Brilio.net - Indonesia tengah punya gawe besar. Dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September, Asian Games 2018 digelar di Jakarta dan Palembang. Lebih dari sepuluh ribu atlet dari 45 negara di Asia bertanding memperebutkan medali emas dalam 40 cabang olahraga.

Banyak pihak menyambut riuh ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut, mulai dari masyarakat awam, tokoh publik, selebriti, hingga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Hal ini salah satunya terbukti dari banjirnya pujian terhadap acara Opening Ceremony pada Sabtu (18/8) kemarin.

Satu per satu atlet Tanah Air menyumbangkan medali perak dan emas. Semangat mereka membara dan fokus meraih yang terbaik bagi negara tercinta. Namun perjuangan mereka tak bisa sendirian. Butuh support dari masyarakat Indonesia, lebih dari sekadar kicauan di media sosial.

Ya, seluruh masyarakat Indonesia harus merapatkan barisan untuk mendukung para atlet Asian Games dengan cara sendiri dan sederhana, misalnya jalan kaki. Kenapa jalan kaki?

Survei Stanford University pada Juli 2017 menunjukkan Indonesia berada di peringkat terbawah saat disandingkan dengan negara lain dalam hal langkah harian rata-rata. Oleh karena itu, Combiphar meluncurkan gerakan #JalanTerusIndonesia. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk melangkah lebih banyak setiap hari agar tubuh jadi lebih sehat seperti di video berikut ini.


Jokowi dalam peluncuran gerakan #JalanTerusIndonesia di Istana Bogor pada Sabtu (4/8) lalu menyatakan keprihatinan dengan kondisi masyarakat yang kurang berolahraga. Selain itu, pria asal Solo ini juga menyesalkan kebiasaan parkir orang Indonesia di depan tempat perbelanjaan sehingga membuat orang lain terhambat jalan kaki dengan nyaman.

“... Janganlah parkir di depan tempat perbelanjaan biar jalannya se-meter dua meter. Kapan kita akan sehat? Inilah yang akan terus kita gaungkan setelah Asian Games,” tegasnya.

Menpora Imam Nahrawi bersama Kepala Staf Presiden, Moeldoko juga turut hadir dalam peluncuran gerakan #JalanTerusIndonesia. Imam Nahrawi dalam postingan di akun resmi media sosialnya juga berpesan agar gerakan ini tetap berjalan walaupun gelaran Asian Games 2018 sudah berakhir.

 

A post shared by Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) on


Selain para pejabat negeri, turut hadir deretan selebriti dan tokoh masyarakat dalam peluncuran gerakan #JalanTerusIndonesia. Mereka juga memberi inspirasi bahwa hal sederhana seperti jalan kaki bisa menjadi awal hidup sehat dan menjadi simbol dukungan kepada pahlawan-pahlawan olahraga yang tengah berlaga di Asian Games 2018.

Nah, siapa saja selebriti yang turut berpartisipasi dalam gerakan #JalanTerusIndonesia? Berikut ulasan brilio.net, Selasa (21/8).

1. Joe Taslim.

 

A post shared by Jota (@joe_taslim) on


Aktor film laga Indonesia, Joe Taslim memulai semangat olahraga dengan langkah sederhana, berjalan kaki. "Selain Indonesia punya langkah harian terendah di dunia, kita juga sudah lama tidak masuk di 10 besar Asian Games, and it kinda hurts my feeling," tulisnya dalam postingan tersebut.

2. Ben Joshua.

Ramaikan Asian Games 2018, seleb ini beri inspirasi hal sederhana berbagai sumber

foto: Instagram/@benjoshua_r

Hanya dengan berjalan kaki, aktor kawakan FTV ini bisa menginspirasi penggemarnya untuk lebih sehat lagi. Datang dalam acara peluncuran gerakan #JalanTerusIndonesia, Ben sempat berselfie bersama Jokowi. "Kita siap mensukseskan #AsianGames2018 pak!!! Sehat terus ya pak Jokowi," ucapnya dalam postingan tersebut.

3. Ersa Mayori.

Ramaikan Asian Games 2018, seleb ini beri inspirasi hal sederhana berbagai sumber

foto: Instagram/@ersamayori

Pesinetron terkenal Ersa Mayori juga ambil bagian dalam gerakan #JalanTerusIndonesia. Wanita yang sekarang menjadi presenter acara TV ini mengaku bersemangat mengikuti gerakan sehat jalan kaki. "Rame-rame ikut semangat untuk #sukseskanasiangames2018 #jalanterusindonesia Kamu juga kan?" tulisnya dalam sebuah postingan Instagram.

4. Dion Wiyoko.

Ramaikan Asian Games 2018, seleb ini beri inspirasi hal sederhana berbagai sumber

foto: Instagram/@brianso7

Bersama drummer Sheila on 7 Brian Kresna Putro, David Bayu dari Naif, Gusti Hendy dari Gigi, dan Chandra Cristianto dari Samsons, Dion Wiyoko juga turut berbagi inspirasi agar masyarakat Indonesia lebih sehat lewat berjalan kaki.

"Dan sebagai bangsa yg besar kita pun diajak untuk memotivasi diri masing-masing agar #JalanTerusIndonesia , dengan cara menambahkan langkah kita 500 langkah setiap harinya biar lebih sehat. Yuukk kita dukung bersama-sama untuk Indonesia yg lebih baik!" tegasnya dalam postingan di media sosial.

5. Ayla Dimitri.

Ramaikan Asian Games 2018, seleb ini beri inspirasi hal sederhana berbagai sumber

foto: Instagram/@ ayladimitri

Selebgram Ayla Dimitri tak ketinggalan dalam gerakan #JalanTerusIndonesia. Mulai dari hal sederhana, cewek yang terkenal dengan gaya OOTDnya yang inspiratif ini mengaku senang bisa menginspirasi masyarakat Indonesia. Penampilan Ayla yang memesona membuktikan bahwa berjalan kaki juga bisa fashionable, lho.

Tak hanya mereka berlima, seleb seperti Aline Adita, Laura Basuki, dan Mona Ratuliu juga ambil bagian dalam gerakan #JalanTerusIndonesia. Menariknya lagi, atlet renang andalan Indonesia tahun 1980-an Richard Sambera juga menantang Joe Taslim melangkah sebanyak 25.000 untuk menyukseskan gerakan #JalanTerusIndonesia.

Ramaikan Asian Games 2018, seleb ini beri inspirasi hal sederhana berbagai sumber

foto: Instagram/@richardbera

Kamu juga bisa ikutan challenge dari Richard Sambera lho, Sobat Brilio. Caranya gampang, kamu tinggal download aplikasi MoCehat di sini. Aplikasi ini mencatat berapa banyak langkah yang kamu tempuh.

Ramaikan Asian Games 2018, seleb ini beri inspirasi hal sederhana berbagai sumber

foto: Combiphar

Serunya, jumlah langkahmu nanti bisa ditukar dengan berbagai penawaran terbaik dari Guardian dalam bentuk e-voucher. Kamu juga bisa melihat progres orang-orang yang sudah bergabung dalam gerakan ini di sini.

Ramaikan Asian Games 2018, seleb ini beri inspirasi hal sederhana berbagai sumber

Tampilan LED Congratulation di Pintu 9 GBK/foto: Combiphar

Kerennya lagi, namamu berkesempatan muncul di LED yang ada di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta di Pintu 9 lho. Tunggu apa lagi? Yuk, sehatkan Indonesia dengan sederhana mulai dari berjalan kaki #JalanTerusIndonesia.

 

(brl/tin)