Brilio.net - Siapa yang tak kenal kontes kecantikan? Mulai dari Miss Universe hingga Miss World. Setiap tahunnya, kontes kecantikan tersebut menjadi sorotan publik dan ramai diperbincangkan. Bahkan hampir semua kontes tingkat dunia berlangsung berbarengan. Tahukah kamu jika mau ditelusuri, kontes kecantikan atau beauty pageants banyak sekali di dunia ini, ada ratusan, bahkan bisa mencapai ribuan kontes kecantikan.

Kontes kecantikan adalah kompetisi yang fokus pada keindahan fisik kontestan. Penilaian akan dilihat dari kepribadian, bakat, dan jawaban atas pertanyaan juri sebagai kriteria penilaian. Jika terpilih untuk menyandang gelar tersebut, hal itu menjadi suatu kebanggaan yang luar biasa. Selain dirinya sendiri, ia juga turut membawa nama negara.

Dari sekian banyak nama kontes kecantikan tersebut, menurut Official Global Beauties, yakni suatu organisasi pengamat kontes kecantikan dunia, ada lima kontes kecantikan dunia yang dianggap cukup besar dan bergengsi. Penasaran apa saja itu? Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (18/12).

1. Miss World.

5 Kontes kecantikan istimewa

Loading...

foto: Instagram/@missworld

Miss World merupakan ajang tertua dari semua kontes kecantikan yang ada di dunia. Kontes kecantikan dunia ini pertama kali didirikan Eric Morley pada tahun 1951 dan pertama kali diadakan di Inggris. Sejak kematiannya pada tahun 2000, kontes kecantikan tertua ini digantikan oleh Istri Morley, Julia Morley.

Kontes kecantikan yang diadakan setiap tahunnya ini mempunyai fokus pada kegiatan sosial dengan moto Beauty With A Purpose. Kontes ini bertujuan dengan meletakkan porsi nilai terbesar kontes pada penilaian dampak kinerja para kontestan pada organisasi nonprofit atau organisasi yang ia buat sendiri.

2. Miss Universe.

5 Kontes kecantikan istimewa

foto: Instagram/@missuniverse

Miss Universe merupakan kontes kecantikan dunia, di mana awalnya merupakan acara Pacific Mills untuk mempromosikan produk pakaian renang Catalina pada 1952. Nama Miss Universe pertama kali kali digunakan oleh International Pageant of Pulchritude pada tahun 1926. Kontes ini diadakan setiap tahun sampai 1935, hingga Perang Dunia II membuat acara ini terhenti.

Saat ini Miss Universe menjadi kontes kecantikan yang begitu terkenal dan digandrungi banyak orang. Sejak berdirinya tahun 1952, Miss Universe cukup populer di kawasan Amerika Latin dan juga beberapa negara Asia. Dalam kontes kecantikan ini kuncinya adalah percaya diri dalam menghadapi situasi apapun.

3. Miss International.

5 Kontes kecantikan istimewa

foto: Instagram/@bungajelitha66

Miss International merupakan kontes kecantikan ketiga terbesar di dunia setelah Miss World dan Miss Universe. Ajang kecantikan ini pertama kali diselenggarakan di Long Beach, California, AS pada 1960. Seiring berjalannya waktu, kontes kecantikan ini pindah ke Tokyo, Jepang yang dikelola oleh The International Culture Association yang berfokus pada pemberdayaan peran wanita di kehidupan sosial.

Indonesia untuk pertama kalinya meraih mahkota Miss International pada tahun 2017, lewat partisipasi runner-up 1 Putri Indonesia, Kevin Lilliana. Ia mengalahkan hampir 65 kontestan dari berbagai negara.

4. Miss Supranational.

5 Kontes kecantikan istimewa

foto: Instagram/@misssupranational

Miss Supranational merupakan kontes kecantikan yang diprakarsai World Beauty Association dengan kantor pusat di Panama, serta diadakan pertama kali pada tahun 2009. Namun kini kontes kecantikan ini berpusat di Polandia. Kontes kecantikan berfokus pada pemberdayaan dan kepribadian wanita di dunia.

Indonesia pernah ikut serta dalam ajang kecantikan ini, pada tahun 2013, 2014, 2015, 2016 dan 2017. Prestasinya cukup baik, di tahun 2016 memasuki Top 10 serta membawa dua penghargaan yaitu Miss Multimedia Awards dan Miss Elegance. Pada tahun 2017, prestasinya juga terbilang baik yakni Karina Nadila masuk 25 Besar Miss Supranational 2017.

5. Miss Grand International.

5 Kontes kecantikan istimewa

foto: Instagram/@missgrandinternational

Miss Grand International adalah kontes kecantikan yang bertujuan untuk ikut serta menciptakan perdamaian dan menghentikan peperangan di dunia. Kontes kecantikan satu ini bisa dikatakan baru jika dibandingkan dengan empat kontes kecantikan di atas.

Kontes yang berbasis di Bangkok, Thailand ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013. Didirikan oleh serorang pebisnis Thailand bernama Nawat Itsaragrisil. Meskipun masih dibilang pemula, namun kontes kecantikan ini sangat dipertimbangkan karena menyajikan suguhan yang cukup entertaining.