Brilio.net - Kotagede jadi salah satu daerah di Yogyakarta yang terkenal dengan nilai sejarahnya. Di sini, kamu bisa menemukan banyak bangunan yang masih mempertahankan bentuk asli yang khas lampau. Nggak salah, kalau daerah ini terkenal dengan pesonanya yang kaya akan sejarah dan kebudayaan.

Kotagede juga menghadirkan sebuah warisan tak ternilai dalam bentuk rumah bangunan kuno yang terkenal dengan sebutan Rumah Pocong Sumi. Rumah ini merupakan sebuah ikon bersejarah di tengah Kotagede dan menjadi saksi bisu dari masa lampau. Berdiri kokoh di tengah pemukiman dengan bentuk bangunan lawas, rumah ini membuat siapa pun merasa penasaran karena kisah mistis dan sejarahnya.

Rumah kuno yang terletak di Jl. Karanglo No.1, Banguntapan, Kec. Kotagede, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini memiliki model bangunan dengan gaya Eropa khas arsitektur Belanda. Dilihat dari luar, bangunan yang dibangun sejak 1860-an ini terlihat indah dengan arsitektur yang tampak kokoh dan mampu bertahan hingga kini.

sejarah dibalik rumah pocong sumi kotagede berbagai sumber

foto: Brilio.net/Devi Aristya Putri

Meski diselimuti dengan keindahan bangunan yang begitu bernilai, hunian kuno dengan sebutan Rumah Indische ini sarat akan mitos dan berkaitan dengan kemunculan sosok Pocong Sumi. Konon, sosok tak kasat mata tersebut sering menakuti-takuti orang dengan tujuan tidak baik atau jail.

"Tanggapan warga itu biasa-biasa saja, nggak ada yang komplain. Karena tetangga sendiri tidak terganggu dengan adanya ini. Kalau yang terganggu itu yah dari luar Jogja," ujar Nono, sang penjaga rumah saat ditemui di lokasi pada Minggu (7/1).