×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jokowi usul jurusan spesialis meme di SMK, penting bagi anak muda?

View Image

0

BRILIO » Serius

Jokowi usul jurusan spesialis meme di SMK, penting bagi anak muda?

Dunia meme, dunia anak muda.

31 / 07 / 2017

Brilio.net - Presiden Joko Widodo saat peluncuran pendidikan vokasi di Bekasi, Jawa Barat (28/7/2017) menuturkan perlunya jurusan meme di Sekolah Kejuruan. Meski terkesan sebagai lelucon, apa yang diungkapkan Presiden Jokowi agar ada jurusan animasi spesialis membuat meme, boleh dibilang ide yang serius.

Pasalnya, meme adalah tren masa kini yang banyak dibikin oleh anak-anak muda. Meme menjadi tren ketika banyak isu-isu publik yang dibahas secara serius, namun oleh meme, isu-isu itu dijadikan bahan lelucon.

Dilansir dari Lifewire, meme adalah ide atau konsep yang dituangkan dalam bentuk foto, video, gif, etc dengan tambahan caption yang biasanya bernada kritikan, sarkasme atau hanya sebatas hiburan. Hasilnya kemudian di-share ke media sosial. Saat ini banyak website yang membagikan sebagian besar meme kepada followers-nya, sebut saja 9gag dan buzzfeed.

Istilah yang ditemukan oleh Richard Dawkins ini pertama kali muncul dalam bukunya The Selfish Gene pada tahun 1976. Buku ini pada dasarnya terkait teori Darwin mengenai evolusi. Dawkin menjelaskan bagaimana sebuah informasi diproses berulang-ulang dengan tambahan variasi yang sebelumnya telah diseleksi. Menurutnya informasi yang dimaksud disini adalah genetik. Misalnya, seorang anak merupakan 'replika' dari kedua orang tuanya namun dengan perubahan atau tambahan beberapa karakteristik yang telah diseleksi yang membuatnya tidak betul-betul mirip salah satu dari kedua orang tuanya.

Ide ini yang kemudian menjadi cikal-bakal meme di mana sebuah informasi disebarkan dan di'replika'kan namun diubah dalam beberapa hal untuk sesuai maksud dan budaya yang dituju.

Loading...

Di Indonesia, generasi muda menduduki peringkat tertinggi akes internet. Netizen dengan umur antara 20-29 tahun mengisi 80% dari seluruh jumlah netizen menurut hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Dengan banyaknya presentase generasi muda di dunia maya maka bukan hal yang mengherankan jika ada banyak sekali meme yang bertebaran di media sosial.

Oleh karena itu, usulan Presiden Jokowi boleh dimaknai sebagai lelucon, namun bisa didiskusikan dengan serius. Karena faktanya anak muda banyak menjadi konsumen sekaligus produsen meme.

Nah, berikut 5 alasan kenapa anak muda dekat dengan dunia meme.

1. Relatable.

Meme Anak Muda © 2017 brilio.net

Sebuah meme biasanya bertuliskan caption yang untuk sebagian orang dianggap tidak penting. Walaupun begitu, fakta-fakta yang ditulis dalam meme ini biasanya diambil dari hal-hal kecil dari kehidupan sehari, misalnya meme "ketika bangun tidur..." atau "momen ketika...". Isu-isu keseharian yang dialami tentu menjadi daya tarik tidak hanya untuk anak muda tetapi lintas umur.

2. Membentuk komunitas

Meme Anak Muda © 2017 brilio.net

Meme yang diposting ternyata dapat menjadi alat yang menghubungkan satu netizen dengan yang lain. Katakanlah meme tentang motor dapat memperkenalkan para pecinta motor atau bahkan menyatukan anti-motor gede misalnya. Dengan mengetahui akun mana saja yang sering membagikan meme yang sesuai dengan interest mereka, anak muda banyak yang kemudian saling mem-follow akun-akun terkait.

3. Sarana informasi

Meme Anak Muda © 2017 brilio.net

Banyak informasi baru yang ditemukan lewat meme lho. Misalnya gaya hidup masyarakat sebuah negara atau daerah, yang dijadikan bahan misalnya. "Selamat datang di Indonesia". Dengan jutaan meme yang tersebar luas di internet, tentunya berbagai informasi yang bisa ditemukan. Apalagi informasi yang diberikan lebih singkat dengan unsur humor, tidak seperti buku pelajaran dengan tulisan baku dan panjang.

4. Media komunikasi

Meme Anak Muda © 2017 brilio.net

Banyak anak muda yang mengalami trauma untuk menyampaikan pendapat mereka di depan umum atas berbagai alasan. Dianggap masih anak-anak misalnya. Salah satu jalan keluarnya adalah dengan melampisakannya di meme. Selain itu, ada yang menggunakan meme untuk membalas chat, menanggapi postingan di media sosial atau bahkan untuk kasih clue ke orang yang lagi didekati.

5. Cuma untuk lucu-lucuan

Meme Anak Muda © 2017 brilio.net

Biasanya buat anak muda yang lagi banyak-banyaknya waktu luang atau lagi butuh hiburan, meme-meme yang diposting netizen bisa menjadi salah satu alat untuk sekedar mengisi waktu luang atau menaikkan mood yang sempat turun. Meme memang entah untuk maksud apapun biasanya dibuat sehumoris mungkin entah dengan caption yang unik atau dengan gambar yang duh banget. Konsep yang ditulis ada yang tentang parodi, misalnya parodi keluarga Khong Guan, ada tentang kisah percintaan, dan lainnya.

Ternyata meme bukan hanya sebuah foto dengan caption usil tapi juga menjadi dunia baru anak muda baik di dunia maya maupun dunia nyata. Iya kan?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more