Brilio.net - Ketika mendengar klub motor kebanyakan orang akan mengasosiasikannya dengan kegiatan yang berhubungan dengan laki-laki. Bahkan jika dalam sebuah rombongan klub motor kita melihat perempuan, secara tak sadar kita menebaknya sebagai pasangan si anggota, bukan sebagai anggota klubnya. Kita seakan menutup diri untuk mengakui bahwa perempuan ikut klub motor pun boleh dilakukan dan bukan masalah besar.

Padahal di era yang semakin berkembang ini kita tahu, banyak hal yang "berjenis kelamin" laki-laki juga bisa dilakukan oleh perempuan. Seperti klub motor berikut ini yang beranggotakan perempuan, dan tak melulu untuk kegiatan yang berkaitan dengan motor, mereka juga punya misi tersendiri dalam pendirian klubnya. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber enam klub motor perempuan yang ada di dunia, Jumat (24/6).

1. Female Bikers Of Marrakesh di Maroko.

klub motor cewek © 2016 brilio.net

Jika kegiatan klub motor diidentikkan dengan perempuan seksi, anggota klub motor ini masih berpakaian seperti aturan yang berlaku di sana, gamis besar lengkap dengan cadarnya. Menurut pendirinya, Female Bikers Of Marrakesh di Maroko ini bertujuan menggambarkan bahwa para perempuan juga bisa mandiri, serta menuntut kesetaraan.

BACA JUGA: Buat kamu yang lagi tunggu THR pasti paham 13 meme gokil ini

2. Bosozoku girls di Jepang.

klub motor cewek © 2016 brilio.net

Bosozoku girls ini sebenarnya tergabung dalam geng besar Bosozoku yang beranggotakan para lelaki. Meski mereka bersama geng para lelaki, tapi Bosozoku Girls tetap memiliki identitasnya sendiri sebagai perempuan feminin dengan tato, cat kuku dan motif bunga-bunga pada motor mereka. Para wanita yang tergabung dalam Bosozoku Girls sejatinya aktivis feminis. Mereka berusaha meruntuhkan stereotip gender di masyarakat dan menginginkan kehidupan kaum hawa berubah sebagai perempuan Jepang modern, bukan lagi terperangkap pada unsur budaya kerajaan yang sangat menekan mereka.

3. Bikerni Motorcycle Club di India.

klub motor cewek © 2016 brilio.net

Klub motor di India ini pertama kali didirikan oleh Urvashi Patole pada tahun 2011. Geng motor cewek yang awalnya hanya mempunyai 11 anggota ini lambat laun menjadi geng motor terbesar di India dengan anggota lebih dari 500 orang perempuan. Selain berkegiatan yang berhubungan dengan motor, geng motor yang satu ini juga terkenal akan kegiatan sosialnya.

4. Leather And Lace Motorcycle Club, Amerika Serikat.

klub motor cewek © 2016 brilio.net

Klub motor yang satu ini sudah ada sejak tahun 1983, dimana pada masa itu perempuan masih dianggap tabu untuk mengendarai motor sendiri. Berangkat dari keinginan untuk disetarakan dengan laki-laki, klub motor khusus perempuan ini dibuat. Selain touring, klub motor ini juga aktif dikegiatan sosial.

5. Caramel Curves di New Orleans.

klub motor cewek © 2016 brilio.net

Klub motor yang satu ini didirikan pada tahun 2005, setelah sebelumnya geng motor bernama Caramel yang mayoritas anggotanya laki-laki dibekukan oleh pemerintah setempat. Geng ini dibuat lagi namun dengan anggotanya berjenis kelamin perempuan semua. Seperti layaknya perempuan, anggota klub motor ini juga centil, mereka mengendarai motornya dengan highheel, serta motor dan helm yang berwarna cerah seperti pink.

6. Inuk Blazer Ladies Bikers Club (IBLBC) Indonesia.

klub motor cewek © 2016 brilio.net

IBLBC tercatat sebagai klub sepeda motor wanita pertama di Indonesia. Klub yang didirikan pada tahun 2005 ini niatan awalnya adalah untuk menjaring pembalap perempuan, namun kini komunitas pemotor cewek ini lebih berkembang ke arah yang lebih dinamis dengan setumpuk kegiatan positif. Tidak sebatas race dan adu kebut di sirkuit, seperti sharing soal motor, safety riding dan berbagai kegiatannya lainnya. Saat ini anggota IBLBC sudah tersebar di Jabodetabek.