Brilio.net - Hari Jumat merupakan hari paling istimewa dibandingkan enam hari lainnya bagi umat Islam. Jumat menjadi hari yang sangat penting dalam ajaran Islam. Bahkan, ada berbagai kejadian penting yang terjadi di hari Jumat.

Karena keistimewaannya tersebut, ada beberapa amalan sunah yang penting dilakukan saat hari jumat. Amalan sunah ini tentu akan membawa keutamaan dari keistimewaannya pada hari Jumat. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

"Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR. Muttafaqu Alaih)

Dalam risalah yang berjudul Al-Lum'ah fi Khasha'ishil Jumuah, Imam Jalaludin As-Suyuthi memasukkan amalan memperbanyak baca sholawat nabi sebagai salah satu kekhususan hari Jumat.

Seorang muslim yang membaca sholawat kepada Nabi Muhammad sama seperti memohon atau berdoa kepada Allah untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam agar selalu dilimpahkan keberkahan dan keselamatan.

Bahkan memperbanyak membaca sholawat diyakini dapat mempermudah terkabulnya hajat yang diinginkan oleh seseorang. Pada dasarnya tujuan membaca sholawat adalah agar di akhirat nanti seorang muslim mendapatkan syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dalam suatu hadits Rasulullah bersabda:

"Apabila salah satu di antara kamu (manusia) membaca sholawat, sebaiknya diawali dengan mengagungkan nama Allah ta'ala dan memujinya, setelah itu barulah membaca sholawat kepada nabi, setelah itu barulah dapat berdoa sesuai doa yang dinginkan." (HR.Ahmad, Abu dawud dan tirmidzi)

Merujuk pada kitab Al-Lum'ah fi Khasha’ishil Jumuah, Al-Hafizh As-Suyuthi menyebutkan beberapa hadits yang menunjukkan betapa besar keutamaan amalan memperbanyak baca sholawat nabi pada hari Jumat, di antaranya adalah yang diriwayatkan oleh Aus bin Aus, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah Hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptaan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. Oleh karena itu perbanyaklah membaca sholawat kepadaku pada hari Jumat, karena sholawat kalian akan dipersembahkan kepadaku."

Dari Abi Umamah Rasulullah juga bersabda:
"Perbanyaklah kalian membaca sholawat kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak membaca sholawat atasku, maka dia paling dekat kepadaku kedudukannya."

Loading...
2 dari 2 halaman

Keistimewaan membaca sholawat di hari Jumat.

foto: freepik.com



Dari beberapa hadits yang telah disebutkan, menunjukkan bahwa Rasulullah menganjurkan umat Islam untuk bersholawat ketika hari Jumat. Berikut 10 keistimewaan membaca sholawat di hari Jumat, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (17/9).

1. Mendapat syafa'at di hari kiamat.

Seorang muslim yang membaca dan mengamalkan sholawat pada hari Jumat maka dirinya akan mendapatkan syafa'at kelak saat hari kiamat tiba. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa bersholawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa'atku pada hari kiamat nanti." (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah 'alan Nabiy no. 50, Ismail bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

2. Dibacakan sholawat oleh Rasulullah.

Rasulullah bersabda:
"Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka sholawatnya akan sampai kepadaku, dan aku akan membaca sholawat untuk dirinya. Selain itu akan dituliskan sepuluh kebaikan untuk dirinya." (HR Thabrani)

3. Allah akan membalas sholawat hambanya sebanyak 10 kali.

Barangsiapa yang bersholawat untuk nabi ketika hari Jumat, maka Allah akan membalasnya dengan bersholawat sebanyak 10 kali untuk seseorang yang bersholawat dengan hati ikhlas. Rasulullah bersabda:

"Perbanyaklah kalian membaca sholawat kepadaku pada hari dan malam Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali."

4. Namanya akan disebut malaikat di kehadirat nabi.

Barangsiapa bersholawat ketika hari Jumat, maka malaikat akan menyebut nama orang tersebut di kehadirat nabi. Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa membaca sholawat untukku, maka para malaikat akan senantiasa membaca sholawat untuknya selama orang tersebut membaca sholawat untukku." (HR Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah).

5. Dikabulkan seluruh hajat keinginannya.

Seorang muslim yang senantiasa membaca dan mengamalkan sholawat pada hari Jumat maka Allah akan mengabulkan hajat-hajatnya, baik kebutuhan di akhirat maupun di dunia. Diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah bersabda:

"Barang siapa bersholawat kepadaku di hari Jumat 100 kali, maka Allah akan mengabulkan baginya 100 hajat (kebutuhan), yang 70 dari kebutuhan akhirat dan 30 dari kebutuhan-kebutuhan duniawi. Dan Allah membebankan sholawat tersebut kepada malaikat hingga menghaturkannya ke kuburanku, layaknya (cahaya) hidayah yang masuk kepada kamu sekalian, dan malaikat memberi tahu akan namanya, kemudian aku menetapkannya di sampingku di dalam lembaran yang putih bersih, dan dengan sholawatnya, aku mencukupinya (memberi syafaat) kelak di hari kiamat."

6. Mendapat ampunan dosa.

Dengan bersholawat setiap hari, maka seorang muslim akan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang ia perbuat secara sengaja ataupun tidak disengaja.

"Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca sholawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diri-Nya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut." (HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani).

7. Dinaikkan derajatnya.

Yang terbanyak membaca sholawat, khususnya pada hari Jumat maka derajat kedudukannya akan lebih dekat kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa membaca sholawat satu kali untukku, maka Allah akan menuliskan sepuluh kebaikan untuknya, menghapuskan sepuluh keburukan darinya, mengangkat sepuluh derajat baginya, dan ia bagaikan (memerdekakan) sepuluh hamba sahaya." (HR Ibnu Abi Ashim).

8. Berada di dekat Rasulullah saat hari kiamat.

Seorang muslim yang semasa hidupnya rajin membaca sholawat terutama di hari Jumat, maka kelak saat hari kiamat tiba, dirinya akan berada paling dekat dengan Rasulullah. Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

"Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-).

9. Meningkatkan keimanan.

Bersholawat di hari Jumat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keimanan. Dengan demikian maka tentu akan semakin tebal dan kuat iman seseorang hamba-Nya. Karena sholawat dapat mengingatkan seseorang pada kekuasaan Allah.

10. Bentuk ketaatan kepada Allah.

Membaca sholawat menjadi bentuk ketaatan seseorang kepada Allah, sebagaimana menghadapi musibah dalam Islam. Apalagi di hari Jumat yang istimewa, maka akan semakin menunjukkan ketaatan seseorang pada Allah dan meneladani Rasulullah.