Brilio.net - Kamu mungkin terkejut ketika perut masih terlihat besar saat setelah melahirkan. Bagian tengah perut licin dan masih membuatmu terlihat masih hamil enam bulan. Banyak wanita mengalami hal itu, sehingga tak jarang banyak ibu menjadi lebih gemuk. Naiknya berat badan itupun akhirnya membuat para ibu mengalami krisis kepercayaan diri.

Kondisi itu disebut Liniea Nigra (garis gelap di perut) dan peregangan pada kulit perut. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa kembali seperti sedia kala. Dari saat bayimu lahir, perubahan hormon menyebabkan rahim berkontraksi, setidaknya butuh enam bulan agar bisa kembali menyusut ke ukuran normal sedia kala.

Sayangnya ada kalanya para wanita memilih jalan pintas, untuk mengecilkan perut yang belum diketahui baik buruknya. Jangan terburu-buru untuk segera mengecilkan perut secara praktis, karena tubuhmu baru saja melahirkan dan mengalami banyak trauma.

Apalagi kalau kamu melahirkan dengan cara operasi caesar. Setidaknya tunggu hingga enam minggu atau konsultasi lebih dulu pada dokter. Setidaknya pilihlah cara alami, aman dan efektif untuk mengecilkan perut. Nah, bagaimana cara cepat dan mudahnya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (3/10), berikut 13 cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

Loading...

1. Lakukan olahraga ringan.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Sebagai ibu baru biasanya akan susah tidur karena terus menjaga buah hati. Jarang yang berpikir kalau olahraga ringan dapat mengecilkan perut buncit setelah melahirkan.

Nah, kamu bisa olahraga ringan seperti senam di dalam rumah. Sebab olahraga ringan secara teratur dapat mengencangkan kembali otot-otot perut yang kendor menjadi kembali kencang.

Selain senam, bisa dengan latihan otot pada perut. Bisa kamu lakukan sambil duduk, berbaring atau berdiri. Caranya tarik perut ke bagian perut dalam dengan cara mengontraksikan otot perut, lalu tahan beberapa menit. Lakukan cara ini hingga beberapa menit.

2. Makan dengan porsi sedikit.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Buat kamu yang senang makan dalam porsi besar, lebih baik ubah gaya makanmu itu setelah melahirkan. Cara ini efektif untuk mengecilkan perut buncit, menghilangkan penumpukan lemak dan kalori berlebih pada perut. Dengan mengurangi porsi makan, maka berat badan lebih mudah untuk dikontrol.

3. Banyak minum air putih.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Sejatinya gaya hidup sehat dengan minum delapan gelas air setiap hari. Air putih memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan racun pada tubuh. Terutama pada bagian perut dan melancarkan proses pencernaan.

Air putih juga dapat mencegah lapar cepat datang. Dengan banyak minum air putih, maka nafsu makan akan berkurang. Perut jadi lebih rata seperti sedia kala sama seperti sebelum melahirkan.

4. Jalan kaki secara rutin.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Setelah melahirkan, mungkin beberapa wanita belum begitu bisa melakukan aktivitas berat. Berjalan kaki dapat menjadi solusi tepat untuk kamu yang ingin menguruskan perut lagi.

Jalan kaki termasuk olahraga kecil dan tidak akan memberatkan pasca melahirkan. Dengan menempuh jarak 1,5 km per hari, bisa membakar kalori sebanyak 100 kalori. Ajak serta buah hati agar kamu lebih bersemangat jalan kakinya.

5. Menyusui.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Salah satu cara mengecilkan perut paling mudah dan efektif adalah dengan menyusui bayi. Dengan menyusui, dapat membantu membakar kalori tubuh cukup besar. Efeknya bisa mencapai 500 hingga 700 kalori per hari.

Tanpa kamu sadari, perutmu akan semakin kecil seiring berjalannya waktu, hingga 6 bulan setelah melahirkan.

6. Konsumsi makanan penuh nutrisi.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Mengecilkan perut setelah melahirkan termasuk salah satu bagian dalam mengecilkan tubuh saat diet. Karena itu, jagalah kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi.

Perbanyak makan buah-buahan, biji-bijian, sayuran, makanan tinggi vitamin dan serat. Kontrol kadar kalori dan lemak pada tubuh. Pastikan makanan yang dikonsumsi selalu bergizi seimbang demi menjaga buah hati saat menyusui.

7. Pola tidur harus baik dan cukup.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Mungkin akan sulit buatmu untuk tidur dengan cukup saat si kecil belum genap satu tahun. Kendati demikian, dengan pola tidur yang baik, cara ini dapat membantumu mengecilkan perut secara efektif.

Sebab tidur merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan bisa menurunkan berat badan. Usahakan tidurlah ketika bayi juga sedang tidur.

8. Sempatkan waktu untuk tidur siang.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Saat masih awal, biasanya bayi akan terbangun di malam hari. Hal itu akan cukup membuatmu kurang tidur saat malam. Tak perlu cemas, waktu tidur pada siang hari ternyata lebih efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Lantaran dapat mengurangi dorongan diri untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi gula saat siang. Usahakan tinggalkan setelah semua pekerjaan rumah selesai, tidur sianglah bersama bayi.

9. Lakukan senam yoga.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Selain senam dan jalan kaki, yoga juga masuk dalam kategori senam ringan yang ampuh untuk mengecilkan perut. Tanpa harus keluar rumah dan meninggalkan buah hati, kamu bisa melakukan yoga di kamar.

Cobalah beberapa gerakan yoga standar dengan melihat video rekaman atau buku yoga. Tapi ingat, tentu harus kamu lakukan secara rutin ya.

10. Konsumsi teh hijau.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: pixabay.com

Teh hijau dapat mengurangi lemak pada perut dan dapat membantu proses pencernaan dengan baik. Antioksidan yang terdapat pada teh hijau mampu membantu membakar lemak dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Akan tetapi, bagi ibu yang baru saja melahirkan, disarankan jangan terlalu berlebihan mengonsumsi teh hijau. Karena segala sesuatu yang berlebihan tetaplah tidak baik.

11. Lakukan senam kegel.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: brightside.me

Senam kegel mampu membantu mengecilkan perut. Gerakan senamnya pun juga tidak terlalu sulit. Caranya berbaringlah di atas matras. Posisi kedua lutut menekuk setengah ke atas. Lalu tarik napas secara perlahan. Angkat panggul ke atas pelan-pelan. Buat punggung tidak menyentuh lantai selama 15 detik. Setelah itu, turunkan panggul kembali.

Ulangi gerakan ini sebanyak 8 hingga 10 kali setiap harinya atau sesuaikan dengan kemampuan. Secara tidak langsung senam ini dapat mengencangkan otot-otot perut dan mengencangkan otot kandung kemih.

12. Menggendong anak.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: unsplash.com

Menggendong anak jadi rutinitas bagi ibu baru. Untuk bisa mengecilkan perut, kamu bisa menyambi menggendong anak dengan gerakan squat. Caranya dari posisi awal berdiri, lakukan gerakan jongkok seakan mau duduk, kemudian berdiri kembali ke posisi semula.

Saat menggendong anak, kamu juga bisa sambil jalan-jalan di pagi hari. Aktivitas ini termasuk sederhana dan tentu bisa kamu lakukan setiap saat. Ya kan?

13. Konsumsi prebiotik.

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan pixabay

foto: pixabay.com

Mengecilkan perut buncit setelah melahirkan bisa dengan cara mengonsumsi makanan prebiotik. Yoghurt adalah salah satu menu yang mengandung prebiotik tinggi. Yoghurt pun sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan buang air besar.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran hijau. Sayur dan buah tinggi vitamin dan mineral, untuk menjaga daya tahan tubuh. Menu ini juga membantu meningkatkan ASI dan menurunkan berat badan karena rendah kalori.