Brilio.net - Komunitas Batu Hijau Bootcamp atau yang sebelumnya bernama Newmont Bootcamp menjadi salah satu komunitas di Tanah Air yang cukup peduli dengan perkembangan pendidikan anak-anak, khususnya di daerah Sumbawa Barat. Bahkan beberapa waktu yang lalu, komunitas ini berhasil memenangkan penghargaan internasional Golden World 2016 dari Internasional Public Relations Association (IPRA).

Sebagai wujud kepedulian terhadap putra-putri masa depan bangsa Batu Hijau Bootcamp baru saja melaksanakan Kelas Inspirasi untuk siswa kelas 3 SMPN 1 Maluk, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Acara ini bertujuan untuk lebih memotivasi anak-anak untuk memiliki cita-cita yang tinggi dan tidak mudah menyerah untuk semua impian mereka.

Kelas inspirasi © 2016 brilio.net

Pembukaan Kelas Inspirasi oleh Wakil Kepala SMPN Maluk. Para siswa antusias dengan kegiatan ini. © 2016 brilio.net/Andi Rosita

Di wilayah setempat, cita-cita sebelumnya menjadi sesuatu yang hampir mustahil dimiliki. Tak banyak pelajar yang menggantungkan citanya tinggi-tinggi karena sejumlah keterbatasan. Paling banter, cita-cita terbesar mereka adalah menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) setelah lulus sekolah dasar atau menengah pertama. 

Kelas inspirasi © 2016 brilio.net

Setelah pembukaan siswa langsung diajak mengikuti kegiatan, interaksi dan keseruan mulai terjaga. Apalagi aktivitas dilakukan dengan penuh keceriaan. © 2016 brilio.net/Andi Rosita

Kelas inspirasi © 2016 brilio.net

Lihat bagaimana cerianya anak-anak SMPN Maluk mengikuti Kelas Inspirasi ini. © 2016 brilio.net/Andi Rosita

Beruntung, kepedulian PT. Newmont Nusa Tenggara, melalui Komunitas Batu Hijau Bootcamp, membuka mata anak-anak di sana untuk memiliki cita-cita tinggi, mengubah kehidupan ke arah yang lebih baik. 

“Saya senang dapat kelas inspirasi ini jadinya saya semakin percaya akan mimpi-mimpi saya dan saya semakin percaya diri bahwa segalanya menjadi mungkin jika kita ingin berusaha, pokoknya saya mau jadi dokter,” tutur Rina (13), salah seorang pelajar.

Kelas inspirasi © 2016 brilio.net

Para pelajar membuat pohon harapan mereka. Kelak, pohon ini bisa menjadi kenyataan. © 2016 brilio.net/Andi Rosita

Kelas inspirasi © 2016 brilio.net

Dan ini dia pohon harapan pelajar-pelajar SMP N Maluk setelah mengikuti Kelas Inspirasi. © 2016 brilio.net/Andi Rosita

Masyarakat setempat kini juga mulai menyadari tentang pentingnya pendidikan. Ditambah ketersediaan berbagai lapangan pekerjaan di daerah pertambangan serta berkembangnya teknologi informasi ikut membantu anak-anak semakin berani bermimpi untuk memiliki pendidikan tinggi.

“Kami berterima kasih atas kesediaan teman-teman Komunitas Batu Hijau Bootcamp yang berkenan berbagi inspirasi bagi anak-anak kami. Ke depannya, kami berharap dapat berkolaborasi kembali demi mewujudkan generasi Sumbawa Barat yang optimis dan memiliki cita-cita tinggi,” ujar Khusnarti, S.Pd, kepala sekolah SMPN 1 Maluk beberapa hari lalu saat ditemui brilio.net di lokasi kegiatan.

Kelas inspirasi © 2016 brilio.net

Seru banget kan acaranya. Lihat wajah-wajah optimistis dan keceriaan mereka. Kelak, satu dari mereka semoga bisa menjadi pemimpin negeri ini. © 2016 brilio.net/Andi Rosita

Kelas inspirasi © 2016 brilio.net

Selain kegiatan Kelas Inspirasi, pemberian bantuan seperti tempat pembuangan sampah juga dilakukan. Menjaga agar lingkungan tetap bersih. © 2016 brilio.net/Andi Rosita

Dampak positif memang dirasakan anak-anak setelah mengikuti kelas yang digelar selama kurang lebih tiga jam tersebut. Kegiatan yang diisi dengan berbagai sesi diskusi, games hingga kelas motivasi, membuat anak-anak semakin percaya diri menyongsong masa depannya.

(brl/swh)

(brl/swh)