Brilio.net - Biografi jadi salah satu bacaan favorit banyak orang. Nggak hanya menginspirasi, biografi juga memberikan banyak ilmu pengetahuan baru.

Seperti dengan pengertiannya, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Bisa dikatakan biografi merupakan suatu karya tulis yang berisikan rangkaian kisah nyata tentang seorang tokoh.

Teks biografi memiliki tujuan untuk menceritakan kisah seseorang, biasanya orang yang berpengaruh atau fenomenal di tengah masyarakat. Orang yang menjadi objek biografi biasanya menjadi sosok yang memberikan pengaruh besar kepada sekitarnya. Meskipun menceritakan kisah hidup seseorang, namun biasanya penulis akan menyampaikan informasi secara netral.

Teks biografi memberikan banyak manfaat juga lho. Selain kamu bisa mengenal lebih dekat dengan seorang tokoh, kamu juga mendapatkan motivasi, ilmu baru, dan juga bisa mengetahui sisi lain dari tokoh tersebut.

Di dalam sebuah biografi kamu nggak hanya bisa menemukan kehidupan seorang tokoh, namun juga bisa dari perjalanan karier seseorang. Bagaimana lika-liku yang ia lalui dari dasar hingga menjadi seseorang yang besar. Sebagai contoh, kamu bisa menemukannya dalam biografi seorang penyanyi besar. Di dalamnya kamu bisa mengetahui apa saja yang sudah ia lalui untuk meraih posisinya saat ini.

Loading...

Meskipun sudah banyak yang nggak asing, tapi sebenarnya teks biografi juga memiliki beberapa pengertian lho. Beberapa pihak dan ahli menjelaskan pengertian teks biografi ini agar pembaca lebih mudah memahaminya.

Pengertian biografi menurut para ahli.

Teks biografi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. Toyidin.

Menurut Toyidin (2013 : 292) biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Pembaca membaca biografi orang lain biasanya ingin tahu ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut yang dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan tolak ukur dirinya.

2. Kemendikbud.

Sedangkan Kemendikbud menerangkan bahwa teks biografi merupakan teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan masalah yang dihadapinya.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Bisa dikatakan biografi merupakan suatu karya tulis yang berisikan rangkaian kisah nyata tentang seorang tokoh.

Ciri-ciri teks biografi.

Teks biografi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Nggak sulit untuk menemukan sebuah teks biografi. Biasanya ada teks biografi akan memunculkan beberapa point tertentu yang akan menjadi ciri khasnya.

Hal ini juga bisa memudahkan kamu dalam memahami teks biografi. Ada apa saja cirinya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Berdasarkan fakta.

Teks biografi harus berdasarkan fakta atau kenyataan yang terjadi. Perjalanan asli hidup seseorang menjadi pesan yang disampaikan dalam biografi.

2. Berisikan pengalaman seseorang.

Ini dia salah satu daya tarik dari biografi. Pengalaman hidup seseorang yang tertuang dalam biografi akan membawamu larut dalam buku. Kamu bisa membayangkan bagaimana lika-liku yang tokoh tersebut hadapi. Baik dari sisi yang menyenangkan maupun yang penuh perjuangan. Beragam cara dalam menyelesaikan masalah juga jadi pelajaran penting yang bisa kamu dapatkan dalam biografi. Dan hal ini juga yang biasanya bisa memberikan motivasi baik untuk pembacanya.

3. Memiliki struktur jelas.

Ciri lain yang dapat kamu temukan dalam teks biografi adalah adanya struktur jelas yang menyusun narasi tersebut. Di balik menariknya kisah seorang tokoh, penulis biografi akan merangkai cerita tersebut melalui sebuah struktur.

Struktur biografi terdiri dari orientasi, masalah, dan reorientasi. Dan melalui struktur inilah yang membuat pembaca lebih mudah memahami kisah seseorang.

Unsur kebahasaan biografi.

Teks biografi © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah kamu mengetahui bagaimana ciri-ciri dari teks biografi, ada unsur lain yang menonjol dalam sebuah biografi. Dengan memahami ini juga akan mempermudahmu untuk mencoba membuat biografi lho, simak yuk.

1. Kata hubung.

Kata ini memiliki fungsi sebagai penyambung antara satu kata dengan kata yang lain dalam sebuah kalimat dan juga kata hubung antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. Sesuai dengan fungsinya, kata hubung dibagi menjadi dua, konjungsi intrakalimat dan konjungsi antarkalimat.

2. Rujukan kata.

Rujukan kata merupakan kata yang merujuk pada kata lain yang sudah diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dibagi dalam beberapa bagian diantaranya, kata rujuk benda, kata rujuk tempat, dan kata rujuk orang.

3. Waktu dan tempat.

Salah satu yang khas dari biografi adalah kamu akan menemukan kata yang menunjukkan waktu, tempat, dari peristiwa tokoh tersebut. Sehingga kamu akan mendapat gambaran lebih jelas ketika memahami sebuah teks biografi.