Brilio.net - Dalam keseharian kamu pasti pernah membersihkan tepi kuku kaki yang kotor. Kebiasaan ini biasanya dilakukan bersamaan saat memotong kuku. Rupanya cara kebanyakan orang membersihkan kotoran pada kuku dan cara memotong kuku kaki, masih banyak yang keliru. Mayoritas orang biasanya memotong kuku mengikuti bentuk jari-jari kaki yang melingkar dan membersihkan kotoran kuku dengan dicongkel.

Kebiasaan-kebiasaan kurang tepat tersebut ternyata tidaklah tepat. Berikut ini brilio.net rangkum dari Brightside, Rabu (7/6) petunjuk cara yang benar bagaiaman memotong dan membersihkan kuku kaki yang ideal, lengkap dengan alasannya.

Jangan potong kuku membentuk lingkaran.

bersihin kuku bersihin kuku-foto: depositphotos.com

Kuku yang dipangkas dengan tidak benar dapat menyebabkan ada beberapa bagian kuku kaki, biasanya ujung pinggir kanan dan kiri, yang tumbuh ke dalam daging yang bisa sangat menyakitkan. Beberapa cara untuk mencegahnya bisa dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

Loading...

- Ingatlah untuk memangkas kuku jari kamu dengan bentuk lurus-lurus. Jangan membentuk tikungan, karena pangkal dan ujung tikungan berpotensi menyakiti daging.

- Memangkas kuku jari kaki jangan sampai terlalu pendek, hal ini dapat menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam atau infeksi.

- Hindari memotong kutikula. Kebiasaan ini membuat ujung kulit kuku tipis dan mudah mengelupas.

Gunakan cara yang benar membersihkan kotoran kuku.

bersihin kuku bersihin kuku-foto: brightside.me

Membersihkan kotoran kuku kaki yang berada di sela-sela memang bukan perkara mudah. Namun mengoreknya dengan benda tumpul maupun tajam bukanlah hal yang tepat dan justru bisa membuat infeksi. Untuk memberishkannya dengan cara yang benar, ikuti langkah-langkah berikut ini:

- Rendam kaki dalam air hangat selama sekitar 15-20 menit. Tambahkan 1 sdm garam dalam 1 liter air.

- Tempatkan benang gigi bersih di bawah kuku dan angkat kotoran dengan lembut.

- Berikan antiseptik pada area yang dibersihkan dan perban untuk melindunginya agar tidak menular.

- Ulangi proses ini setiap hari sampai jari kaki bersih total.

- Jika prosedur ini tidak membuat kuku kamu yang tadinya kotot atau sakit tak kunjung lebih baik, atau bahkan kamu melihat tanda infeksi, kamu harus segera menemui dokter.