Brilio.net - Komitmen Komunitas Batu Hijau Bootcamp untuk memberikan tindakan nyata pada lingkungan dilakukan dengan sangat serius. Beberapa hari yang lalu tepatnya Rabu (24/8), anggota komunitas tiba di Surabaya. Mereka melakukan aksi bersih-bersih dan edukasi peduli lingkungan di Kampung Kejawan Lor.

Konsep yang diangkat dari Batu Hijau Bootcamp sendiri adalah pengenalan masalah sampah kepada anak-anak. Mengingat permasalahan sampah masih jadi masalah terbesar yang dihadapi oleh masyarakat termasuk mereka yang tinggal di daerah pesisir pantai.

“Masalah kebersihan hanya bisa diatasi jika ada yang mau mengambil aksi nyata, serta memulainya dari diri sendiri, Melalui kegiatan Timur ke Barat yang diadakan Batu Hijau Bootcamp dan dukungan dari Yayasan Tunas Hijau, kami berkesempatan untuk berbagi inspirasi dengan adik-adik di tempat ini dengan cara yang menyenangkan,” ujar Rachma Shouma, mahasiswi Biologi Kelautan sekaligus alumni Batu Hijau Bootcamp, kepada brilio.net, Kamis (25/8).

Melalui edukasi ini diharapkan generasi muda yang akan datang lebih peduli terhadap lingkungan dan menjaga kebersihan pesisir pantai yang menjadi sumber penghidupan masyarakat. Kreatifnya lagi, edukasi ini dikemas dengan berbagai tahapan metode mulai dari penjelasan tentang sampah dengan konsep mendongeng, kuis menguji otak hingga games yang menyenangkan sehingga anak-anak akan merasa bahagia dan tentunya mendapatkan pengetahuan baru.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih tiga jam tersebut juga mendapatkan sambutan positif dari warga sekitar membuat kegiatan bakti lingkungan ini jadi menyenangkan. Tidak hanya anak-anak yang merasa bahagia, namun orangtua pun mengaku senang dengan adanya kegiatan peduli lingkungan.

“Kami merasa sangat senang dengan kunjungan teman-teman dari Batu Hijau Bootcamp. Kehadiran mereka membuat kami bisa lebih paham tentang bagaimana pengelolaan sampah dan tentunya menjadi energi positif bagi anak-anak,” ujar Ahmad, pemuda Kampung Kejawan yang juga merupakan salah satu penggagas gerakan peduli lingkungan di kawasan pesisir Pantai Kenjeran.

Nah, kamu semakin penasaran bagaimana keseruan yang terjalin antara Batu Hijau Bootcamp dan masyarakat kampung nelayan Kejawan Lor? Simak yuk, 10 fotonya berikut ini yang dijamin deh bakal bikin kamu semakin terinspirasi melakukan kegiatan serupa dan menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia.

1.Ini sesi perkenalan nih dari komunitas Batu Hijau Bootcamp.

Bootchamp © 2016 brilio.net

2.Anak-anak kampung nelayan pun menyambut dengan penuh antusias.

Bootchamp © 2016 brilio.net

3.Semangat berbagi di tengah masyarakat.

Bootchamp © 2016 brilio.net

4.Konsep perkenalan yang dikemas lucu dan dekat dengan kehidupan anak-anak.

Bootchamp © 2016 brilio.net

5.Kebersihan lingkungan jadi isu yang diperkenalkan kepada anak-anak.

Bootchamp © 2016 brilio.net

6.Kerajinan dari kerang khas masyarakat Kejawan.

Bootchamp © 2016 brilio.net

7.Pengenalan kepada anak-anak tentang jenis-jenis sampah.

Bootchamp © 2016 brilio.net

8.Rasa kekeluargaan yang begitu terasa.

Bootchamp © 2016 brilio.net

9.Duta lingkungan hidup lagi jawab pertanyaan nih, kece kan?

Bootchamp © 2016 brilio.net

10.Semoga selalu menginspirasi.

Bootchamp © 2016 brilio.net

(brl/swh)

--

(brl/swh)