Brilio.net - Thailand bukan hanya soal Bangkok atau Pattaya yang menjadi jujukan turis berwisata. Bukan pula hanya pasar apung, pertunjukan tarian seribu tangan, dan atraksi gajah di Negara Gajah Putih ini. Banyak kuil atau candi umat Buddha maupun Hindu yang tersebar di negeri ini.

Salah satu destinasi wisata yang bakal bikin kamu takjub adalah White Temple (Kuil/Candi Putih). Nama aslinya adalah Wat Rong Khun, sebuah tempat ibadah pemeluk agama Buddha di Thailand. Kenapa kamu musti ke sana? Berikut ini udah brilio.net rangkum dari boredpanda dan Thaizer, 15 foto kemegahan White Temple buat kamu.

1. Warnanya tampak sederhana tapi sama sekali nggak mengurangi kemegahan White Temple itu sendiri.



foto: Ying Tong Low

 

2. Ukirannya terlihat super detail, keren banget!


foto: reddit


3. Kalau meminjam istilah anak muda kekinian, White Temple ini Instagramable. Betul nggak, sih?


foto: Paul Biris


4.  White Temple ini dibuat oleh seniman Thailand bernama Chalermchai Khositpipat pada tahun 1997 di desa Rong Khun, Provinsi Chiang Rai.



foto: Massimo


5. Tujuan pembangunan White Temple adalah untuk membuat salah satu karya terbesar di dunia seni dan mengundang orang dari berbagai penjuru dunia untuk datang ke sini.



foto: Jenny


6. Cita-cita Chalermchai adalah membangun candi yang melambangkan surga dengan kemilau putih yang menandakan kemurnian Sang Buddha. Nggak heran menyebutnya surga, tempat Tuhan di dunia.



foto: Nicola Frassineti


7. Sebelum kamu masuk ke bagian utama White Temple, kamu butuh menyeberangi jembatan kecil.



foto: Maya


Gimana, Sobat Brilio? Udah mupeng mampir ke White Temple kalau piknik ke Thailand? KLIK NEXT untuk tahu sisi megah White Temple yang lain.

2 dari 2 halaman


8. Nuansa putihnya memang bikin kamu membayangkan kayak lagi di surga yang identik dengan kemurnian dan kesucian kayak di film-film, ya.



foto: Vivian Wan


9. Air mancur menambah kecantikan White Temple.



foto: Passenger32A


10. Nggak jauh-jauh dari ornamen gajah.



foto: Ddalbiez


11. Kamu nyadar nggak sih, foto-foto White Temple yang ada menunjukkan ujung-ujung setiap ukiran ornamen bangunan selalu meruncing ke atas? Seakan selaras dengan niatan Chalermchai tentang menjadikan tempat ini berkesan seperti surga. Surga sendiri identik dengan posisi di atas.



foto: Bob Gala


12. Walaupun White Temple terbuka untuk umum, para wisatawan yang berkunjung ke sini harus tetap bersikap sopan, mengingat ini adalah bangunan agama.



foto: Kamren B


13. Pengambilan foto di White Temple nggak boleh sembarangan. Selain itu pengunjung juga harus melepas sepatu, menutup bahu dan lutut sebelum memasuki bagian utama White Temple, di mana gambar Buddha berada.



foto: Siebe


14. White Temple buka setiap hari dari pukul 08.00-18.00 secara gratis, tapi sumbangan seikhlasnya dipersilakan. Kalau ke sini, kamu nggak perlu khawatir kelaparan dan kehausan karena di sekitar White Temple ada kedai-kedai kopi dan restoran sambil duduk-duduk bersantai.



foto: Ji Jirawat


15. Eits, kalau ke toilet area White Temple, kamu bakal melongo. Sumpah! Bangunan megah warna emas ini adalah toilet, lho.


foto: thaizer.com