Brilio.net - Kamu tentunya sering atau juga pernah mengalami masalah tenggorokan kering dan gatal. Rasanya menggelitik dan ada keinginan untuk menggaruk tenggorokan. Benar tidak? Tenggorokan yang gatal tersebut biasanya beberapa hari kemudian diikuti dengan batuk yang memperburuk keadaan.

Tapi tenang, ketika tenggorokan gatal dan batuk menyerang, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi cokelat hitam. Dan pasti tenggorokanmu yang gatal tersebut akan membaik. Cokelat? Kok bisa?

BACA JUGA: Makan cokelat bisa cegah stroke & sakit jantung, benar apa nggak sih?

Aline Maurice, seorang profesor dan kepala departemen studi kardiovaskular dan pernapasan di University of Hull (Inggris Raya), sampai pada kesimpulan bahwa cokelat benar-benar bekerja lebih baik untuk mengatasi sakit tenggorokan dan batuk kering daripada beberapa resep obat-obatan yang biasa dijual bebas di apotek.

Studi terbaru menunjukkan bahwa pasien yang minum obat dengan ekstrak kakao di dalamnya dapat pulih lebih cepat (dalam waktu 2 hari) dibandingkan mereka yang meminum sirup obat batuk konvensional yang banyak dijual di apotek. Penelitian lain yang dilakukan di Imperial College di London menemukan bahwa kakao mengandung alkaloid, yang memiliki efek mengurangi batuk karena adanya suatu zat yang disebut codeine, yakni suatu zat yang secara luas digunakan sebagai antitusif.

Loading...

Seperti yang dilansir brilio.net dari brightside, Senin (15/2), hal ini memiliki penjelasan logis bahwa tekstur cokelat adalah lebih lengket daripada obat batuk biasa, yang berarti bahwa akan lebih baik jika tekstur cokelat yang lengket tersebut berada di lapisan tenggorokan dan memicu ujung saraf untuk melindungi tenggorokan dari serangan batuk.

Namun, tentunya penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk lebih memperkuat penelitian yang telah dilakukan sebelumnya tersebut. Jadi kamu siap menguji mengobati batuk dengan cokelat ini, guys?