Brilio.net - Fenomena alat vital yang menempel dan tak bisa dilepas alias gancet saat berhubungan intim memang jarang terjadi. Meski demikian, peristiwa tersebut rupanya menarik perhatian masyarakat.

Insiden alat vital 'gancet' baru-baru ini ramai beredar di media sosial. Dalam sebuah video, sepasang kekasih di Kenya mengalami kejadian alat vital mereka tak bisa dilepas satu sama lain saat berhubungan badan di sebuah hotel.

Sebagaimana dikutip brilio.net dari The Sun, Rabu (5/4), rekaman video tersebut memperlihatkan bagaimana malunya pasangan yang diduga selingkuh itu saat dibawa keluar hotel. Mereka harus melewati jalanan penuh dengan penduduk setempat ketika harus dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan medis.

Dalam video tersebut, tampak sang wanita menutupi wajahnya dengan seprei dengan keadaan masih ditindih oleh pasangan pria. Mereka diangkut menggunakan gerobak kayu dan sontak jadi bahan tontonan kerumunan orang.

Loading...

Media Kenya menyebutkan, keduanya melakukan hubungan badan di hotel bernama Explor-Inn ketika mereka ditemukan dengan kondisi alat vital terkunci tak bisa lepas. Merasa kesakitan, mereka akhirnya berteriak minta tolong. Teriakan minta tolong itulah yang akhirnya memaksa tamu hotel lain datang menolong pasangan yang disembunyikan identitasnya ini.

Salah satu orang dalam kerumunan merekam peristiwa tersebut. Tak disangka, video tersebut menjadi viral di media sosial luar negeri bahkan sampai ke Tanah Air.

Media Kenya juga memunculkan spekulasi dugaan penggunaan 'Magun' (ramuan yang dirancang untuk mendeteksi istri berzinah) pada si wanita.

Namun rupanya, wanita itu mengalami Vaginismus, kekejangan tidak normal pada otot di sepertiga bagian luar alat kelamin wanita.

Vaginismus bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari rasa takut dan cemas berbagai penyebab yang mendorong wanita menilai seks sebagai hal negatif.

Saat hal itu terjadi, maka otak secara tidak sadar akan memberikan sinyal kuat ke bagian otot di alat kelamin yang menimbulkan fenomena gancet itu sendiri.

Secara medis, fenomena gancet bsa disebabkan kondisi yang dinamakan Penis captivus. Penis captivus atau yang dikenal dengan gancet adalah keadaan ketika penis terjepit di dalam vagina saat berhubungan seks. Penis terjepit karena otot vagina yang tiba-tiba menekan lebih kuat daripada biasanya.

Menurut laman Alodokter, pada dasarnya penis terjepit akibat kontraksi vagina menjepit penis yang sedang mengalami ereksi. Ketika ereksi perlahan-lahan berkurang, maka penis dapat dikeluarkan. Meski masih ada faktor-faktor lain yang menjadi pemicunya, kondisi abnormal ini ditandai dengan tidak bisanya penis dikeluarkan dari vagina dalam beberapa waktu ketika sedang berhubungan seksual.

Masih menurut sumber yang sama, fenomena gancet sebenarnya berbeda dengan Penis captivus. Vaginismus adalah kondisi ketika otot vagina mengalami kejang pada saat dimasuki sesuatu, seperti penis. Sementara itu pada kondisi penis captivus, penis justru terperangkap di dalam vagina dan tidak bisa keluar.