Brilio.net - Pusat perbelanjaan modern atau mall sudah menjamur hampir di seluruh penjuru Indonesia. Kini mall menjadi salah satu destinasi yang banyak didatangi orang. Baik itu untuk berbelanja maupun nongkrong.

Di balik kemegahan bangunan mall, ternyata ada sisi kelam yang mengiringi pembangunan gedung bertingkat tersebut. Sisi kelam ini dibumbui dengan suasana mistis yang bikin bulu kuduk merinding. Cerita horor yang berkaitan dengan mall ini pun terus mengular dari generasi ke generasi selanjutnya.

Berangkat dari cerita turun temurun inilah, deretan mall di Indonesia ini dikenal berhantu. Di kota mana sajakah mall yang punya kisah horor di Indonesia? Berikut ini ada sembilan mall di Indonesia yang diliputi kisah horor, sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (28/9). Siap bikin kamu merinding!

1. Yogya Department Store (Mall Klender) - Jakarta.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: tatamor.com

Nama Yogya Department Store atau mall di kawasan Klender ini memang dikenal sebagai mall berhantu. Mall yang ada di Jakarta Timur ini punya sejarah kelam di mana menjadi tempat kematian massal saat tragedi Mei 1998. Konon, Mall Klender ini sengaja dibakar oleh oknum, sementara pada saat itu mall tersebut masih banyak pengunjung dan karyawan.

Kebakaran tersebut memakan banyak korban jiwa. Usai kebakaran, banyak orang yang mengaku mengalami hal mistis seperti melihat penampakan sosok gaib, mendengar suara minta tolong, dan lain-lain. Sampai saat ini, bangunan pusat perbelanjaan ini pun masih berdiri kokoh. Mall yang dulunya ramai dikunjungi, sekarang berubah 180 derajat menjadi sepi.

2. HERO Swalayan (XXI Empire) - Yogyakarta.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: apanih.com

Masyarakat asli Yogyakarta pasti tahu banget cerita horor yang melingkupi gedung yang kini ditempati Bioskop Empire XXI. Dahulu lahan bioskop tersebut dibangun berdiri gedung berlantai dua terdiri atas Swalayan Hero dan Bioskop Empire 21. Sementara di samping gedung ada bioskop Reagant.

Pada tahun 1999, bioskop Reagant mengalami kebakaran yang mampu menghanguskan seluruh gedung. Kejadian tersebut memakan korban jiwa di mana 15 korban melayang. Usai kejadian tersebut, gedung tersebut dibiarkan terbengkalai kurang lebih 10 tahun. Hingga akhirnya kembali dibangun menjadi gedung bioskop seperti saat ini. Gedung bioskop ini dipenuhi cerita mistis terlebih saat nonton di jam-jam tengah malam atau midnight.

3. Mega Mall (Supermall Karawaci) - Tangerang.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: imgrum.org

Pada tahun 1998, tak hanya Mall Klender yang menjadi sasaran pembakaran bangunan. Mega Mall atau Supermall Karawaci di Tangerang juga menjadi saksi bisu kerusuhan 1998. Mall tersebut menjadi lokasi penjarahan sekaligus kerusuhan hingga pembakaran.

Mega Mall ini menjadi mall pertama di kawasan Tangerang. Tak heran apabila banyak orang datang ke mall. Saat kejadian berlangsung, kondisi mall ramai. Sementara para oknum penjarah ini begitu beringas mengambil barang-barang mewah hingga membakarnya.

4. Delta Plaza - Surabaya.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: tripadvisor.com

Salah satu mall di Surabaya dikenal punya cerita horor yang mengiringi perjalanannya. Mall megah di Jalan Pemuda Surabaya, Delta Plaza Surabaya ini ternyata punya kisah menyeramkan. Gedung perbelanjaan ini tahun 1980-an merupakan sebuah rumah sakit bernama Rumah Sakit Simpang atau Centrale Burgerlijke Ziekenhuis (CBZ).

Rumah Sakit Simpang menjadi rumah sakit yang menangani korban pertempuran di Surabaya. Konon kisah seram ini bermula dari adanya suster atau perawat yang tewas terjepit lift. Arwah dari perawat ini pun sering menampakkan diri. Tak sedikit orang yang menyebut arwah gentayangan sebagai suster gepeng. Selain itu, muncul pula penampakan sosok perempuan berbaju putih di pohon dekat gedung.

5. Mitra Plaza - Banjarmasin.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: wrong-dimension.blogspot.co.id

Mitra Plaza di Banjarmasin, Kalimantan Selatan menjadi saksi bisu dari kerusuhan Mei 1997 silam. Kejadian yang terjadi pada 23 Mei 1997 ini menjadi hari penuh darah usai dilaksanakannya kampanye pemilu legislatif. Konflik antarpendukung partai pun tak terbendung hingga menimbulkan korban jiwa.

Tak hanya kucuran darah yang muncul, beberapa bangunan ibadah seperti gereja, sekolah, rumah panti jompo, kantor pemerintahan, hingga mall Mitra Plaza jadi amukan masa. Gedung-gedung tersebut dibakar masa dan dijarah. Ratusan pengunjung mall pun menjadi korban kebakaran. Bermula dari tragedi tersebut, gedung yang kini masih menjadi mall ini pun diwarnai dengan nuansa horor.

6. Slipi Jaya Mall - Jakarta.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: bangdivo.blogspot.co.id

Salah satu mall di bilangan Slipi Jakarta Barat ini sekilas tampak seperti bangunan umum lainnya. Di balik gedung yang megah ini menyimpan cerita-cerita horor yang bikin bulu kuduk merinding. Seperti mall sebelumnya, Slipi Jaya Mall juga menjadi sasaran kerusuhan tahun 1998. Konon makhluk gaib yang suka muncul ini adalah arwah korban kerusuhan. Tak hanya satu cerita, banyak cerita yang muncul dari mulut ke mulut di mana mereka menyaksikan bagian tubuh manusia yang terbakar di mall.

7. Ambarukmo Plaza - Yogyakarta.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: info-jogja.com

Mall besar di Yogyakarta, Ambarukmo Plaza atau akrab disebut Amplaz ini dulunya adalah tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Tempat tersebut dulunya bernama Pesanggrahan Ngambarrukmo. Sebelumnya, lahan tersebut seperti hutan belantara namun seiring perkembangan zaman, mulai dibangun gedung.

Sejak awal didirikan, Mall Amplaz ini telah memakan banyak korban jiwa. Konon ada yang menyebut para korban dimakamkan di dekat fondasi bangunan mall. Kini usai kejadian tersebut, tak sedikit orang yang sempat melihat penampakan makhluk gaib di Amplaz.

8. Royal Plaza - Surabaya.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: royalplazasurabaya.com

Mall Royal Plaza yang ada di Surabaya ini selama proses pembangunannya banyak memakan korban jiwa. Mall modern ini menyimpan banyak kisah yang menyeramkan penuh misteri. Dirunut ke belakang, dahulu ada bangunan hotel Beringin Permai yang terbengkalai. Berawal dari situ, mulai muncul kisah-kisah misteri di mana bangunan tersebut kerap dijadikan lokasi untuk mencari pesugihan dan pusaka.

Ada pula yang menyebutkan Royal Plaza ini merupakan istana hantu yang sangat mengerikan. Dahulu di sekeliling gedung banyak tumbuh ilalang yang kerap muncul penampakan orang berbaris bak karnaval jubah hitam. Setelah diamati lagi, sosok tersebut hilang dari peredaran.

9. Sun Plaza - Medan.

9 Mall di Indonesia ini diliputi kisah horor yang bikin kamu merinding berbagai sumber

foto: Istimewa

Mall di Medan ini jadi salah satu tempat angker yang ditakuti. Kisah bermula dari adanya peristiwa bunuh diri pada tahun 2006 silam. Seorang wanita terjun dari lantai empat dan akhirnya meninggal di tempat. Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014 satpam yang bertugas ditemukan tewas tertikam dalam kamar mandi.

Mall berlantai enam di Medan ini pun memberikan suasana mencekam. Banyak pengunjung merasa seolah diikuti oleh satpam padahal tidak ada sosoknya. Bukan hanya itu, pengunjung juga kerap mendengar suara-suara tak wajar. Orang-orang menyakini suara dan penampakan muncul dari arwah korban bunuh diri.


Meski kisah hantunya sudah dikenal luas, banyak orang yang merasa biasa-biasa aja saat mendatangi mall-mall tersebut. Nah, kamu ingin merasakan suasana seram mall yang bikin bulu kuduk merinding beneran? Bisa banget nih wisata misteri yang bikin jantung deg-deg ser.

Jadi buat kamu yang gemar wisata misteri, nggak perlu dateng ke deretan mall tadi untuk uji nyali. Kalau kamu pengen rasakan sensasi berada di mall berhantu, mendingan kamu ke Halloween Horror Nights (HHN) 7 di Universal Studios Singapore, Resorts World Sentosa. Dijamin kamu akan temukan sensasi horor berada di mal berhantu.

Acara yang telah digelar sebanyak tujuh kali ini siap menyuguhkan konsep rumah hantu bertema mall, yaitu rumah hantu Death Mall. Konon, Death Mall ini penuh dengan arwah pendendam yang tewas saat kecelakaan yang terjadi saat acara pembukaan mall tersebut, akibat kelalaian pada saat konstruksi.

Datang ke Halloween Horror Nights 7 sama halnya kamu akan menyusuri lima rumah hantu sekaligus pertunjukkan spektakuler yang oke banget. Dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir, kamu siap diajak merasakan suasana horor paling kelam dan paling gila yang pernah ada! Yuk, segera cari info lengkapnya di sini!