Brilio.net - Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia dengan membawa 1.500 orang tentu saja diikuti pengawalan yang sangat ketat. Melalui siaran persnya,Traffic Management Centre (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya mengimbau warga DKI untuk mengatur perjalanannya lebih awal guna mengantisipasi kemacetan sebagai dampak sterilisasi lalu lintas demi mengawal Raja Salman beserta rombongan.

TMC menjelaskan, tempat-tempat acara yang akan dikunjungi antara lain, Istana Bogor, Masjid Istiqlal, Gedung DPR dan beberapa tempat sekitaran Kuningan, Menteng yang belum dikonfirmasikan. "Rombongan delegasi akan mulai berdatangan di Bandara Halim Perdanakusuma pada Selasa, 28 Februari 2017. Rombongan kerajaan dan delegasi akan menggunakan beberapa hotel di sekitar kedutaan besar Saudi Arabia di Kuningan, antara lain, Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Hotel JW Marriott, dan Hotel Raffles," dikutip dari keterangan tertulis TMC, Selasa (28/2).

Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya akan mulai meningkatkan jumlah personel pengamanannya di titik-titik strategis sekitaran, Halim Perdanakusuma, Jalur Jagorawi sampai Bogor Kota, MT Haryono, Gatot Soebroto, Kuningan, Semanggi, Sudirman, Thamrin, Medan Merdeka Selatan-Barat-Utara-Timur, Lapangan Banteng, Juanda, dan Pasar Baru.

Hari ini, sebagian delegasi sudah tiba di Indonesia via Bandara Halim Perdanakusumah sebanyak 400 orang yang diangkut empat penerbangan Saudi Airlines secara bertahap. Mereka sudah tiba tiba pukul 09.00 WIB, disusul sore hari dan dini hari dan langsung menuju Hotel Raffles setelah mendarat.

Dalam kunjungan orang nomor satu di negeri Al Jazeera ini, diperkirakan akan ada iring-iringan mobil sekitar 400 unit. Saat ini, diketahui sudah ada 360 unit mobil yang disewa delegasi Arab Saudi terpakir di Parkir Timur Senayan.

Ketua Perkumpulan Pengusaha Rental Indonesia (PPRI) Ponco Seno mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan 360 unit mobil mewah berjenis Mercedes Benz, Alphard, Land Rover, dan Lexus. "Ada sekitar 200-an Mercy, sisanya ada macam-macam jenis seperti Alphard, Land Rover, dan Lexus. Mobil-mobil ini sudah dipesan Kedutaan Besar Arab Saudi sejak sebulan lalu," ungkap Ponco.