Brilio.net - Baru-baru ini viral video seorang kepala desa Gantar di Indramayu mengalami kesurupan saat berkunjung di suatu acara pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-109. Kepala desa bernama Manan tersebut menjadi salah satu tamu penting dalam acara tersebut, bersama Bupati Indramayu, yakni Taufik Hidayat.

Awalnya sang kepada desa hanya menonton tari jaipong seperti tamu lainnya. Tiba-tiba, ia menghampiri sang penari dan mengambil keris kujang yang terselip di pinggang penari.

Kepala desa kesurupan YouTube/ Hatake Dhika

foto: YouTube/ Hatake Dhika

Hal ini pun sontak membuat tamu dan masyarakat lainnya terkejut. Setelah berhasil mencabut keris kujang di pinggang penari, sang kepala desa tersebut jungkir balik dan merangkak menuju karpet berwarna merah. Kepala desa tersebut melakukan gerakan mistis serupa harimau, disertai dengan suara auman.

Loading...

Taufik Hidayat dan pejabat TNI yang ada di tempat pun terkejut dan berusaha menenangkan Manan selaku kepala desa yang sedang kesurupan. Suasana yang semula ceria mendadak panik. 

Kepala desa kesurupan YouTube/ Hatake Dhika

foto: YouTube/ Hatake Dhika

Manan sempat didudukkan oleh orang-orang agar lebih tenang, namun ia justru menolak untuk ditenangkan dan kembali berjalan seperti harimau. Ia masih terlihat bingung dan seperti bukan dirinya sendiri.

Kepala desa kesurupan YouTube/ Hatake Dhika

foto: YouTube/ Hatake Dhika

Sebagian penonton nampak panik dan histeris dengan kejadian tersebut. Namun, pihak lainnya mencoba menenangkan Manan ataupun sanak keluarganya yang panik. Video ini diunggah di channel YouTube Hatake Dhika bertajuk 'Viral, Kuwu Gantar Indramayu Kesurupan Saat Lagu Wangsit Siliwangi Dinyanyikan di Acara TMMD', pada Selasa (22/9) lalu.

foto: YouTube/ Hatake Dhika

Kejadian tersebut pun akhirnya bisa diatasi. Beberapa orang di sekelilingnya terlihat menenangkan sembari membacakan ataupun membisikkan sebuah kalimat. Tidak berapa lama, kepala desa tersebut terlihat lemas dengan mata terpejam sambil duduk dan dirangkul banyak orang. Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat juga bersyukur ketika kepala desa tersebut dapat disadarkan.

“Alhamdulillah beliau akhirnya tersadar,” ujar Taufik Hidayat.

Kepala desa kesurupan YouTube/ Hatake Dhika

foto: YouTube/ Hatake Dhika

Hal ini pun seketika menjadi viral di berbagai media sosial. Cuplikan videonya juga diunggah di Instagram oleh @ndorobeii. Baru satu jam, video berdurasi 33 detik tersebut sudah ditonton sebanyak 35,7 ribu dan mendapat ratusan komentar dari warganet.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ada-ada saja, di tengah acara ramah tamah yang dihadiri Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat usai pembukaan TMMD Ke-109, Kepala Desa Gantar, Manan tiba-tiba kesurupan. Karuan saja, peristiwa tersebut membuat Taufik dan pejabat TNI yang ada di tempat terkejut. Mulanya Taufik dan rombongan singgah di pendopo rumah Kades Manan. Ketika seorang penari jaipong menampilkan tarian bertajuk “Wangsit Siliwangi” Kades Manan tiba-tiba bangun dari tempat duduknya. Ia lalu berjalan nenghampiri sang penari seraya meraih “keris kujang” yang terselip di pinggang penari. Saat itulah Kades Manan kemudian menggelepar sembari melakukan gerakan mistis. Melihat hal itu, sejumlah orang berteriak histeris dan sebagian lainnya berusaha menenangkan sang kades. Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat dan pejabat utama Korem serta Kodim Indramayu tampak ikut menenangkan kades Manan. “Alhamdulillah beliau akhirnya tersadar,” ujar Taufik Hidayat.

A post shared by (@ndorobeii) on