Brilio.net - Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sering dibilang lebih tua daripada usia aslimu? Memang selain genetik ternyata banyak faktor yang juga turut berkontribusi untuk mempengaruhi penampilan usia kita.

Dilansir dari Brightside, Sabtu (24/9), kali ini brilio.net bakal membagikan ke kalian ada 10 kebiasaan yang kamu lakukan yang ternyata malah bikin kamu cepat tua lho. Ingat, nggak ada kata terlambat untuk mulai mengurangi kebiasaan itu. Simak di bawah ini yuk Guys!

1. Diet lemak redah atau low-fat diet.

tampak lebih tua © 2016 brilio.net

Untik mencegah datangnya keriput hal yang paling esensial adalah untuk mengonsumsi lemak omega 3 yang berfungsi untuk membuat kulit tetap halus. Nah kalau kamu diet lemak rendah yang mengandung zat omega tadi, tentu akan bikin premature aging di kulitmu.

2. Minum minuman pakai sedotan.

tampak lebih tua © 2016 brilio.net

Yup, ini juga jadi salah satu kebiasaan yang sudah mulai harus kamu hindari, Sobat Brilio! Ketika kamu minum melalui sedotan, otomatis kamu harus menciutkan bibirmu dan pipi kamu juga ikut menciut agar bisa menyedot minuman dalam botol atau gelas. Nah ini nanti yang bikin keriput akan cepat muncul. Hal ini juga sama halnya dengan meokok. Coba untuk minum dari gelas saja kalau memungkinkan ya.

3. Tidur menyamping.

tampak lebih tua © 2016 brilio.net

Tidur menyamping ini membuat wajahmu akan menempel di bantal dan mencipatakan tekanan pada pipi dan dahi kamu. Ilmuwan mengatakan bahwa tidur telentang adalah posisi tidur terbaik yang lebih nyaman dan fresh ketika bangun tidur.

4. Mengurangi konsumsi gula.

tampak lebih tua © 2016 brilio.net

Kamu mungkin sering berusaha untuk mengurangi konsumsi gula karena percaya hal itu buruk bagi kesehatan, padahal engurangi konsumsi gula bisa juga bikin stres bertambah lho. Stres inilah yang bikin kamu lebih terlihat tua dari umurmu.

5. Menonton televisi terlalu banyak.

tampak lebih tua © 2016 brilio.net

Sebuah penelitian menemukan bahwa setiap jam kamu menghabiskan waktumu nonton televisi maka 22 menit usiamu akan ikut berkurang. Ilmuwan yang berada di penelitian itu mengansumsikan hal ini karena kebanyakan orang yang menonton televisi hanya duduk diam atau bahkan sambil ngemil. Ekspert menyarankan agar pada setengah jam sekali untuk bangun dan bergerak-gerak atau melakkan gerakan latihan selama 15 menit.

6. Kurang tidur.

tampak lebih tua © 2016 brilio.net

Orang dewasa butuh tidur paling tidak 7 jam dalam sehari. Nggak dapat tidur yang cukup juga bisa mengurangi usimu lho. Selain itu, ini nggak baik untuk kulit, mental dan juga bisa bikin berat badan cepat naik.

7. Pakai sunscreen cuman pas lagi liburan.

tampak lebih tua © 2016 brilio.net

Banyak ditempa sinar ultraviolet juga bikin kulitmu cepat menua lho. Pakai sunscreen tiap kali keluar sangat dianjurkan. Jangan pas hanya liburan aja ya!