Brilio.net - Pasti kamu sudah nggak asing dong mendengar istilah biografi? Emm atau mungkin kamu malah sudah sering membaca teks biografi?

Nah membuat teks biografi tidaklah susah loh kalau kamu mengetahui strukturnya. Namun bagi kamu yang belum mengetahui apa itu biografi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa unsur seperti pengertiannya maupun manfaatnya.

Ya tujuannya agar kita tidak menjadi pembaca yang konsumtif saja dan bisa lebih menghargai karya penulis.

Di dalam biografi, disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang diulas.

Nah biar nggak penasaran apa itu teks biografi, langsung aja yuk simak ulasan di bawah ini.

Loading...

Berikut pengertian, struktur dan manfaat teks biografi, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (20/4).

Pengertian teks biografi.

Teks biografi pada intinya adalah sebuah teks yang bertujuan untuk menceritakan kisah seseorang, biasanya orang yang berpengaruh atau fenomenal di tengah masyarakat. Kalau menurut KBBI, biografi merupakan riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Bisa dikatakan biografi merupakan suatu karya tulis yang berisikan rangkaian kisah nyata tentang seorang tokoh.

Tujuan dari teks biografi ini untuk memberikan edukasi masyarakat terkait berbagai sisi dari sebuah tokoh. Nah sisi ini nggak hanya sisi baik saja, melainkan juga sisi buruk yang sudah familiar di kalangan masyarakat.

Biografi merupakan suatu bentuk yang kompleks. Dalam membuat teks biografi sebaiknya diusahakan mampu meliputi segala aspek dalam kehidupan seseorang atau tokoh. Selain itu, berusaha untuk netral supaya masyarakat atau pembaca tidak menghakimi, baik secara positif maupun negatif, terhadap tokoh tersebut.

Struktur teks biografi.

manfaat teks biografi © 2020  pixabay.com

foto: freepik.com

1. Orientasi.

Pada tahap awal atau orientasi ialah sebuah bagian pengenalan mengenai dari tokoh, di mana dapat berisi cerita awal tentang tokoh tersebut di dalam teks biografi yang akan dibuat.

2. Peristiwa dan masalah.

Kemudian pada tahap selanjutnya merupakan bagian kejadian ataupun peristiwa yang dialami oleh tokoh, umumnya berisi penjelasan suatu cerita. Nah cerita tersebut baik berupa pemecahan masalah, proses berkarir, peristiwa menyenangkan, menegangkan, menyedihkan bahkan mengesankan sekalipun yang pernah dialami oleh tokoh. Sehingga mengantarkannya meraih sebuah mimpi, cita-cita serta kesuksesan.

3. Reorientasi.

Nah pada tahap terakhir ini ialah bagian penutup, umumnya berisi mengenai pandangan penulis kepada tokoh yang telah dikisahkan di dalam teks biografi. Reorentasi ini bersifat opsional semata, sehingga boleh ada ataupun tidak ada, tergantung si penulisnya.

Manfaat teks biografi.

manfaat teks biografi © 2020  pixabay.com

foto: freepik.com

1. Mengenal secara mendalam tentang tokoh idola.

Ya seperti artinya biografi adalah tentang riwayat hidup tentang pencapaian yang sudah diraih seseorang. Entah dia seorang politikus, negarawan, aktor atau siapapun. Di sini para para pembaca dapat mengetahui perjuangan perjalanan hidup seseorang hingga mencapai sukses.

2. Menjadi teladan bagi pembaca.

Biografi bisa menjadi petunjuk dan teladan tentang hal-hal yang baik untuk ikut dilakukan, dan sebaliknya, hal-hal tak baik yang tidak semestinya diikuti.

3. Memberikan motivasi dan semangat bagi pembaca.

Dengan membaca teks biografi dapat menularkan semangat dan optimisme. Maka kamu bisa nih sering-sering membaca biografi tokoh-tokoh penting, agar dapat termotivasi untuk sukses mencapai kehidupan.

4. Menghargai dan menghormati tokoh idola sesuai dengan perjuangannya.

Ya biografi mampu meningkatkan kemampuan kita untuk ikut berempati. Kita lebih mudah terbawa perasaan sedih, terharu atau pun bahagia membaca pengalaman hidup tokoh sesuai dengan dengan perjuangannya.

5. Mengajak kita berpikir.

Ketika kamu membaca dan mengikuti pengalaman seseorang dalam sebuah buku biografi, secara tidak langsung kita juga akan ikut mengidentifikasi riwayat hidup tokoh tsb.

Macam-macam teks biografi.

manfaat teks biografi © 2020  pixabay.com

foto: freepik.com

Berdasarkan isinya.

1. Biografi perjalanan hidup.

Isinya berupa perjalanan hidup lengkap atau sebagian yang paling berkesan.

2. Biografi perjalanan karier.

Isinya berupa perjalanan karir terbaru, atau sebagian perjalanan karir dalam mencapai sukses tertentu.

Berdasarkan sisi penulisnya.

1. Autobiografi.

Ditulis sendiri oleh tokoh yang tercatat perjalanan hidupnya.

2. Biografi.

Ditulis oleh orang lain, berdasarkan izin penulisan dibagi atas:

Authorized biography, yaitu biografi yang penulisannya seizin atau sepengetahuan tokoh di dalamnya.

Anauthorized biography, yaitu biografi yang ditulis seseorang tanpa sepengetahuan atau seizin tokoh di dalamnya (biasanya karena telah meninggal dunia).

Berdasarkan pembahasan.

1. Biografi politik.

Biografi ini ialah penulisan tokoh-tokoh di sebuah negeri dari sudut politik. Dalam biografi semacam ini dikumpulkan biasanya melalui riset. Namun, biografi semacam ini kadang kala tidak lepas dari kepentingan penulis ataupun sosok yang ditulisnya.

2. Intelektual biografi.

Untuk biografi ini disusun melalui riset dan segenap temuan dituangkan penulisnya dalam gaya penulisan ilmiah yang hampir mirip dengan biografi politik.

3. Biografi jurnalistik.

Sebuah biografi dimana materi penulisan biasanya diperoleh dari hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis maupun yang menjadi rujukan sebagai pendukung penulisan. Ini lebih ringan karena cuma keterampilan dan wawancara.

Berdasarkan penerbitnya.

1. Buku sendiri.

Penerbit buku kategori ini dilakukan atas inisiatif penerbit dengan seluruh biaya penulisan, percetakan, dan pemasaran ditanggung produsen. Biografi jenis ini biasanya memuat kisah hidup tokoh-tokoh yang diperkirakan akan menarik perhatian publik.

2. Buku subdisi.

Ongkos pembuatan buku janis ini sebagian dibiayai oleh sponsor. Biasanya pola ini dilakukan pada buku-buku yang diperkirakan dari segi komersial diperkirakan tidak akan laku/kalaupun laku bisa dijual harganya sangat tinggi sehingga tidak terjangkau.