Brilio.net - Lidah tak hanya berfungsi untuk mencicipi makanan dan membantu berbicara, tapi juga digunakan untuk mendiagnosa status kesehatanmu. Dua karakteristik yang perlu kamu perhatikan dari kondisi lidah adalah warna dan tekstur. Dikutip brilio.net dari laman Elite Readers, berikut adalah kondisi lidah yang bisa menggambarkan kesehatanmu:

1. Adanya bercak putih yang menggumpal seperti keju.

kondisi lidah © 2016 brilio.net

Lidah dengan kondisi seperti ini didiagnosis kamu mengalami infeksi jamur. Candida albicans merupakan jenis Candida yang paling sering menyebabkan infeksi. Tak hanya di sekitar vagina saja, bagian tubuh lain seperti mulut juga bisa mengalami infeksi ini. Infeksi akibat jamur Candida bisa menyebar di lidah, amandel dan bagian lain dari mulut.

Loading...

Orang yang menjalani kemoterapi, penderita diabetes, minum antibiotik, atau gangguan sistem kekebalan tubuh rentan terhadap infeksi jamur ini. Meski infeksi jamur ini bisa diobati tapi jangan biarkan sampai parah. Pastikan kamu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis dan pengobatan yang harus dijalani.

2. Penebalan atau adanya bercak putih yang tersebar.

kondisi lidah © 2016 brilio.net

Kondisi ini bisa menandakan kamu mengalami Leukoplakia. Leukoplakia bisa tumbuh di lidah, bagian dalam pipi dan gusi. Penyebab leukoplakia tak diketahui, tetapi tembakau, baik karena merokok atau mengunyah, dianggap sebagai penyebab utama gangguan ini.

Leukoplakia biasanya tak berbahaya, tetapi kadang-kadang bisa serius. Meskipun kebanyakan leukoplakia jinak, persentasenya sangat kecil untuk menunjukkan tanda-tanda awal kanker mulut. Ada baiknya konsultasikan dengan dokter segera mungkin.

3. Tertutup lapisan putih dengan tekstur tipis dan halus.

kondisi lidah © 2016 brilio.net

Kalau kondisi lidahmu seperti ini, menandakan bahwa kalau kamu kurang memperhatikan kebersihan mulut. Ini biasa terjadi pada anak-anak yang masih minum susu. Atasi kondisi lidah dengan menyikat lembuh lidah dan semua akan baik-baik saja.

4. Lidah berwarna merah tua.

kondisi lidah © 2016 brilio.net

Lidah dengan warna seperti ini berarti bahwa tubuh kamu kekurangan vitamin B12 atau anemia. Jenis vitamin ini sangat penting bagi tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Ingatlah bahwa lidah mempunyai benjolan kecil di permukaannya yang disebut papila, yang membantu untuk merasakan makanan. Dalam kasus kekurangan vitamin dan mineral, papila tersebut akan menyusut.

Kondisi ini umum dialami oleh kalangan vegetarian karena kekurangan semua nutrisi yang ditemukan dalam daging. Kondisi lidah seperti ini juga membuat lidah jadi sensitif terhadap makanan panas dan merasa seperti tersiram air panas.

Empat penjelasan berikutnya juga penting kamu ketahui, KLIK NEXT...