×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Penelitian ini buktikan suara ibu adalah 'alarm' ampuh bangunkan anak

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

Penelitian ini buktikan suara ibu adalah 'alarm' ampuh bangunkan anak

foto: Guardian/Shutterstock

Hasil pada penelitian ini menunjukkan 90 persen anak akan terbangun ketika mendengar suara ibunya.

30 / 10 / 2018 00:01

Brilio.net - Hasil sebuah riset yang dilakukan oleh para peneliti di Amerika Serikat menunjukkan bahwa suara ibu yang direkam dan digunakan sebagai alarm ternyata tiga kali lebih ampuh untuk membangunkan anaknya dibandingkan dengan alarm kebakaran.

Brilio.net melansir dari laman The Guardian bahwa riset yang dilakukan Dr Gary Smith dari Rumah Sakit Nationwide Children's di Ohio, Amerika Serikat menunjukkan suara ibu ampuh membangunkan anaknya saat tidur, termasuk ketika berada dalam keadaan darurat.

Smith dan para koleganya melakukan riset dengan membandingkan empat macam alarm kebakaran yang berbeda pada 176 anak yang berusia lima hingga 12 tahun. semua anak tersebut tidak memiliki masalah pendengaran dan tidak sedang minum obat yang bisa mempengaruhi pola tidur mereka.

Salah satu alarm yang digunakan adalah alarm kebakaran seperti yang biasa terpasang di rumah. Tiga alarm lainnya dibuat dari suara ibu anak-anak tersebut, satu alarm lainnya memanggil nama anak sekaligus memerintahkan mereka untuk bangun.

Riset yang dilakukan Gary tersebut dilakukan di laboratorium tidur. Anak-anak yang menjadi peserta riset tersebut diberi tahu bagaimana cara melarikan diri bila ada alarm yang berbunyi. Mereka diminta untuk tidur di laboratorium sebanyak dua kali dan alarm dibunyikan dua kali di masing-masing waktu penelitian.

Loading...

Hasil pada penelitian tersebut menunjukkan 90 persen anak akan terbangun ketika mendengar suara ibunya. Sebanyak 53 persen anak yang terbangun karena suara ibunya dapat melarikan diri dalam waktu lima menit. Tapi, hanya 50 persen anak yang bangun karena bunyi alarm biasa yang dapat melakukan hal tersebut.

Hal serupa juga dikatakan oleh Prof Nic Daeid, ia merupakan direktur Leverhulme Research for Forensic Science di University of Dundee yang mengatakan bahwa suara manusia yang bernada rendah dan bergetar lebih ampuh untuk membangunkan anak-anak.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more