Brilio.net - Wabah virus Corona di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap harinya. Berbagai upaya gencar dilakukan pemerintah untuk meredam penyebaran COVID-19 di Tanah Air. Imbauan untuk melalukan social distancing dan berdiam diri di rumah diterapkan sejak wabah ini merebak.

Keberhasilan langkah ini tentu harus dibarengi dengan kesadaran dan tanggung jawab atas diri sendiri. Apalagi beberapa kasus positif Corona tidak dibarengi dengan gejala-gejala umum COVID-19. Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui tanda-tanda terinfeksi virus Corona.

Jika sudah mengetahuinya akan lebih muda bagi kamu untuk melakukan pencegahan. Sehingga bila benar-benar positif, tidak akan menularkan kepada banyak orang. Jika kamu sudah merasakan tanda-tanda terinfeksi Corona, nggak perlu panik. Kamu bisa langsung mengambil langkah pertama jika terinfeksi Corona.

Apa saja tanda-tanda terinfeksi Corona dan langkah pertama untuk mengatasinya? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (24/3), berikut ciri-ciri terinfeksi Corona dan langkah pertama yang harus dilakukan.

1. Demam tinggi seperti flu.

foto: liputan6.com

Mengalami demam tinggi seperti flu bisa jadi seseorang terinfeksi virus Corona di tengah keadaan wabah seperti ini. Meski demam menjadi banyak tanda banyak penyakit, deman saat wabah seperti ini harus diwaspadai.

Suhu normal manusia ialah, 26,1 hingga 37,2 derajat celcius. Di atas suhu ini orang tersebut bisa dikatakan terserang demam.

2. Mengalami batuk parah.

Seperti diketahui, COVID-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Salah satu gejalanya ditandai dengan batuk parah. Gejalanya seperti terinfeksi virus pneumonia, yakni kondisi paru-paru terinfeksi bakteri, jamur atau virus.

3. Sesak napas.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: iStockphoto

Virus yang menyerang pernapasan ini membuat seseorang akan mengalami sesak napas. Hal ini merupakan lanjutan dari batuk parah yang dialami. Sesak napas bisa terjadi lantaran paru-paru terinfeksi bakteri, jamur atau virus. Infeksi tersebut kemudian menyebabkan seseorang mengalami sesak napas pendek hingga kesulitan bernapas jika sudah parah.

4. Mengalami pilek dan sakit kepala.

foto: liputan6.com

Mengalami pilek dan sakit kepala merupakan salah satu tanda terinfeksi virus Corona. Hal ini menjadi kondisi umum yang dialami. Selain itu, cairan lendir dari flu dapat beresiko membuat orang lain tertular. Sakit kepala yang dirasakan akan bersamaan dengan suhu tubuh yang tinggi karena demam.

5. Riwayat perjalanan dari daerah yang terjangkit virus Corona.

Seseorang yang baru saja melakukan perjalanan ke daerah yang terjangkit virus Corona bisa saja terinfeksi. Kebanyakan kasus bahkan menunjukkan seseorang yang terinfeksi Corona tanpa merasakan gejalanya, padahal orang tersebut sudah terinfeksi karena masa inkubasi 14 hari.

Oleh karena itu, pemerintah menerapkan social distancing dan mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah. Hal ini berkaitan dengan wilayah-wilayah yang saat ini sudah cukup banyak kasus pasien positif virus Corona. Salah satunya ialah Depok, Jawa Barat.

 

2 dari 2 halaman

 


Langkah pertama yang harus dilakukan.

Ilustrasi/foto: shutterstock

Jika kamu sudah merasakan adanya ciri-ciri terinfeksi Corona atau pernah memiliki riwayat perjalanan di daerah terjangkit Corona, segera lakukan langkah pencegahan. Pasalnya, virus Corona memiliki penyebaran yang cepat.

Dilansir dari liputan6.com, kamu bisa menghubungi layanan pesan singkat COVID19.GO.ID (+62 811 3339 9000). Selain itu, pemerintah juga mengimbau untuk segera menghubungi call center 119 atau call center rumah sakit rujukan terdekat.

Saat menghubungi layanan tersebut, jangan lupa sertakan usia dan jenis kelamin. Lalu sampaikan gejala yang dirasakan serta riwayat perjalanan dalam dua pekan terakhir.

Tetap tenang dan tunggu arahan dari rumah sakit. Selain selalu jaga kebersihan, rajin cuci tangan serta gunakan masker saat berada di tempat umum. Jangan lupa untuk istirahat dengan cukup.

(brl/vin)