Brilio.net - Kuba menjadi perbincangan dunia internasional ketika Presiden Barack Obama mengunjunginya setelah 9 dekade tak ada pemimpin Amerika Serikat yang ke sana. Meski banyak stigma negatif, bukan berarti Kuba tidak masuk ke dalam negara yang menyenangkan untuk menghabiskan liburan bersama teman maupun keluarga. Keindahan pantai Kuba menyamai keindahan pantai-pantai di Miami, Amerika Serikat sehingga sayang untuk kamu lewatkan.

Nah, jika kamu memiliki rencana untuk berkunjung ke Kuba, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagaimana dilansir brilio.net dari Time, Selasa (22/3):

1. Minimal kamu menguasai bahasa Spanyol atau membawa temanmu yang bisa berbahasa Spanyol.

Berkunjung ke Kuba © 2016 brilio.net

Ya, bahasa adalah hal yang penting di setiap negara yang kamu kunjungi termasuk di Kuba. Bahasa yang digunakan di negara ini adalah bahasa Spanyol bukan Inggris. Jika kamu kesulitan untuk menguasai bahasa Spanyol, maka bisa mengajak temanmu yang menguasai bahasa itu.

Loading...

2. Kuasai cara membaca peta kertas dengan baik.

Berkunjung ke Kuba © 2016 brilio.net

Tidak begitu terampil membaca peta kertas dengan baik? Sebelum mengunjungi Kuba sebaiknya kamu mengasah kemampuanmu di bidang ini. Sebab, kamu tidak bisa menggunakan bantuan GPS atau peta digital apapun saat berada di Kuba. Masyarakat di negara ini tidak begitu familiar dengan internet dan sangat sulit untuk mendapatkan akses internet.

3. Bawalah uang tunai yang kamu butuhkan selama liburan.

Berkunjung ke Kuba © 2016 brilio.net

Meski membawa uang tunai dalam jumlah banyak membuatmu was-was, tapi hal itu lebih baik dibandingkan membawa kartu kredit atau kartu ATM ke Kuba. Akses untuk ATM dan transaksi elektronik secara online tidak dapat kamu temukan di negara ini.

4. Lakukan perjalanan mandiri tanpa bantuan travel agen.

Berkunjung ke Kuba © 2016 brilio.net

Perjalanan ke Kuba akan menjadi tidak biasa jika kamu melakukannya mandiri tanpa bantuan agen travel. Sebab banyak tempat di Kuba yang menarik dan jarang dimasukkan ke dalam daftar kunjungan agen travel.

5. Pahami simbol di rumah masyarakat.

Berkunjung ke Kuba © 2016 brilio.net

Hal unik berikutnya dari Kuba berasal dari tempat penginapan di rumah warga. Ya, jika kamu berkunjung ke Kuba hindari untuk mencari hotel dengan harga yang mahal. Kamu cukup memahami simbol di depan rumah warga yang menyediakan kamar tidur. Biasanya warga yang menyediakan kamar tidur akan memasang simbol B di depan rumahnya.

6. Perlengkapan snorkeling.

Berkunjung ke Kuba © 2016 brilio.net

Kamu tidak boleh melewatkan kesempatan emas untuk snorkeling di setiap pantai indah di sepanjang pesisir Kuba. Maka dari itu kamu wajib membawa perlengkapan snorkeling pribadi karena persewaan peralatan itu di negara ini sangat jarang.

7. Legenda masyarakat Kuba.

Berkunjung ke Kuba © 2016 brilio.net

Masyarakat Kuba masih memahami berbagai cerita rakyat seperti keberadaan hantu Ernest Hemingway. Jadi jangan heran jika kamu menemukan kisah-kisah horor si sana.