Brilio.net - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz hari ini Rabu (1/3) dan Presiden Joko Widodo beserta rombongan akan bertandang ke Istana Bogor. Sesuai rencana selama di Istana Bogor, selain membicarakan hubungan bilateral, Raja Salman juga melakukan penanaman pohon di area istana.

"Tempatnya masih belum tahu, kemungkinan antara di halaman Istana Bogor atau sekitar Kebun Raya Bogor, pasti juga akan ditemani beberapa pangeran," ujar Staf Protokoler Istana Bogor, Cecep Koswara.

Kebun Raya Bogor diharapkan bisa memberi nuansa kesejukan dan ketenangan bagi Raja Salman yang baru tiba di Indonesia. Kebun botani yang juga digunakan sebagai tempat penelitian dan konservasi ini adalah salah satu tempat wisata kebanggaan Kota Hujan. Setiap hari, kebun seluas 87 hektare punya koleksi 15 ribu tanaman.

Sementara itu Raja Salman juga dijadwalkan akan ke Masjid Istiqlal Jakarta Kamis (2/3. “Istiqlal sudah siap menyambut Raja Salman. Nantinya Raja Salman bakal masuk lewat pintu Al Malik yang biasa digunakan untuk Presiden,” terang Kepala Sub Bidang Pemeliharaan Gedung dan Teknik Masjid Istiqlal Syaiful Haq.

Ruangan Al Malik dipercantik dengan menambah sekitar tujuh kursi berwarna hitam. “Di sana Raja Salman akan beristirahat. Setelah itu Raja Salman dan rombongan melakukan meeting di ruangan yang ada persis di dekat ruangan singgah,” tambahnya.

Di Istiqlal akan disambut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Pimpinan Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), dan Imam Besar Istiqlal, Nasaruddin Umar. “Nanti akan ada lift khusus untuk beliau. Lift-nya nanti akan membantu Raja Salman naik ke lantai utama,” kata Syaiful.