Brilio.net - Untuk kamu yang bepergian dengan kereta, pasti tidak asing dengan papan yang menunjukkan nama stasiun. Tapi apakah kamu tahu arti angka yang berada pada pojok papan nama tersebut?

Jika berpikir angka tersebut adalah penunjuk jarak stasiun dari ibu kota, kamu salah. Angka tersebut adalah penunjuk ketinggian sebuah stasiun dari permukaan laut sebagaimana diolah brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (28/3).

Angka pada papan nama stasiun dengan tanda plus (+) menandakan stasiun berada di atas permukaan laut, sedangkan tanda minus (-) menandakan stasiun berada di bawah permukaan laut. Angka dan tanda tersebut sangat menentukan dalam pemetaan jalur, penentuan bobot kereta dan jenis lokomotif yang digunakan.

Stasiun Tawang © mulpix.com

foto: mulpix.com

Loading...

Contohnya adalah stasiun Tawang yang berada di ketinggian 2 meter di atas permukaan laut. Ketinggian yang minim dan rentan terjadi banjir di stasiun tersebut tidak memungkinkan digunakannya lokomotif jenis elektrik karena berisiko terjadi korsleting.

Bandung © ikonz-transport

foto: ikon-transport.biz

Sedangkan untuk daerah yang tinggi seperti stasiun Bandung dengan ketinggian, diperlukan lokomotif yang mampu menanjak dengan berat gerbong tertentu. (mgg/dimas satria putra).