×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bahaya bahan kimia di sunscreen, ternyata bisa masuk aliran darah

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Bahaya bahan kimia di sunscreen, ternyata bisa masuk aliran darah

Beberapa sunscreen mengandung bahan yang tidak baik untuk tubuh

13 / 05 / 2019 16:21

Brilio.net - Banyak orang yang takut menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Pasalnya sinar matahari yang sangat terik tentu membuat kulit kering dan panas. Banyak juga yang takut kulitnya terbakar karena sinar matahari.

Solusi singkat yang dilakukan untuk melindungi diri dari sinar matahari ialah dengan memakai sunscreen. Banyak produk sunscreen yang menawarkan perlindungan kulit paling ekstra. Nggak heran sunscreen jadi buruan banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa memakai sunscreen bisa menimbulkan bahaya?

Dilansir brilio.net dari Nypost.com, Senin (13/5), kandungan kimia pada sejumlah produk sunscreen atau tabir surya ternyata terserap ke dalam darah. Hasil penelitian ini tidak serta merta menyatakan bahwa terdapat bahaya dari kandungan kimia yang masuk ke tubuh tersebut, namun hal ini tetap harus menjadi perhatian.

"Hasil temuan ini menimbulkan banyak pertanyaan penting mengenai tabir surya serta prosesnya yang perlu dilihat oleh industri tabir surya, ahli klinis, organisasi keahlian, serta pemerintah dalam menilai kelebihan dan risiko dari pengobatan ITC topikal ini," jelas penulis penelitian tersebut.

Penelitian dilakukan terhadap 24 partisipan dengan meminta mereka mengoleskan satu dari empat jenis tabir surya baik berupa semprot, losion, atau krim. Para partisipan memakai tabir surya empat kali sehari selama seminggu pada bagian tubuh yang tak tertutup pakaian renang.

Loading...

Peneliti kemudian mengukur konsentrasi dari empat kandungan aktif yang berbeda dan umum digunakan dalam tabir surya. Empat kandungan tersebut yaitu avobenzone, oxybenzone, octocrylene dan ecamsule diukur dari darah partisipan.

Dari percobaan tersebut, peneliti menemukan bahwa tingkat kimia dari empat kandungan tersebut di darah melebihi 0,5 nanogram per milimeter (ng/mL). Sedangkan tiga kandungan kimia tetap berada di dalam dada hingga tujuh hari kemudian.

Walau sejumlah bahan tersebut tidak secara langsung berbahaya bagi tubuh, masih perlu dilakukan penelitian lagi tentang hal ini serta pengembangan pada produk tabir surya. Selain itu perlu dipertimbangkan juga apakah manfaat dari tabir surya lebih besar dibanding bahaya yang dimiliki.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya


Wave more