Brilio.net - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki sumber keanekaragaman hayati tersebar di seluruh pelosok Tanah Air. Kekayaan sumber daya alam hayati dapat menjadi tumpuan untuk pembangunan nasional selain jenis sumber daya alam tak terbarukan seperti gas alam dan minyak bumi.

Sumber daya alam hayati meliputi flora dan fauna. Fauna adalah segala jenis hewan yang hidup dan berhabitat di bumi. Beragam jenis fauna tersebut memiliki habitat yang beragam mulai dari daratan hingga laut. Untuk memahami lebih rinci mengenai fauna, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (23/6).

Pengertian fauna

 penjabaran tentang fauna © berbagai sumberfoto: Unsplash/Chris Stenger

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fauna adalah keseluruhan kehidupan hewan suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu. Fauna juga dapat diartikan sebagai karya atau penerbitan yang memuat daftar dan penelaahan jenis hewan suatu habitat, daerah, atau strata tertentu. Secara umum, fauna adalah semua jenis hewan yang hidup di suatu habitat.

Fauna memiliki kelompok yang beragam dan ada beberapa fauna yang menjadi endemik suatu daerah. Contohnya, burung cendrawasih yang menjadi endemik asli dari Pulau Papua. Badak bercula satu juga menjadi fauna asli Pulau Jawa serta harimau sumatera yang menjadi fauna asli Pulau Sumatera. Fauna memiliki nama imbuhan geografis seperti hewan peralihan, hewan asia dan hewan Australia.

Pemerintah juga turut menetapkan berbagai jenis kekayaan sumber daya alam hayati ke dalam bentuk Identitas Flora dan Fauna Daerah yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional.

(brl/ola)