Brilio.net - Kisah-kisah misteri kerap membuat orang penasaran meskipun tak jarang mereka merinding sendiri saat menonton, mendengar, atau membacanya. Baik itu misteri sebuah rumah tua, gudang angker, pemakaman bernuansa suram, bahkan sampai kapal berkisah mistis.

Cerita-cerita mistis tersebut kerap menjadi kisah turun temurun dan dipercayai masyarakat hingga sekarang. Seperti kisah-kisah horor kapal berikut ini.

Masing-masing kapal ini memiliki cerita yang bernuansa mistis. Gimana kisahnya? Berikut kisah 10 kapal yang terkenal mistis di dunia sebagaimana dilansir brilio.net dari Listamaze, Minggu (24/12).

1. Kapal hantu Caleuche.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Loading...

Kapal Caleuche merupakan cerita kapal hantu besar yang mempunyai keindahan dari mitologi Chiloe. Menurut legenda, Caleuche sering berlayar mengelilingi Pulau Chiloe pada malam hari dengan terus memainkan musik.

Banyak yang menceritakan bahwa dalam kapal Caleuche dipenuhi oleh roh-roh yang meninggal karena tenggelam di lautan. Namun penduduk asli Chiloe menganggap bahwa kapal tersebut merupakan sebuah kutukan.

2. Kaz II.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Kaz II dikenal sebagai kapal pesiar yang ditemukan melayang 163 km dari pantai utara Australia pada tahun 2007 yang lalu. Saat penemuan kapal tersebut, tidak ada tanda-tanda kru di dalam kapal. Padahal anggota kru Kaz II dikenal merupakan orang yang besar dan kuat.

Pada saat penemuan kapal oleh pihak maritim, semua sistem pada kapal berfungsi dengan baik seperti GPS, sistem darurat seperti radio, dan semua alat kendali lainnya. Walaupun banyak pihak yang berusaha mencari para kru, namun di dalam lautan tak menemukan ciri-ciri apa pun. Hingga Cryptozoologist menjelaskan bahwa kemungkinan kru telah hilang akibat serangan cumi-cumi raksasa yang sangat menyeramkan.

3. S.S Baychimo.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Kapal S.S Baychimo dikenal sebagai 'Kapal hantu Arktik' yang telah menyelesaikan hanya 9 perjalanan antara Alaska dan British Columbia sebelum dinyatakan menghilang di laut.

Dalam perjalanan terakhir S.S Baychimo pada tahun 1931, kapal ini ditinggalkan karena kondisi cuaca ekstrem, yang menyentuh minus 60 derajat Fahrenheit. Ketika seorang kru penyelamat tiba di tempat, kapal ini ditemukan hilang. Dan sejak itu ada banyak cerita aneh yang muncul dengan berbagai versi.

Semenjak kapal S.S Baychimo menghilang 38 tahun berlalu, kapal itu terlihat mengambang sendirian tanpa awak kapal di Alaska. Ini menjadi mustahil dengan kapal yang sudah tidak pernah dirawat. Namun ketika pemerintah Alaska ingin mencarinya, kapal ini kembali hilang.

4. Lady Lovibond.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Lady Lovibond sering dianggap sebagai kapal hantu paling populer yang pernah ada. Sebab kapten kapal Simon Reed pernah membawa sang istri Annette naik ke atas kapal untuk merayakan hari pernikahannya, tepat 1 hari sebelum hari Valentine.

Banyak rumor yang beredar bahwa siapa pun yang membawa wanita ke atas kapal, ia akan mengalami kesialan. Seakan mengamini rumot tersebut, sebuah tragedi pun terjadi.

Ternyata John Rivers, perwira pertama di kapal ini memendam perasaan kepada Annette. John mencintai Annette dan merasa sangat cemburu saat Simon bersama Annette.

John kemudian mengambil alih kapal dan mengarahkan kapal ke daerah yang berbahaya dan membunuh semua orang di dalam kapal. Konon Lady Lovibond akan menampakkan dirinya setiap 50 tahun sekali.

5. MV Joyita.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

MV Joyita juga dianggap sebagai kapal berhantu yang terkenal di dunia. Pasalnya kapal ini mempunyai cara pelayaran yang aneh dan menghilang secara misterius. Kapal ini merupakan kapal perdagangan yang membawa 16 awak kapal dan 9 penumpang di Pasifik Selatan tahun 1955.

Namun kapal ini menghilang saat menuju Kepulauan Tokelau. Banyak teori yang menjelaskan bahwa hilangnya kapal tersebut akibat serangan alien dan serangan bajak laut.

6. Korean Army Ghost Boats.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Terdapat 13 kapal hantu hanyut di Jepang pada tahun 2015. Perahu ini melintasi pantai Jepang dan terdapat bendera Korea Utara dengan mayat yang telah membusuk di dalamnya. Tidak ada bukti dari perjalanan terakhir mereka. Banyak cerita bermunculan bahwa salah satunya adalah untuk misi memata-matai wilayah Korea Utara.

7. Ourang Medan.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Dua kapal Amerika, Kota Baltimore dan Bintang perak tahun 1947, menemukan sebuah kode morse yang menuliskan "Kami mengambang, semua petugas termasuk kapten tewas di ruang chart dan jembatan. Mungkin seluruh awak kapal mati". Lalu muncul kode morse lainnya dari penulis berisikan "Aku mati". Ourang Medan merupakan kapal Belanda yang dikenal berhantu.

Awak bintang perak melakukan aksi penyelamatan pada Ourang Medan. Para awak menemukan banyak mayat di mana-mana, terbaring mengerikan di lantai kapal seperti boneka. Namun ketika Ourang Medan dibawa ke ketepian, secara misterius kapal ini meledak.

8. Flying Dutchman.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Flying Dutchman adalah kapal hantu bercahaya yang aneh yang berasal dari abad ke-17. Banyak legenda yang menjelaskan bahwa kapal ini kerap terlihat hantu. Konon kapal keluaran Belanda ini telah dikutuk untuk berlayar setelah sang kapten Van Der Decker membunuh istrinya sendiri di kapal saat perjalanan menuju Hindia Timur.

9. Carrol A. Deering.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Pada tahun 1921, Kapal Carrot pernah menghilang di pantai California Utara. Sebanyak 11 awak kapal menghilang tanpa jejak. Banyak yang menceritakan bahwa kapal ini menghilang saat melintasi Segitiga Bermuda. Hingga pada 1921 kapal lain yaitu S.S Hewitt juga menghilang di daerah yang sama. Sebanyak 42 awak kapal menghilang dengan cara yang sama. Hingga kini peristiwa ini masih menjadi misteri.

10. Mary Celeste.

Kapal yang terkenal mistis © 2017 brilio.net

Mary Celeste dikenal merupakan kapal hantu yang paling menyeramkan sejak 1872. Cerita bermula ketika Benjamin Briggs yang mengemudikan kapal tersebut, bersama sang istri berlayar dari New York menuju Italia, tapi secara misterius kapal tersebut menghilang. Banyak mitos yang beredar bahwa kapal tersebut hilang karena serangan alien dan makhluk laut.