×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Usai gerhana bulan, 4 fenomena astronomi ini terjadi di bulan Juli

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

Usai gerhana bulan, 4 fenomena astronomi ini terjadi di bulan Juli

Alangkah lebih baiknya gunakan teleskop untuk dapat menikmati semua fenomena alam langka ini

17 / 07 / 2019 15:31

Brilio.net - Fenomena astronomi adalah momen yang sangat menakjubkan bagi kebanyakan orang. Selain bisa mensyukuri nikmat Tuhan, kita bisa memanfaatkan momen tersebut untuk banyak aktivitas, seperti penelitian, pengamatan jarak jauh hingga untuk obyek wisata. Tak jarang, fenomena astronomi membuat kesan mendalam bagi orang yang menyaksikan.

Salah satu fenomena alam yang sangat kita nantikan adalah gerhana, baik gerhana bulan maupun gerhana matahari. Momen ini bisa jadi sangat langka karena tak sering muncul tiap tahunnya. Contohnya, gerhana bulan parsial atau yang sering disebut gerhana bulan sebagian yang bisa kita lihat pada Rabu (17/7) dini hari.

Gerhana tersebut diprediksi akan menjadi gerhana bulan terakhir yang terjadi pada tahun ini. Hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu alasan mengapa kita tak sampai hati melewatkan gerhana bulan parsial di bulan Juli.

Namun, tahukah kamu bahwa gerhana bulan parsial bukanlah satu-satunya fenomena astronomi yang terjadi di Juli 2019? Ada beberapa momen-momen istimewa yang terjadi di antariksa yang tak kalah menarik untuk kita ketahui.

Momen-momen tersebut sebenarnya juga muncul pada awal hingga akhir Juli 2019. Bahkan, kita bisa sangat beruntung jika bisa menyaksikan dengan alat berteknologi mutakhir.

Loading...

Nah, berikut brilio.net kumpulkan beberapa fenomena astronomi yang terjadi di pertengahan hingga akhir Juli 2019, seperti dikutip dari berbagai sumber Rabu (17/7).

1. 16 Juli 2019.

fenomena astronomi bulan juli  © 2019 brilio.net

foto: spacetourismguide.com

Fenomena langit yang terjadi di pertengahan bulan Juli 2019 adalah terlihatnya bulan, Saturnus dan Pluto terlihat secara kasat mata. Posisi benda-benda langit tersebut berdekatan di langit arah barat daya pukul 21.00 WIB.

Namun, fenomena menakjubkan itu akan lebih jelas jika dilihat dengan menggunakan teleskop. Sayangnya, fenomena ini diprediksi akan kurang terlihat jelas karena bertepatan dengan posisi bulan penuh atau full moon.

2. 21 Juli 2019.

fenomena astronomi bulan juli  © 2019 brilio.net

foto: spacetourismguide.com

Jika kita pernah mendengar fenomena meteor Alpha-Cygnid, fenomena ini akan mengalami fase puncak pada tanggal 21 Juli 2019. Pada malam puncak hujan meteor ini akan sangat berkesan bagi orang yang melihat, karena bisa melihat lima meteor setiap jamnya. Hujan meteor ini mengalami fase akhir pada Agustus 2019.

3. 28 Juli 2019.

fenomena astronomi bulan juli  © 2019 brilio.net

foto: canberratimes.com.au

Pada akhir Juli 2019 langit akan terlihat sangat indah dengan adanya fenomena puncak hujan meteor Delta Aquariid. Namun momen ini bisa terlewatkan jika terjadi hujan di malam hari.

Dikutip dari earthsky.org, waktu yang tepat untuk menonton terbaik adalah pukul 02.00 untuk semua zona waktu di seluruh dunia. Hujan meteor Delta Aquariid akan disusul dengan hujan meteor Perseid pada bulan Agustus mendatang.  

4. 31 Juli 2019.

fenomena astronomi bulan juli  © 2019 brilio.net

foto: spacetourismguide.com

Satu lagi hujan meteor yang terjadi di Bulan Juli adalah hujan meteor Piscis Australid. Seperti namanya, hujan meteor ini dapat dilihat lebih rendah di langit tenggara belahan bumi selatan.

Kita dianjurkan untuk melihat tidak lebih dari 30° di atas cakrawala. Penampakan langit ini tidak akan terhalang oleh bulan, namun hasilnya diprediksi hanya sekitar lima meteor per jam dalam kondisi ideal.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more