Brilio.net - Prolog adalah bagian pengantar dalam suatu naskah yang berisi dialog atau kilas balik mengenai suatu peristiwa yang terjadi di dalam sebuah cerita. Pada dasarnya, prolog bersifat opsional, tetapi prolog dapat membuat pembaca atau penonton tertarik untuk mengetahui keseluruhan isi cerita.

Prolog berfungsi untuk mengungkapkan situasi cerita untuk mendapatkan perhatian pembaca atau penonton. Biasanya prolog berisi pengantar karakter tokoh dan konflik serta berisi rangkuman permainan di dalam sebuah drama. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai prolog, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (23/6).

Pengertian prolog

pengertian prolog dan fungsinya © berbagai sumber

foto: Unsplash/Super Snapper

Prolog adalah salah satu bagian naskah yang ditulis oleh pengarang pada bagian awal. Prolog umumnya berisi satu atau beberapa keterangan atau pendapat pengarang mengenai cerita yang akan disajikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prolog adalah pembukaan dalam sandiwara, musik, pidato, dan sebagainya.

Pendapat lain menyebutkan bahwa prolog merupakan bagian pembuka dalam sebuah drama atau sandiwara. Prolog juga dapat diartikan sebagai suatu peristiwa pendahuluan sebagai pengantar naskah yang berisi keterangan atau pendapat pengarang mengenai cerita yang akan disajikan. Prolog dapat berisi mengenai sinopsis lakon, pengenalan para tokoh, gambaran suasana, serta konflik-konflik yang akan terjadi di dalam naskah drama tersebut.

 

(brl/pep)