Brilio.net -
Rumahku istanaku, itulah istilah yang sering digunakan untuk mengambarkan kenyamanan sebuah rumah. Bagaimana pun bentuk dan ukuran rumah tersebut, pastinya si penghuni selalu ingin rumahnya nyaman.

Mereka rela melakukan apa saja untuk mempercantiknya. Buat mereka yang mampu, bisa menyewa jasa desainer profesional untuk mempercantik rumah. Sedang bagi mereka yang punya budget minim, akan berusaha sendiri menata dan mempercantik rumah. Menata rumah sendiri selain hemat juga punya kepuasan pribadi yang tak ternilai harganya.

Inilah yang dilakukan seorang cewek kreatif asal Amerika Serikat, Tonya Tooners yang mempercantik lantai salah satu ruang di rumahnya dengan menggunakan 13 ribu sen koin. Kalau ditotal, keseluruhan koin itu senilai USD 130 atau sekitar Rp 1,8 juta. Nah koin ini kalau dimasukkan ke dalam kantung maka jumlahnya setara tiga karung besar.

Memang untuk sebagian besar orang, uang koin nggak begitu berarti untuk dibelanjakan. Tapi tidak demikian dengan Tooners yang melihat dari kacamata berbeda. Koin-koin itu justru dijadikan karya seni yang apik.

“Saya mulai dengan mengukur ruangan untuk menemukan titik pusat," ujar Tooners dalam akun Imgur miliknya seperti dilansir seperti dilansir www.mymodernmet.com, Rabu (23/11).

Setelah itu, ia menarik garis sumbu sebagai panduan dan mulai menempelkan koin dengan pola geometri jajaran genjang. Ia sengaja menggunakan koin dengan warna berbeda. Bahkan, secara telaten ia menempatkan bagian muka dan belakang koin secara bergantian untuk memberikan kontras visual yang menyolok.

Untuk tepi ruangan, ia menciptakan desain perbatasan tambahan yang memberikan nuansa vintage. Selain ribuan koin, ia juga menghabiskan 10 botol lem, nat, wood filler, dan epoxy mahal untuk membersihkan koin agar terlihat mengkilat.


Proyek ini dia kerjakan selama berbulan-bulan. Hasilnya sangat menakjubkan. Meski saat pengerjaannya ia mengaku sering diganggu binatang peliharaannya yang suka merusak pola koin, tapi ia bahagia pekerjaan ini bisa selesai. Tentu saja lantai koin ini bisa menjadi inspirasi kamu yang ingin membuat desain lantai yang unik.

Penasaran seperti apa pengerjaan lantai yang dilakukan Tooners? Berikut prosesnya yang berhasil dirangkum brilio.net dari mymodernmet.com.

1.    Mulainya dari tengah lantai

Lantai koin © 2016 brilio.net



2.    Telaten banget ngerjainnya ya

Lantai koin © 2016 brilio.net



3.    Sampai bawa bantal segala

Lantai koin © 2016 brilio.net



4.    Mengerjakan bagian tepi yang agak repot

Lantai koin © 2016 brilio.net



5.    Sudah mau rampung

Lantai koin © 2016 brilio.net



6.    Selesai deh setelah berbulan-bulan

Lantai koin © 2016 brilio.net



7.    Mengkilap ya setelah digosok pakai epoxy

Lantai koin © 2016 brilio.net