Brilio.net - Pandemi virus Corona atau COVID-19 masih menjadi perhatian dunia. Setiap harinya jumlah korban yang positif teridentifikasi bertambah banyak.

Hal ini tentu membuat beberapa negara sudah menerapkan kebijakan lockdown sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Negara tersebut seperti negara Italia, Spanyol, Prancis, Irlandia, El-Salvador, Belgia, Polandia, Argentina, Yordania, Belanda, Denmark, Malaysia, Filipina, dan Libanon.

Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini dapat dengan mudah menyebar ke orang lain yang memiliki daya tahan tubuh rendah. COVID-19 menyerang sistem pernapasan manusia dan dapat menimbulkan efek menghancurkan organ lain di tubuh, termasuk paru-paru. Untuk mengetahui gejalanya pun membutuhkan waktu hingga 14 hari pemeriksaan oleh tenaga medis.

Memiliki gejala yang hampir serupa dengan flu biasa, membuat banyak masyarakat mengkhawatirkan kondisi kesehatan mereka. Namun, tidak perlu panik karena kamu dapat mengantisipasi virus Corona dengan mencermati gejala-gejala yang timbul.

Berikut gejala dan pencegahan virus Corona yang perlu kamu ketahui, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/3).


Gejala umum Corona
1. Batuk
2. Sesak napas
3. Demam dengan suhu tinggi hingga mencapai 38 derajat celcius (bahkan bisa lebih)
4. Pilek
5. Sakit kepala
6. Badan terasa pegal-pegal dan nyeri

Gejala spesifik yang perlu diwaspadai
1. Kesulitan bernapas
2. Terasa nyeri di bagian dada yang tidak bisa tertahankan
3. Susah untuk bangkit berdiri dari duduk ataupun tidur
4. Tenggorokan terasa nyeri
5. Bibir membiru
6. Wajah pucat

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI
2 dari 2 halaman



Cara mengantisipasi dan mencegah tertempel Virus Corona



1. Mencuci tangan dengan benar.

foto: pixabay.com



Ini merupakan cara paling efektif dan sederhana untuk mencegah penyebaran COVID-19. Kamu bisa mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama kurang lebih 20 detik.

Bersihkan punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku dengan bersih. Setelah selesai mencuci tangan kamu bisa keringkan dengan handuk atau tisu bersih.

Namun jika kamu sulit untuk menemukan air dan sabun, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan hand sanitizer. Pilih hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70% agar lebih efektif membasmi kuman dan virus yang menempel di tangan.


2. Menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

foto: pixabay.com



Apabila tangan kamu kotor sebaiknya hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Hal ini dikarenakan, virus dapat dengan mudah menempel pada tangan yang kotor.

Jika kamu menyentuhnya, virus akan masuk ke lebih cepat menyerang kekebalan tubuh kamu dan menyebabkan kamu rentan terkena penyakit.


3. Menjaga daya tahan tubuh.

foto: pixabay.com



Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin.

Selain itu, kamu juga harus rajin berolahraga, tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan menjaga pola tidur agar terhindar dari penularan virus dan penyakit.


4. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan penyakit.

foto: pixabay.com



Virus Corona yang pertama kali muncul di Wuhan, China ini diduga kuat berasal dari kelelawar yang hidup dan dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itu, kamu perlu mewaspadai dalam berinteraksi dengan hewan agar tidak tertular virus yang dibawa oleh hewan tersebut.

Jika kamu ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging tersebut telah dicuci dengan bersih dan dimasak hingga benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar.


5. Gunakan masker bila sakit.

foto: pixabay.com



Jika kamu mengalami flu seperti batuk dan pilek sebaiknya menggunakan masker agar virus tersebut tidak menular ke orang lain. Kamu bisa menggunakan masker sekali pakai yang tersedia di apotek atau toko-toko terdekat.

Jika kamu kesulitan untuk menemukan masker yang kian langka, kamu bisa menggantinya dengan kain yang bisa digunakan untuk masker. Tetapi, kamu jangan lupa untuk sering mencucinya agar bakteri dan virus yang menempel bisa hilang dengan dicuci menggunakan detergen.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker sekali pakai maupun masker kain, hindari menyentuh bagian depan masker. Hal ini karena bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel.


6. Menghindari kerumunan orang.

foto: pixabay.com



Virus Corona sangat mudah menular ke orang lain. Untuk itu, kamu disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang mendatangkan keramaian, seperti pertandingan bola, konser musik, acara keagamaan, dan pertemuan besar.

Jika kamu terpaksa harus keluar karena ada keperluan mendesak, jaga jarak minimal 1 meter dengan mereka yang sedang batuk atau bersin. Sebab ketika seseorang batuk atau bersin, mereka akan menyemprotkan tetesan cairan dari hidung atau mulut yang mengandung virus.