Brilio.net - Nggak ada negara yang lebih kaya kebudayaannya dibandingkan Indonesia. Di tiap daerah di Tanah Air ini, selalu ada tradisi budaya yang unik dan khas. Salah satu yang mudah dikenali adalah tari tradisional. Tarian ini memiliki nilai-nilai luhur sehingga keberadaannya dilestarikan turun temurun dari nenek moyang.

Uniknya lagi, banyak dari tarian daerah itu mengandung unsur magis yang bikin orang yang melihatnya semakin geleng-geleng kepala. Biasanya nggak banyak orang yang bisa melakukan tarian seperti ini. Berikut ini sembilan tarian khas Indonesia dengan unsur mistis yang sangat kuat, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (19/10). Kalau kamu menyaksikannya, dijamin kamu bakalan bergidik dengan aksi para penarinya.

 

1. Tari Salai Jin.

tarian mistis Istimewa
foto: pinterest

Tarian khas Suku Ternate di Maluku Utara ini kental dengan aura mistis yang berwujud dalam aksi penarinya sehingga bisa langsung disaksikan. Dalam tarian ini, konon melibatkan jin. Para penarinya bakalan mengalami kesurupan dan mereka melakukan aksi-aksi ekstrem. Salai Jin biasanya ditarikan oleh penari dalam jumlah ganjil.

 

2. Tari Sintren.

tarian mistis Istimewa
foto: pinterest


Tarian ini dilakukan oleh wanita dengan mengenakan kacamata hitam. Nggak sembarang orang bisa menarikannya. Konon saat beraksi ini penari akan dirasuki sosok gaib yang dipercaya merupakan penguasa daerah Jawa, Dewi Lanjarsari.

3. Tari Seblang.

tarian mistis Istimewa
foto: osingdeles.com

Tari Seblang ini berasal dari Suku Osin di Banyuwangi. Hal mistis dalam tarian ini akan terlihat saat penarinya mengalami kerasukan roh halus. Tarian yang ada sejak 1639 ini tidak ditampilkan sembarang waktu.


4. Tari Sigale-gale.

tarian mistis Istimewa
foto: irisindonesia.com

Tarian yang berasal dari Suku Batak di Samosir ini mulanya digelar dalam suasana kesedihan Raja Batak Samosir karena anak laki-laki satu-satunya meninggal dunia. Untuk mengobati kesedihan itu, digelar tarian ini dengan properti boneka anak laki-laki. Saat ditarikan, boneka ini akan dimasuki roh halus sehingga bisa bergerak sendiri.

 

5. Tari Calon Arang.

tarian mistis Istimewa
foto: indonesiakaya

Tarian dari Pulau Dewata, Bali, ini nggak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Para penarinya harus memiliki ilmu magis karena saat tampil mereka akan menjalani prosesi ekstrem seperti ditusuk benda tajam.

 

6. Tari Sanghyang Jaran.

tarian mistis Istimewa
foto: phdi.or.id

Tarian ini biasanya ditampilkan serangkaian dengan Tari Kecak Bali. Mirip dengan Tari Calon Arang, penari Sanghyang Jaran juga menjalani aksi berbahaya seperti menusuk dirinya dengan benda tajam. Mereka juga mengalami kerasukan roh halus.


7. Tari Rentak Bulian.

tarian mistis Istimewa
foto: Istimewa

Tarian asli Kabupaten Indragiri Hulu di Provinsi Riau ini memiliki persyaratan ketat bagi para calon penarinya yang berjumlah tujuh gadis perawan dan satu perjaka. Sang penari pria akan dirasuki roh halus hingga membuatnya setengah sadar. Tarian ini dilakukan sebagai tradisi pengobatan gaib.


8. Tari Jaran Kepang (Kuda Lumping).

tarian mistis Istimewa
foto: Istimewa

Tarian ini dilakukan dengan lincah diiringi musik gamelan yang rancak. Para penarinya menggunakan kuda-kudaan dari papan. Sebagain dari penari ini akan kerasukan roh halus sehingga membuatnya melakukan hal-hal yang nggak masuk akal, seperti memakan pecahan kaca, memakan binatang hidup.

9. Tari Bedhaya Ketawang.

tarian mistis Istimewa
foto: fefy dh

Tarian ini digelar setahun sekali pada peringatan kenaikan takhta Raja Keraton Surakarta. Tarian ini dilakukan oleh sembilan wanita yang harus masih perawan dan tidak dalam masa haid. Sebelum tampil, mereka harus menjalani berbagai ritual seperti puasa. Saat tarian berlangsung, dipercaya sosok mistis Ratu Pantai Selatan akan hadir sebagai penari kesepuluh dan hanya bisa dilihat orang-orang tertentu.