Brilio.net - Sebagai perempuan, memang tidak pernah lepas dari yang namanya kosmetik. Bahkan sudah banyak perempuan yang sejak kecil sudah senang bermain dengan kosmetik.

Namun siapa sangka, sebagai orangtua harus terus mengawasi saat sang anak menggunakan kosmetik. Bukan hanya kosmetik, tapi juga bila sang anak terpapar phthalates yang terdapat dalam produk kosmetik seperti sampo, parfum, cat kuku, serta pada mainan anak-anak. Karena ternyata berdampak menurunkan tiroid pada anak perempuan usia tiga tahun.

Penurunan fungsi tiroid bisa mempengaruhi kecerdasan anak. Hormon tiroid sendiri bertugas penting dalam mengontrol perkembangan otak serta mempengaruhi emosi seseorang. Oleh karena itu, peneliti yang juga profesor di bidang epidemiologi Columbia University’s Mailman School of Public Health, Amerika Serikat, Pam Factor-Litvak mengingatkan orangtua untuk waspada dalam memilih produk kosmetik, terlebih yang dipakai anak.

"Aneka penelitian memperlihatkan gangguan hormon tiroid terkait dengan perasaan depresi, cemas, masalah perilaku dan metabolisme di kemudian hari. Jadi hati-hati dalam memilih produk," kata Litvak, seperti dikutip brilio.neg dari Time, Minggu, (4/6).

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Environment International ini juga menganalisis hubungan antara paparan phthalates pada anak laki-laki. Namun, tidak ditemukan keterkaitan atau pengaruhnya.

Loading...

Menurut Litvak, hasil tersebut bisa jadi karena masalah tiroid memang lebih sering terjadi pada perempuan. Lalu, spekulasi juga berkembang bahwa anak perempuan lebih rentan terhadap paparan kimiawi yang kemudian mempengaruhi fungsi tiroid.

Untuk memperjelas dampak paparan kosmetik terhadap fungsi tiroid, Litvak dan koleganya akan melakukan studi lanjutan.