Brilio.net - Panda merupakan hewan yang sangat menggemaskan. Hewan asal China ini memiliki warna khas pada bulu di tubuhnya, yaitu hitam dan putih. Tapi tahukah kamu, ternyata dua warna pada bulu panda itu memiliki fungsi yang berbeda lho.

arti warna panda © 2017 brilio.net

Dilansir brilio.net dari TravelandLeisure, Sabtu (15/4) para peneliti dari Universitas California menemukan jika warna bulu-bulu panda memiliki manfaat berbeda. Misalnya saja warna putih berguna ketika mereka sedang bersembunyi di habitat salju ketika gelap mereka melakukan kamuflase dan berkomunikasi.

“Penelitian ini melakukan perawatan berbeda dari setiap tubuh sebagai area independen,” jelas Tim Caro.

Sementara warna hitam di pundak dan kaki panda berguna untuk bersembunyi di lingkungan gelap, tetapi mereka memiliki telinga hitam untuk memberikan sinyal agresi terhadap datangnya predator. Selain itu, warna hitam di bagian mata membantu mereka mengingat panda lainnya.

Para peneliti itu juga mengungkapkan jika panda memang sangat berbeda dibandingkan mamalia lainnya. Dari segi makanan saja yang memilih bambu ini disebabkan mereka harus menjaga diet agar tidak terlalu banyak lemak ketika hibernasi.