Brilio.net - Nenek moyang manusia yang hidup ribuan tahun lalu telah mewarisi berbagai bangunan dan monumen megah yang masih bisa disaksikan sampai sekarang. Jika mengamati struktur serta ketahanannya, jelas monumen tersebut dirancang dengan sangat detail dengan menggunakan ilmu sains modern.

Kalau memang begitu, yang menjadi pertanyaannya adalah apa fungsi, tujuan dan bagaimana bangunan dan monumen raksasa itu dibuat. Sampai sejauh ini, ada banyak teori, konsep, maupun kepercayaan yang berkembang di masyarakat.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (25/5), berikut kisah misterius asal-usul monumen dunia.

1. Borobudur, Indonesia.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: images-resrc.staticlp.com

Loading...

Ada sejumlah teori seputar asal-usul terbentuknya candi yang terletak di sebelah selatan kota Magelang ini. Teori yang paling umum, candi Borobudur merupakan peninggalan kerajaan Buddha. Candi ini konon dibangun oleh Samaratungga dari Dinasti Syailendra selama 50 tahun, mulai 778 sampai 856 Masehi.

Namun ada literatur lain yang menyebut candi Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman yang di Negeri Saba (Tanah Jawa). Menurut KH Fahmi Basya melalui penelitiannya, bukti bila Borobudur dibangun Nabi Sulaiman yaitu adanya kisah-kisah dalam Alquran di relief-relief dinding candi.

2. Stonehenge, Inggris.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: pixabay.com

Menurut legenda, kompleks batu ini dibangun oleh seorang penyihir bernama Merlin. Bahkan, Stonehenge muncul jauh sebelum Raja Arthur. Tapi yang jadi pertanyaan: Bagaimana orang dulu mengangkut batu-batu raksasa ini dari lokasi tambang yang ditemukan ratusan kilometer jauhnya? Selain itu, tujuan pembangunan monumen ini belum jelas, entah itu observatorium atau tempat beribadah bagi nenek moyang dahulu.

3. Baalbek, Libanon.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: shutterstock.com

Bangunan yang mirip kuil dengan gaya antik ini konon dulunya salah satu bangunan megah sebuah kota yang pernah makmur. Padahal waktu itu, bangsa Roman tidak memiliki teknologi apapun yang dapat membuat blok batu itu yang beratnya mencapai 1000 ton. Sebagai perbandingan, Piramida di Mesir 'hanya' memiliki berat 90 ton.

4. Tikal, Guatemala.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: shutterstock.com

Konon bangunan ini merupakan salah satu pemukiman bangsa Maya. Dalam kompleks tersebut, ada kolam buatan, sebuah lapangan untuk permainan bola, dan istana. Namun yang unik dari kompleks tersebut, adanya piramida yang memiliki struktur indah. Ada banyak teori tentang fungsi piramida itu, diantaranya sebagai tempat ibadah, pusat penelitian, bahkan kuburan.

5. Petra, Yordania.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: shutterstock.com

Bangunan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut ini tersembunyi di dinding batu. Asal-usul dan fungsi bangunan ini pun belum jelas. Ada yang menyebut Petra dulunya dipakai sebagai kuil atau makam. Terlepas apapun itu, jelas di pembuat bangunan ini butuh waktu yang lama dan tingkat kejelian yang tinggi untuk memahat dinding batu menjadi mahakarya yang menakjubkan tersebut.

BACA JUGA: 9 Benda misterius ini pernah jatuh dari langit, di Indonesia juga ada!

6. Terracotta Army, China.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: shutterstock.com

Tempat yang menjadi makam Qin Shi Huang ini terdapat lebih dari 8000 patung prajurit Cina dan kuda. Patung tentara ini konon dibuat pada tahun 200 SM. Selama penggalian (dari tahun 1970-an) para ilmuwan harus bekerja ekstra hati-hati. Salah satu teori menyebut alasan pembuatannya adalah untuk tujuan keamanan. Karena menurut legenda kuno, mereka harus menemani kaisar di alam baka.

7. Angkor Wat, Kamboja.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: shutterstock.com

Banyak ilmuwan modern yang meragukan kompleks bangunan Angkor Wat dibangun oleh bangsa Khmer. Bangunan ini memilik struktur yang sangat padat dan halus. Pemandangan di Angkor Wat terlihat menakjubkan ketika musim hujan. Dengan adanya parit yang lebar, Angkor Wat mirip dengan sebuah pulau di tengah lautan yang luas.

8. The Easter Island Statues, Chili.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: shutterstock.com

Deretan patung yang berada di sebuah pulau di perairan Samudra Pasifik ini juga masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Ada yang mengatakan patung ini dipindahkan dari tempat lain. Sayangnya, orang-orang yang keturunan bangsa pembuat patung itu telah punah akibat perbudakan dan perdagangan manusia.

9. Patung Sphinx, Mesir.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: shutterstock.com

Patung kolosal yang berada di tengah gurun ini mungkin akan tetap menjadi misteri terbesar sepanjang masa. Teori yang paling umum, patung ini dibangun oleh Firaun. Sejumlah penelitian telah dilakukan, namun berakhir dengan insiden serta pelarangan dari pihak yang berwenang.

10. Prambanan, Indonesia.

Monumen misterius dunia © 2016 brilio.netfoto: ezroadtrips.com

Tak jauh berbeda dengan kisah candi Borobudur, asal-usul candi Prambanan pun masih menyisakan misteri yang belum terpecahkan. Kisah yang banyak dipercayai masyarakat yaitu bangunan ini dulunya dibangun atas permintaan Roro Jonggrang kepada Joko Bandung sebagai syarat jika ingin menikahi dirinya. Meski begitu, sejauh ini tidak ada bukti ilmiah bagaimana proses terbentuknya candi legendaris tersebut.