupakan dukungan terhadap program Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) demi tercapainya keuangan inklusif hingga 90% pada tahun 2024. Salah satunya adalah masyarakat dapat mengakses produk dan layanan asuransi jiwa dan kesehatan yang berkualitas serta terjangkau dengan dengan cara yang mudah dan dapat diakses secara luas serta memeriahkan Hari Asuransi Nasional