Brilio.net - Umat Islam di seluruh dunia segera menyambut datangnya bulan Ramadan tahun 1440 Hijriyah pada minggu pertama Mei mendatang. Di bulan suci tersebut, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan dari waktu imsak hingga terbenamnya matahari.

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap muslim tanpa melihat status maupun latar belakangnya. Setiap muslim yang memenuhi syarat puasa diwajibkan untuk berpuasa selama Ramadan.

Tak terkecuali bagi para pemain sepak bola yang beragama Islam yang tengah menjalani profesinya di benua Eropa. Seperti diketahui, sejumlah pesepak bola beragama Islam memang telah meramaikan liga-liga top Eropa seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, hingga Liga Jerman. Di tengah profesinya sebagai atlet yang tentunya menguras fisik, sejumlah pesepak bola Eropa tetap menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadan. Tidak hanya berpuasa, sejumlah pesepak bola tersebut juga dikenal taat agama dan tidak malu mengekspresikan identitas keagamaannya di dalam maupun di luar pertandingan.

Siapa saja mereka? Brilio.net menghimpun tujuh pesepak bola Eropa yang dikenal rajin berpuasa di bulan Ramadan, Selasa (30/4) berikut ini.

1. Mesut Ozil.

Loading...

pesepak bola eropa rajin puasa © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@muslimfootballer

Mesut Ozil merupakan pemain asal Jerman berdarah Turki yang kini bermain untuk klub Arsenal di Liga Inggris. Ia dikenal sebagai pemain yang relijius setelah beberapa kali tertangkap kamera tengah berdoa sebelum memulai pertandingan di lapangan hijau. Pada sebuah pertandingan uji coba antara Jerman melawan Austria pada bulan Ramadan tahun 2018, Ozil terpantau tidak mengonsumsi makanan maupun minuman selama pertandingan berlangsung.

2. Paul Pogba.

pesepak bola eropa rajin puasa © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@pemain.muslim

Pemain muslim yang bermain di Liga Inggris lainnya ialah Paul Pogba yang tergabung dalam klub Manchester Unired. Pemain asal Prancis ini merupakan pemain keturunan Afrika yang beragama muslim. Ia dikenal sebagai muslim yang taat. Bahkan pada Ramadan tahun 2017 lalu, ia menyambut bulan suci tersebut dengan beribadah umrah di hari-hari awal Ramadan.

3. Franck Ribery.

pesepak bola eropa rajin puasa © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@franckribery7

Franck Ribery ialah pemain klub Bayern Munchen yang bermain di Liga Jerman. Ia merupakan mualaf pada tahun 2002 lalu. Setelah memeluk agama Islam, ia pun memiliki nama lain Bilal Yusuf Mohammed. Saat bulan Ramadan tiba, ia sering mengunggah momen buka puasanya melalui media sosial. Sebagai muslim, ia juga pernah menunjukkan sisi relijiusnya ketika menolak untuk minum bir saat perayaan juara Bayern Munchen. Ribery pun telah melaksanakan ibadah umrah pada 2012 lalu.

4. Mohamed Salah.

pesepak bola eropa rajin puasa © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mosalah

Pemain andalan Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah dikenal sebagai pemain yang sering memperlihatkan identitas keislamannya di dalam maupun di luar lapangan. Misalnya, ia sering merayakan golnya dengan sujud syukur dan berdoa sebelum pertandingan berlangsung. Sebagai seorang muslim yang taat, Salah bahkan tetap menjalankan ibadah puasa ketika Liverpool bertanding melawan Real Madrid pada final Liga Champions 2017/2018 lalu. Pertandingan tersebut memang dilaksanakan pada bulan puasa tahun 2018.

5. Sadio Mane.

pesepak bola eropa rajin puasa © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@sadiomaneofficiel

Rekan satu tim Mohamed Salah di Liverpool, Sadio Mane juga diketahui sebagai pemain muslim yang taat. Pada hari di mana final Liga Champions 2017/2018 melawan Real Madrid berlangsung, ia diketahui tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan. Pemain asal Senegal itu mengakui tidak pernah menyentuh alkohol sesuai dengan ajaran Islam.

6. Karim Benzema.

pesepak bola eropa rajin puasa © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@karimbenzema

Pesepak bola asal Prancis, Karim Benzema yang membela klub Real Madrid juga dikenal sebagai pemain muslim yang taat berpuasa di tengah profesinya sebagai pesepak bola. Bahkan pada bulan Ramadan tahun 2009 lalu, ia diketahui berpuasa Ramadan selama sebulan penuh termasuk saat hari pertandingan berlangsung.

7. Demba Ba.

pesepak bola eropa rajin puasa © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dembafoot

Mantan bintang Chelsea yang kini bermain di Liga Turki, Demba Ba, merupakan pemain muslim asal Senegal yang dikenal sangat taat dengan agama Islam. Pemain yang identik dengan selebrasi sujud setelah mencetak gol ini selalu antusias berpuasa saat bulan Ramadan. Ia memang dikenal tanpa kompromi dalam urusan agama. Bahkan, ia pernah menolak kebijakan klub saat bermain di Chelsea yang saat itu tidak menyarankan pemainnya untuk berpuasa saat Ramadan. Ia tetap memilih untuk berpuasa sekalipun tengah dalam pertandingan.