Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika Turki menjadi salah satu tujuan pendidikan bagi sebagian anak muda Indonesia. Bisa dibilang, Turki menjadi salah satu favorit bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di benua Eropa. 

Maklum, negara yang kaya dengan sejarah dan budaya ini menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan berstandar tinggi di lebih dari 209 kampus yang tersebar di seluruh negeri.

Nah buat kamu yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di negara transbenua ini, tidak ada salahnya mengunjungi kelasbahasaturki.id. Start up yang berawal dari Learn From Turkey, sebuah komunitas budaya Turki terbesar di Indonesia ini dapat membantu kamu.

Kuliah di Turki © 2021 brilio.net

Komunitas ini didirikan Arsyah Nanda bersama rekannya. Mereka adalah diaspora Indonesia di Turki. Mereka mendirikan kelasbahasaturki.id sebagai lembaga persiapan bagi pelajar yang ingin studi di Turki. Start up ini sekarang menjadi lembaga bahasa sekaligus penyalur pelajar Indonesia ke Turki yang  populer di masyarakat serta media sosial.

“Kami paham betul dengan kondisi lapangan di Turki. Kami juga berusaha menerangkan kondisi di Turki secara objektif dan seadanya. Itulah yang membuat lembaga kami bisa lebih hemat hingga 40% dibanding lembaga sejenis,” ungkap Arsyah yang tak lain CEO Kelasbahasaturki.id.

Pada 2020, startup ini sukses menciptakan dampak yang sangat besar kepada masyarakat Indonesia dengan memberikan fasilitas pendidikan bahasa Turki kepada lebih dari 700 orang di seluruh Indonesia. Selain itu, Kelasbahasaturki.id juga berhasil menjadi lembaga pertama yang mampu merumuskan metode pembelajaran bahasa Turki serta modul lengkap tentang kuliah di Turki yang diterbitkan berbagai penerbit ternama di Indonesia.

Kuliah di Turki © 2021 brilio.net

Kesuksesan ini tak lain adalah hasil kerja keras Arsyah bersama rekannya yang telah memulai perjalanan panjangnya dalam membimbing puluhan pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi di Turki sejak 2017 lalu.

Kelas bahasa Turki yang diajarkan di lembaga ini tersedia online dan offline dengan modul pembelajaran bahasa Turki yang diadakan setiap bulan. Lalu ada juga layanan terjemah, layanan persiapan ujian SAT dan YOS (Ujian Universitas di Turki) hingga yang paling populer layanan kuliah di Turki dengan biaya pendaftaran yang hanya sebesar Rp799.000.

Arsyah menjelaskan, studi di Turki bukan hanya soal kuliah dan berpindah negara saja, namun juga soal kualitas pendidikan. Ia menjelaskan sekitar 30-40% pelajar Indonesia yang ada di Turki saat ini tidak ditempatkan dengan baik oleh lembaga pendidikan yang ada. Sebagian besar justru ditempatkan di kampus dengan peringkat yang buruk bahkan beberapa merupakan kampus yang baru didirikan dengan kualitas yang patut dipertanyakan.

Kuliah di Turki © 2021 brilio.net

“Kami terkadang miris dengan pelajar yang ditempatkan di universitas yang kurang baik secara peringkat. Di kelasbahasaturki.id kami menjelaskan seadanya, kualitas pendidikan di Turki itu bagus. Tapi harus lebih cermat dalam memilih universitas yang ditawarkan lembaga pendidikan” ungkapnya.

Kelasbahasaturki.id kini menjadi sebuah pembelajaran bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan di Turki agar dapat memilih lembaga yang tepat, terjangkau dan terpercaya.